BELAJAR SAMPAI KENEGERI CINA

BELAJARLAH SAMPAI KE NEGERI CINA.

Dr.Ir.Drs.H.Syahriar Tato.SH.MS.MH.MM.IAP

Belajarlah sampai ke negeri Cina.Itulah kata bertuah yang sering kita dengar ketika kita punya impian untuk meraih ilmu sebanyak yang kita bisa.Namun cina punya satu perjalanan panjang dan berliku, serta tantangan yang cukup berat untuk mencapai predikat yang patut untuk menjadi guru.Dijaman dulu,Negeri Cina yang kita kenal mempunyai sejarah yang panjang dalam hal peperangan antar kerajaannya. Sehingga banyak menggunakan orang pintar yang menjadi penasehat perang atau para jendral harus mengadu strategi untuk memenangkan sebuah peperangan.Penasehat kerajaan itu diantaranya yang paling terkenal adalah Sun Tsu, Sun Bing, Qin Shi Huang, Liu Bang, Cao-Cao, Zhuge Liang, dan banyak lagi.

Salah satu yang bisa kita simak tentang 3 strategi perang Cina jaman dulu yang dikembangkan dan dipraktekkan di jaman modern ini. Meskipun kita tahu, ada ribuan atau mungkin ratusan ribu strategi perang yang mereka terapkan jaman dulu .3 strategi itu adalah :

1. Sun Tzu mengajarkan fatwa, Untuk menaklukan dunia saya tidak perlu memiliki seribu pasukan tetapi saya hanya butuh satu anak perempuan yang paling cantik di negeri ini.Pada jaman dahulu di negeri Cina seorang Kaisar dapat memiliki selir hingga mencapai 200 orang. Bagi yang memiliki anak perempuan yang cantik dapat di ajukan ke Kaisar untuk dipersunting sebagai selir.kalau kita memiliki seorang anak perempuan yang cantik bahkan paling cantik di negeri itu maka otomatis pasti akan dijadikan selir oleh Kaisar. Dan dengan menjadi yang tercantik dari semua selir yang di miliki Kaisar maka tentunya akan menjadi selir kesayangan Kaisar yang mana akan dipenuhi semua permintaannya oleh Kaisar. Jadi dengan begitu kita bisa memerintah kerajaan melalui sang anak.

Jadi menurut Sun Tzu inti dari seni perang ini adalah mempergunakan daya tarik wanita atau di negeri Cina dikenal dengan strategi ” Jebakan Wanita Cantik ”

Teori ini dikembangkan dengan baik di bidang pemasaran dan politik. Kita bisa lihat bagaimana tenaga-tenaga wanita dijadikan Sales Promotion Girls untuk menarik pembeli atau pengunjung suatu event dan bagaimana tenaga wanita juga dijadikan Lady Escourt yang kerjanya melakukan lobby kepada klien guna memenangkan sebuah tender. Selain dari pada itu kita juga mendengar wanita dimanfaatkan untuk menghancurkan karir seseorang dengan memakai jasa mereka sebagai pembuat skandal kepada lawan bisnis atau politik.

2. Xiang Yu mengajarkan taktik militernya,yakni , Setelah sampai didaerah musuh bakar kapal dan buang persediaan makan.

Ketika seorang Jendral kejam yang bernama Xiang Yu ingin memaksa anak buahnya berjuang mati-matian sampai titik darah penghabisan maka cara yang ditempuhnya adalah dengan mengancam kelangsungan hidup dari para tentaranya dengan membakar kapal untuk mereka pulang serta membuang semua perbekalan untuk makan mereka. Sehingga kalau mereka tetap ingin hidup jalan satu-satunya adalah memenangkan perang. Karena kalau mereka dapat memenangkan peperangan berarti mereka dapat merampas semua kebutuhan yang mereka butuhkan dari pihak musuh yang kalah.

Di jaman modern strategi ini dipraktekan di bidang perdagangan atau lebih tepatnya di bidang ketenagakerjaan.Cara yang dilakukan pengusaha atau perusahaan adalah dengan memberikan gaji yang kecil dan pas-pasan kepada karyawan agar mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka dan baru bisa mencukupi kebutuhan mereka kalau mereka mencapai target yang ditentukan perusahaan dengan imbalan bonus dari pencapaian target. Jadi dengan gaji yang pas-pasan atau malah kurang, maka tanpa disuruh pun para pegawai mereka akan bekerja mati-matian untuk mencapai target yang ditentukan agar menerima bonus yang dijanjikan perusahaan untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

3. Sam Kok mengajarkan, Tempat yang paling aman adalah tempat yang paling berbahaya. Maksudnya adalah ketika melakukan pencurian di istana kaisar maka tempat yang paling aman bersembunyi adalah di istana itu sendiri.Karena kebiasaan orang mencuri di istana kaisar pasti sudah lari terbirit-birit dengan memakai jurus langkah sejuta.Karena kalau ketahuan mencuri akan langsung di hukum pancung atau disiksa sampai mati. Maka dengan tetap di istana bahkan berteriak maling dan ikut serta dalam pencarian pencuri itu maka pasti orang tidak akan menyangka bahwa dialah yang melakukan pencurian karena semua orang tidak akan mempuyai nyali seperti itu.

Dijaman sekarang ini strategi perang ini malah lebih sering kita temukan di Indonesia. Para pejabat atau pemilik kekuasaan yang melakukan korupsi akan lebih dulu teriak maling kepada orang lain dan bertindak seakan-akan ingin memberantas korupsi agar orang menyangka dirinya bersih dari korupsi. Orang sudah pasti akan berpaling kepada orang yang diteriakan dari pada kepada dirinya yang pura-pura bersih bahkan orang akan mendukungnya atas usahanya memberantas korupsi padahal dialah biang dari korupsi itu.

Dari tulisan diatas kita dapat melihat bahwa strategi perang China jaman dahulu tersebut telah dimodif sedemikian rupa agar dapat dipergunakan di abad modern ini. Tetapi yang sangat disayangkan mereka menggunakannya untuk kepentingan dan keperluan yang negatif.

Kisah tragis lain tentang Cina, ketika pada 2 Desember 1908, Aula Kedamaian Istana Terlarang. Ribuan orang berkumpul menghadiri upacara penobatan kaisar baru. Upacara biasanya memakan waktu sepanjang hari. Sebelum penobatan,kaisar baru harus menerima para pemimpin tentara istana, menteri, pejabat sipil dan militer, raja kecil, serta gubernur untuk melakukan kowtow atau penghormatan.

Belum juga usai, sang kaisar baru sudah kelelahan. Dia menjerit, menangis, dan meraung-raung. Wali kaisar, yang tak lain adalah ayahnya, gelisah. Setengah berbisik dia membujuk anaknya untuk tidak menangis. Yang sabar ya. Semuanya Beberapa orang yang mendengar tangisan dan bisikan wali kaisar berkata: “Ini adalah pertanda buruk.” Henry Pu Yi, kaisar baru itu, yang lahir pada 7 Februari 1906, baru berusia dua tahun. Dia menggantikan kaisar lama yang mati dibunuh pendukung republik. Pu Yi jadi penerus Dinasti Qing dalam situasi penuh prahara. Kaum revolusioner republik sedang gencar mengupayakan perubahan sistem pemerintahan China dari monarki menjadi republik. Seorang penasihat istana bernama Yuan Shih Kai menjadi musuh dalam selimut dalam pemerintahan Pu Yi.

Pada 12 Februari 1912 Yuan berhasil mempengaruhi janda permaisuri Lung Yu untuk menjatuhkan pemerintahan Pu Yi. Yuan lalu membentuk pemerintahan republik sementara dengan dia sebagai presidennya. Segala urusan politik dan ekonomi kerajaan berada di bawah pengaturan Yuan.

Pu Yi jadi kaisar tanpa tahta. Dia menjalani hidup sebagai seorang interniran di Istana Terlarang. Tapi dia masih memperoleh hak pelayanan sebagai kaisar dan menjalankan tradisi kerajaan berdasarkan Perjanjian Perlakuan Baik yang dibuat ayahnya dan Departemen Rumah Tangga dengan pihak republik.Disisi lain keluarga Qing berjanji akan terus mendukung Yuan sebagai kaisar bila dia memegang teguh perjanjian itu. Tapi Yuan keburu meninggal dunia, hanya 83 hari setelah memegang kekuasaan sebagai kaisar.

Banyak orang percaya itu adalah kutukan langit karena dia telah merebut kepemimpinan “Putra Langit” secara tidak sah. Berita kematiaannya disambut penuh suka cita oleh para penduduk Kota Terlarang. Kematian Yuan memunculkan kembali kerinduan masyarakat Kota Terlarang, bahkan sebagian masyarakat China, terhadap pemerintahan Dinasti Qing. Mereka menuntut restorasi pemerintahan. Pada 1917 restorasi Dinasti Qing mencapai puncaknya. Pu Yi kembali menjadi kaisar penuh.Tapi masa-masa indah itu hanya berlangsung sesaat. Kaum revolusioner republik kembali menyerang Istana Yu Ching milik Dinasti Qing dengan menggunakan kekuatan udara –yang pertama dalam sejarah China. Setelah itu pemerintahan republik mengeluarkan dekrit yang menurunkan tahta Pu Yi sebagai kaisar. Kecuali di Istana Terlarang, Pu Yi kembali kehilangan kekuasaannya.

Beruntung Pu Yi memiliki banyak tutor yang kelak mempengaruhi pikiran-pikirannya. Salah satunya Reginald Fleming Johnstone, alumnus Universitas Oxford Inggris. Melalui dirinya Pu Yi belajar berbagai hal mengenai dunia Barat. Keduanya kerap berdiskusi soal kondisi dan sistem politik di sejumlah negara, kekuatan negara setelah Perang Dunia I, hingga kebiasaan keluarga kerajaan Inggris.

Kekuasannya yang terbatas hilang ketika pemerintahan republik mengumumkan berakhirnya Perjanjian Perlakuan Baik. Kedudukan Pu Yi sebagai kaisar dicabut; hanya rakyat biasa. Pu Yi kemudian melarikan diri ke Tietsin, sebuah daerah yang masih menjadi wilayah konsesi Jepang atas China. Di sini Pu Yi berusaha mengonsilidasikan kembali sisa-sisa pengikut setianya. Tutor-tutor Pu Yi meyakinkannya bahwa restorasi hanya bisa terwujud dengan bantuan Jepang.

Jepang sendiri mendekati Pu Yi dengan mengundangnya berkunjung ke sebuah sekolah untuk anak-anak Jepang dan pesta ulang tahun Kaisar Jepang. Bahkan pada 1934 Jepang mengangkat Pu Yi sebagai kaisar boneka di Machukuo di utara China untuk memuluskan berbagai kepentingan Jepang di China. Pada masa ini, melalui stempel Pu Yi, Jepang menggulirkan kerja paksa hingga puluhan ribu rakyat China tewas. Jepang juga kemudian berhasil menduduki wilayah Beijing. Tapi, ibarat kacang lupa kulitnya, Jepang lalu mencabut kekuasaan Pu Yi.Pernah bekerjasama dengan Jepang, Pu Yi dicap sebagai kolaborator. Pada 1945, dalam suasana Perang Dunia II, Pu Yi ditangkap pasukan Soviet dan dibawa ke Chita, Siberia. Selama tujuh hari berturut-turut Pu Yi diperiksa di pengadilan penjahat perang.

China sendiri sudah berubah. Pada 1 Oktober 1949, Mao Tse Tung resmi membentuk Republik Rakyat China. Pu Yi sendiri baru menikmati kemerdekaan dirinya sepuluh tahun kemudian ketika Mao mengumumkan pemberian amnesti kepada para tahanan perang, termasuk Pu Yi. Pada 17 Oktober 1967, Pu Yi wafat dan dimakamkan di samping makam kaisar sebelumnya, Kaisar Kuang Hsu.

Kisah tragedi lain dari nenegri cina adalah tragedi Tiananmen,Protes Lapangan Tiananmen 1989, adalah sebuah rangkaian demonstrasi yang dipimpin mahasiswa diadakan di Lapangan Tiananmen di Beijing, Republik Rakyat Cina, antara 15 April dan 4 Juni 1989. Protes ini ditujukan terhadap ketidakstabilan ekonomi dan korupsi politik yang kemudian merembet menjadi demonstrasi pro-demokrasi yang memang merupakan suatu yang belum lazim di Cina yang otoriter. Lebih dari 3.000 orang meninggal sebagai akibat tindakan dari pasukan bersenjata.

Mahasiswa memulai protes pada pertengahan April 1989, dipicu oleh kematian Hu Yaobang, sekretaris jenderal partai yang mengundurkan diri. Hu dipandang sebagai seorang yang berpikiran liberal dan dipaksa mengundurkan diri dari posisinya oleh Deng Xiaoping. Banyak orang, terutama kaum intelektual, menganggap ini sebagai sebuah perlakuan yang tidak adil.Protes bermula dalam skala kecil, dalam bentuk peringatan terhadap Hu Yaobang dan meminta partai membaharui pandangan resmi mereka terhadap Hu. Protes ini berkembang setelah berita tentang konfrontasi antara mahasiswa dan polisi menyebar. Pada pemakaman Hu, sekelompok besar mahasiswa berkumpul di lapangan Tiananmen dan meminta permohonan di atas, namun gagal, untuk bertemu Perdana Menteri Li Peng, yang dipandang luas sebagai saingan politik Hu. Oleh karena itu para pelajar mengadakan sebuah mogok di universitas di Beijing. Pada 26 April, seorang editor Harian Rakyat menuduh mahasiswa merencanakan kekacauan. Pernyataan ini membuat kemarahan para mahasiswa, dan pada 27 April sekitar 50.000 mahasiswa pergi ke jalan-jalan Beijing, tidak menghiraukan perintah bubar yang diumumkan oleh penguasa dan tetap menuntut pemerintah mencabut pernyataan.

Pada 4 Mei, sekitar 100.000 pelajar dan pekerja berparade di Beijing meminta pemerintah untuk reformasi media bebas dan sebuah dialog formal antara penguasa dan wakil pilihan mahasiswa. Pemerintah menolak dialog tersebut, hanya setuju untuk berbicara dengan anggota dari organisasi pelajar yang ditunjuk. Pada 13 Mei, banyak kelompok mahasiswa menempati lapangan Tiananmen dan memulai protes lapar, meminta pemerintah menarik tuduhan yang ditulis di Harian Rakyat dan memulai pembicaraan dengan wakil mahasiswa. Ratusan mahasiswa turut serta dalam protes lapar dan didukung oleh ratusan ribu mahasiswa yang memprotes dan juga penduduk Beijing yang berakhir selama seminggu.

Meskipun pemerintah mengumumkan Undang-undang Darurat pada 20 Mei, demonstrasi terus berlanjut. Setelah para pemimpin Komunis berunding keluarlah perintah untuk menggunakan kekuatan militer untuk memecahkan krisis itu, dan Zhao Ziyang ditendang dari kedudukannya sebagai pemimpin politik karena dianggap gagal dalam mencegah aksi militer. Lalu Partai Komunis memutuskan untuk menghentikan situasi itu sebelum berkembang lebih jauh. Tentara dan tank-tank dari Brigade 27 dan 28 dari Tentara Pembebasan Rakya dikirim untuk mengendalikan kota. Pasukan-pasukan ini diserang oleh para buruh dan mahasiswa Cina di jalan-jalan kota Beijing dan kekerasan yang muncul sesudah itu mengakibatkan kematian di antara penduduk sipil dan militer. Pemerintah Cina mengakui bahwa beberapa ratus orang mati dalam insiden ini.

Angka-angka perkiraan korban sipil berbeda-beda: 400-800 (CIA), dan 2.600 (Palang Merah Cina). Para mahasiswa pengunjuk rasa mengklaim bahwa lebih dari 7.000 orang yang terbunuh. Setelah kekerasan ini, pemerintah melakukan penangkapan di mana-mana untuk menekan sisa-sisa pendukung gerakan itu. Pemerintah membatasi akses pers asing dan mengendalikan liputan atas kejadian-kejadian di pers daratan Cina. Penindasan terhadap protes Lapangan Tiananmen mengundang kecaman yang luas oleh Amerika Serikat dan pemerintah negara-negara Barat lainnya terhadap pemerintahan RRT.

Sejak 1978 Deng Xiao Ping telah melakukan serangkaian reformasi ekonomi dan politik, yang telah secara bertahap di-implementasikan ekonomi pasar dan beberapa reformasi politik ke-arah lebih bebas atau sering dikatakan emansipasi politik dan pikiran. Namun beberapa intektual dan mahasiswa menilai bahwa perubahan masih belum cukup, mereka menghendaki reformasi politik yang lebih radikal seperti yang telah dilakukan di Uni Soviet diatas “Glasnost dan Perestroika”(tapi kini kita tahu bahwa mereka gagal dan negara ter-pecah2).

Ada beberapa versi tentang latar belakang peristiwa ini. Ada yang mengatakan bahwa terjadi persaingan antara Zhao Ziyang dan Deng Xiaoping, dimana terjadi perbedaan pendapat dalam pandangan politiknya.

Protes bermula dalam skala kecil, saat wafatnya Hu Yaobang dan meminta PKT (Partai Komunis Tiogkok) membaharui pandangan resmi mereka terhadap Hu. Pada pemakaman Hu, sekelompok besar mahasiswa berkumpul di lapangan Tiananmen dan meminta permohonan di atas. Namun gagal untuk bertemu Perdana Menteri Li Peng, yang dipandang oleh kalangan luas sebagai saingan politik Hu. Oleh karena itu para pelajar mengadakan sebuah mogok kuliah di Universitas Beijing. Pada 26 April 1989, seorang editor Harian Rakyat menuduh mahasiswa merencanakan kekacauan. Pernyataan ini membuat kemarahan para mahasiswa, dan pada 27 April sekitar 50.000 mahasiswa pergi ke jalan2 Beijing, tidak menghiraukan perintah bubar yang diumumkan oleh penguasa dan tetap menuntut pemerintah mencabut pernyataan itu.

Pada 4 Mei, sekitar 100.000 pelajar dan pekerja berparade di Beijing meminta pemerintah untuk reformasi media bebas, dan meminta untuk sebuah dialog formal antara penguasa dan wakil pilihan mahasiswa. Pemerintah menolak dialog tersebut, hanya setuju untuk berbicara dengan anggota dari organisasi pelajar yang ditunjuk. Pada 13 Mei 1989, dua hari sebelum adanya issue bahwa akan adanya kunjungan kenegaraan dari Pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev, banyak kelompok mahasiswa meduduki lapangan Tiananmen dan memulai protes dengan mogok makan, mereka menutut pemerintah untuk menarik tuduhan yang ditulis di Harian Rakyat. Dan mulai mengadakan pembicaraan dengan wakil mahasiswa. Ratusan mahasiswa turut serta dalam mogok makan tersebur, dan didukung oleh ratusan ribu mahasiswa yang memprotes dan sebagian penduduk Beijing yang berakhir selama seminggu.

Deng Xiaoping adalah Ketua Komisi Sentral Militer yang mempunyai wewenang untuk mengumumkan Keadaan Darurat Perang. Yang Shangkun adalah Presiden RRT, juga menjadi simbol dari Konstitusi 1982, yang secara legal adalah Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Tiongkok. Pemimpin2 ini berkesimpulan bahwa jika demontrasi berlangsung berkepanjangan, akan membawa ketidak stabilan negara. Dan demonstrasi ini di-indikasikan telah dijadikan alat untuk mengubah Tiongkok menjadi “Liberalisme Borjuis”, dan juga untuk kepentingan2 dan ambisi2 pribadi beberapa elemen2 partai.

Tanggal 17 Mei 1989, diadakan rapat dirumah tinggal Deng Xiao Ping, yang dihadiri oleh Li Peng, Zhao Ziyang dan anggota polit biro lainnya. Mereka berkesimpulan keadaan ini terjadi dikarena kesalahan penanganan yang dilakukan oleh Zhao Ziyang, mereka memutuskan Zhao harus bertanggung jawab. Deng mengusulkan Beijing sebagai daerah darurat dan tertutup. Dikilahkan bahwa Zhao tidak setuju, maka diminta untuk mengudurkan diri. Esok paginya Zhao dan Li Peng sama2 mengujungi Rumah Sakit menjenguk para pemogok makan. Setelah kunjungan ini Zhao membuat “Surat Penguduran Diri” dari semua jabatannya.

Meskipun pemerintah mengumumkan Undang-undang Darurat pada 20 Mei 1989, demonstrasi terus berlanjut. Setelah para pemimpin PKT berunding, keluarlah perintah untuk menggunakan kekuatan militer untuk memecahkan krisis itu, dan Zhao Ziyang mengudurkan diri. Juga diissuekan bahwa diseluruh negara sekitar 400 kota telah siap untuk mengadakan demonstrasi protest terhadap pemerintah, dan banyak orang2 daerah juga berdatangan ke Lapangan Tianmen untuk bergabung dengan para demonstran. Lalu PKT memutuskan untuk menghentikan situasi itu sebelum berkembang lebih jauh. Tentara dan tank2 dari Brigade 27 dan 28 dari Tentara Pembebasan Rakyat dikirim untuk mengendalikan kota. Pasukan-pasukan ini diserang oleh para buruh dan mahasiswa di jalan2 kota Beijing, maka kekerasan tidak terelakkan lagi. Akibatnya terjadi kematian di antara penduduk sipil dan militer. Pemerintah Tiongkok mengakui bahwa beberapa ratus orang mati dalam insiden ini., sumber lain mengumumkan lebih banyak lagi.

Presiden Amerika George H.W. Bush mengumumkan sanksi terhadap RRT dalam konferensi press, juga oleh anggota Kongres Amerika antara lain Jesse Helm. Presiden Amerika mengatakan bahwa telah terjadi perpecahan dalam Pimpinan Tertinggi Militer Tiongkok, dan akan terjadi perang saudara di Tiongkok.

Beberapa bulan setelah Peristiwa 4 Juni 1989, organisasi Chinese Overseas Democratic ( Demokrasi Tionghoa Perantauan) yang tadinya sudah mati suri, mulai hidup kembali. Menurut kenyataan keanggotaan oraganisasi ini sebenarnya hanya kurang lebih 200 orang. Namun setelah Peristiwa 4 Juni ’89 ini keanggotaannya dikilahkan hingga 5000 orang. Semua pelarian dari “Gerakan2 Pro Demokrasi” banyak yang meng-proklamirkan bergabung dengan organisasi ini. Tapi disinyalir bahwa banyak dari oragnisasi2 ini hanyalah organisasi (LSM semu) yang dibentuk oleh perorangan untuk mendapatkan dana2 sumbangan, dan coba menampung pelarian2 dari peristiwa 4 Juni (4/6).

Pembantaian Lapangan Tiananmen 1989 (Protes Lapangan Tiananmen 1989) adalah sebuah rangkaian demonstasi yang dipimpin mahasiswa yang berlangsung di Lapangan Tiananmen di Beijing, Republik Rakyat Cina, antara 15 April dan 4 Juni 1989. Protes ini ditujukan kepada ketidakstabilan ekonomi dan korupsi politik, kemudian merembet menjadi demonstrasi pro-demokrasi, hal yang tak lazim terjadi di Cina yang otoriter. Lebih dari 3.000 orang meninggal sebagai akibat tindakan dari pasukan bersenjata.

Mahasiswa memulai protes pada pertengahan April 1989, dipicu oleh kematian Hu Yaobang, sekretaris jenderal Partai Komunis Cina yang mengundurkan diri. Hu dipandang sebagai seorang yang berpikiran liberal dan dipaksa mengundurkan diri dari posisinya oleh Deng Xiaopeng, tetua pemimpin revolusi dalam Partai Komunis Cina yang menjadi pemimpin tertinggi Republik Rakyat Cina sejak kurun dasawarsa  70-an sampai dengan awal dasawarsa 90-an, pemimpin generasi kedua setelah Mao Zedong. Banyak orang, terutama kaum intelektual, menganggap hal ini sebagai sebuah perlakuan yang tidak adil.

Protes bermula dalam skala kecil, dalam bentuk peringatan terhadap Hu Yaobang dan meminta partai membaharui pandangan resmi mereka terhadap Hu. Protes ini berkembang setelah berita tentang konfrontasi antara mahasiswa dan polisi menyebar.Pada pemakaman Hu, sekelompok besar mahasiswa berkumpul di lapangan Tiananmen dan meminta permohonan di atas, namun gagal, untuk bertemu Perdana Menteri Li Peng, yang dipandang luas sebagai saingan politik Hu. Oleh karena itu para pelajar mengadakan sebuah mogok di universitas di Beijing. Pada 26 April 1989, seorang editor harian Rakyat menuduh mahasiswa merencanakan kekacauan. Pernyataan ini membuat kemarahan para mahasiswa, dan pada 27 April sekitar 50.000 mahasiswa turun ke jalan-jalan Beijing, tidak menghiraukan perintah bubar yang diumumkan oleh penguasa dan tetap menuntut pemerintah mencabut pernyataan.Pada 4 Mei 1989, sekitar 100.000 pelajar dan pekerja berunjuk rasa di Beijing meminta pemerintah untuk reformasi media bebas dan sebuah dialog formal antara penguasa dan wakil pilihan mahasiswa. Pemerintah menolak dialog tersebut, hanya setuju untuk berbicara dengan anggota dari organisasi pelajar yang ditunjuk pemerintah. Pada 13 Mei 1989, banyak kelompok mahasiswa menduduki lapangan Tiananmen dan memulai protes puasa, meminta pemerintah menarik tuduhan yang ditulis di Harian Rakyat dan memulai pembicaraan dengan wakil mahasiswa. Ratusan mahasiswa turut serta dalam protes puasa dan didukung oleh ratusan ribu mahasiswa yang memprotes dan juga penduduk Beijing yang berakhir selama seminggu.

Meskipun pemerintah mengumumkan Undang-Undang Darurat pada 20 Mei 1989, demonstrasi terus berlanjut. Setelah para pemimpin Komunis berunding keluarlah perintah untuk menggunakan kekuatan militer untuk memecahkan krisis itu, dan Zhao Ziyang ditendang dari kedudukannya sebagai pemimpin politik karena dianggap gagal dalam mencegah aksi mahasiswa. Lalu Partai Komunis memutuskan untuk menghentikan situasi itu sebelum berkembang lebih jauh.

Tentara dan tank-tank dan dari Brigade 27 dan 28 dari Tentara Pembebasan Rakyat dikirim untuk mengendalikan kota. Pasukan-pasukan ini diserang oleh para buruh dan mahasiswa Cina di jalan-jalan kota Beijing dan kekerasan yang muncul sesudah itu mengakibatkan kematian di antara penduduk sipil dan militer. Pemerintah Cina mengakui bahwa beberapa ratus orang mati dalam insiden ini.

Angka-angka perkiraan korban sipil berbeda-beda: 400-800 (CIA), dan 2.600 (Palang Merah Cina). Para mahasiswa pengunjuk rasa mengklaim bahwa lebih dari 7.000 orang yang terbunuh. Setelah kekerasan ini, pemerintah melakukan penangkapan di mana-mana untuk menekan sisa-sisa pendukung gerakan itu. Pemerintah membatasi akses pers asing dan mengendalikan liputan atas kejadian-kejadian di pers daratan Cina. Penindasan terhadap protes Lapangan Tiananmen mengundang kecaman yang luas dari Amerika Serikat dan pemerintah negara-negara Barat lainnya terhadap pemerintahan Republik Rakyat Cina.

Berdasarkan sejarah panjang tentang cina itulah  maka akan sangat menarik untuk mengunjungi istana terlarang  dan lapanganTiananmen dikota Beijing Cina.

Istana Terlarang, di tempat ini, terdapat dua Dinasti yang sangat terkenal dari Cina, yaitu Dinasti Ming dan Qing. Kedua dinasti tersebut adalah dinasti terbesar yang menguasai Cina.   Istana ini berwarna kuning kecoklatan, dengan bentuk khas arsitek cina pada masa itu. Di depan pintu masuk istana, terdapat dua buah patung singa penjaga yang berwarna keemasan. Istana itu dibangun di atas tanah seluas 70 hektar lebih, dan dikelilingi oleh tembok setinggi 9 meter. Di dalamnya terdapat 9900 kamar.Atap istana ini berbentuk segitiga dengan kepala naga berada pada pucuknya. Tampak dari kejauhan, istana ini seperti rumah bertingkat. Tiang- tiang penyangga istana berwarna merah tua, dengan ornamen berwarna kuning yang melekat padanya. Tangga-tangga kecil yang dibangun di sekitar istana berwarna abu-abu, karena dibangun menggunakan batu yang ditata, mirip dengan pembangunan candi pada jaman kerajaan di Indonesia. Dibawahnya terdapat sungai yang mengalir, sungai tersebut merupakan bagian dari sungai yang mengelilingi istana.Di samping bangunan ini juga terdapat sebuah taman, yang dihiasi dengan air mancur untuk menarik wisatawan.

Seluruh bangunan di Istana terlarang ini dibangun menggunakan bahan-bahan pilihan kerajaan yang terbaik pada masa itu. Diantaranya, tiang penyangga istana dibuat menggunakan kayu Nanmu, merupakan kayu yang diambil dari hutan rimba yang ada di Tiongkok Selatan. Kayu tersebut sangat kokoh dan tahan lama, uniknya kayu tersebut juga berbau harum. Lantai istana tersebut dibuat dari batu marmer putih yang didatangkan dari kota Beijing. Tak hanya bahan bangunannya, bahkan tukang yang menggarap istana tersebut juga tidak sembarangan. Istana tersebut dapat diselesaikan dalam waktu sekitar 15 tahun, dengan melibatkan tentara dan petani untuk menggarapnya.

Istana ini juga sebagai pusat pemerintahan di Cina pada jaman Dinasti dulu. Di dalam istana juga  terdapat ornamen dinding, lukisan para petinggi istana, keramik yang unik, tempat persembahyangan, patung, alat-alat yang terbuat dari perunggu, cermin untuk putri raja, tempat tidur raja yang mewah, dan lain-lain. dan lain-lain. Sekarang ini, istana ini ramai dikunjungi wisatawan, meskipun tidak lagi digunakan sebagai pusat pemerintahan, namun bangunan kuno ini telah menjadi situs warisan dunia, dan diakui oleh UNESCO pada tahun 1987.

Forbidden City, sebetulnya bukanlah benar-benar sebuah kota, melainkan komplek istana yang saking besar dan luasnya hingga tampak seperti sebuah kota kecil. Di sebut sebagai Kota Terlarang karena selama hampir 500 tahun, yakni sejak pemerintahan Dinasti Ming hingga Qing, dua dinasti terakhir di China, komplek istana ini tertutup untuk umum. Hanya kalangan tertentu saja yang diperkenankan memasuki komplek istana.

Istana Terlarang diibangun sejak tahun 1406 hingga tahun 1420, komplek istana yang memiliki total luas mencapai 720.000 m2 ini, keseluruhannya terdiri dari 980 bangunan yang meliputi 8.707 ruangan. Warna merah dan emas serta ukiran khas Cina mendominasi arsitekural bangunan-bangunan dalam istana. Betul-betul luas dengan bangunan-bangunan utama yang masih kokoh dan megah, serta tata letak ruangan yang begitu detail. Sungguh mahakarya manusia Cina masa lampau yang luarbiasa.Namun sayang, di balik kesempurnaan dan kemegahannya, Kota Terlarang kini tak lebih dari komplek bekas istana, simbol kebesaran bangsa Cina di masa lalu. Tak ada lagi ruh-ruh tradisi yang tersisa di sini, kita tak bisa lagi melihat penjaga istana sedang hilir mudik berpatroli; prajurit yang sedang berlatih beladiri atau sekedar merawat senjata-senjata kerajaan; para punggawa yang sedang merawat kuda-kuda ataupun penari-penari istana yang sedang menggelar pertunjukkan seni.Kita tidak menemukan satu pun kegiatan yang berkaitan dengan tradisi dan budaya China sedang berlangsung di komplek istana. Sejak Revolusi 1911 serta keruntuhan Dinasti Qing, disusul dengan berdirinya Republic of China yang kemudian berganti menjadi People’s Republic of China pada tahun 1949, menyusul kemudian Revolusi Kebudayaan yang didengungkan oleh Mao Zedong, Pendiri Partai Komunis China, pada tahun 1966 – 1976,  telah benar-benar merombak total wajah serta arah sejarah bangsa Cina. Bahkan untuk menghargai jasanya, di atas gerbang selatan komplek istana kini terpampang foto sang pemimpin revolusi tersebut yang berukuran super besar.

Selama hampir 500 tahun, dari awal abad ke-15 hingga awal abad ke-20, 24 kaisar Dinasti Ming dan Qing memerintah China dari kompleks istana luas di jantung kota Beijing. Dibangun mirip sebuah kotak perhiasan dengan lapis demi lapis dinding, Kota Terlarang adalah kediaman kekaisaran yang tertutu,lokasi upacara yang megah, dan juga puncak kesibukan birokrasi china yang luas lagi ruwet.

Tiap detail pada labirin dinding-dinding merah keunguan dan atap-atap kuning sebagai warna kekaisaran membuat istana terlarang sebuah pantulan aura kedewaan kaisar untuk menjaga harmoni dan hirarki Istana terlarang.

Istana Terlarang dibangun pertama kali pada masa raja Yongle, tahun 1406 – 1420. Luas kawasan tanah ini 720.000m2.

Pada tahun 1987 oleh UNESCO, kota terlarang merupakan koleksi terbesar dengan struktur kayu kuno di dunia dan terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia. Tempat ini dulu dikenal dengan sebutan Gu Gong atau bekas istana, namun sekarang lebih dikenal dengan istilah “Istana TerlarangMasa pemerintahan atas istana terlarang ini dimulai pada tahun 1400 kaisar dinasti Ming, yakni Yongle memutuskan memindahkan Ibu kota dari Nanjing ke Beijing untuk membalas ancaman – ancamana dari utara oleh mongol. Tahun 1406-1420 Yongle mendirikan Istana terlarang di lokasi yang sama dimana Kubilai khan, cucu Genghis khan dan kaisar pertama mongol dari dinasti yuan. Pelayan – pelayan pria di Istana terlarang ini adalah seorang kasim yang telah dikebiri dari keluarga miskin. Mereka lebih memilih dikebiri agar dapat merasakan kehidupan Istana. Korupsi dan apati menyebabkan kemunduran dinasti Ming. Tahun 1644 kaisar Ming terakhir gantung diri saat pembrontakan merebut beijing dan masuk pada dinasti Qing. Kang xi dan Qian long membangkitkan kembali istana dengan kesenian, ilmu, serta administrasi efisien, sedikit melunakkan kebencian bahwa etnik Manchu memerintah mayoritas etnik Han cina. 1861-1908 permaisuri cixi adalah selir penguasa de-facto selama 47 tahun. Kemewahan, penolakan terhadap moderinisasi, dan ketidakmampuannya menghadapi kekuatan asing menandai kemunduran dinasti Qing. Tahun 1912, Puyi adalah kaisar terakhir. Turun takhta pada umur 6 tahun saat revolusi anti imperialisme meluncurkan republik china. Puyi diizinkan tinggal di istana bagian dalam hingga tahun 1942. Tahun 1925 Istana terlarang dibuka untuk umum sebagai museum Istana.

Rasanya kurang asyik jika berkunjung ke Beijing tanpa mengunjungi Kota Terlarang dan lapangan Tiananmen. Kedua tempat ini merupakan tempat terjadinya dua peristiwa penting dalam sejarah Cina. Dan kebetulan kedua lokasi ini hanya berseberangan jalan dan terletak di pusat kota Beijing. Sebagai saksi sejarah, dua lokasi ini dikelilingi museum. Di sekeliling lapangan Tiananmen, terdapat Museum Nasional Cina. Di museum ini tersimpan buku, lukisan, dan peninggalan sejarah lain yang menggambarkan perjalanan sejarah Cina, terutama perkembangan Cina Modern.Sedangkan Kota Terlarang sendiri sering dianggap sebagai Museum Istana karena menyimpan semua benda peninggalan raja Cina sejak dinasti Ming.

Begitu melewati gerbang Meredian ketika menapaki kawasan Istana Terlarang, kita akan takjub betapa megah aula-aula yang dibangun di dalam kompleks Kota Terlarang ini. Dua aula utama kompleks ini yang berada ditengah dan bersebelahan, Hall of Supreme Harmony dan Hall of Preserving Harmony, adalah aula yang terlihat paling menonjol dari segi ukuran dan keindahan detail bangunan dan eksterior yang ada di sekitar aula. Didua aula ini, para kaisar mengurus urusan negara dan melakukan upacara kenegaraan .Selain dua aula utama ini, istana, kuil, halaman dan taman yang ada di sekeliling sangatlah menakjubkan. Kompleks Kota Terlarang ini dikelilingi tembok yang tinggi.Namun di dalamnya ternyata dari satu aula ke aula lain, atau dari istana ke satu istana, tembok-tembok yang  tinggi juga mengelilingi tiap bangunan tersebut.Satu hal yang paling berkesan,taman yang ada di pojok tembok utama atau dekat pintu gerbang bagian belakang (Gate of Divine Prowess). Kolam dengan ikan warna-warni, pohon dan taman yang berbentuk unik sangat menarik perhatian. Selain itu, kita juga bisa menikmati suasana yang lebih sepi karena pengunjung tidak sebanyak di dua aula utama.

Misteri tentang cina masih banyak hal-hal yang menarik untuk disimak.terutama tentang wisatanya juga cukup menarik untuk dilihat.Mengunjungi Cina,dengan bentang benua yang demikian luasnya,tentu tidaklah mungkin dengan waktu yang singkat. Masih banyak sosok Cina yang patut untuk dilihat terutama tempat-tempat indah di bawah ini:

1. Hutan Bambu Shunan.Hutan ini terletak di sebelah barat daya pergunungan Liantian yang memisahkan wilayah Changning dengan Jiangan. Bagian tengah hutan ini ditumbuhi oleh bambu besar yang tinggi dan tegak (species Phyllostachys Pubescens). Keindahan Shunan jadi inspirasi para pelukis zaman Dinasti Qing.

2. Hutan Batu China (shilin).Shilin dalam bahasa Cina adalah hutan batu. Hutan ini sangat indah dan membuat orang terpesona akan sisi artistiknya. Hutan batu ini dikenal sejak masa Dinasti Ming dan disebut sebagai Keajaiban Pertama di Dunia.

3. Hutan Spruce Xueling.Hutan ini terletak di pergunungan Tianshan – sudah berdiri sejak 40 juta tahun lampau. Ia seperti fosil hidup di kawasan pergunungan itu. Pada hujung bulan Oktober, angin sejuk dari Siberia akan memdatangkan salju. Putihnya salju dipadukan dengan pohon-pohon spurce yang berdiri tegak seolah-olah membentuk barisan tentara yang memakai mahkota.

4. Huangshan (Yellow Mountain).Gunung yang terletak di selatan wilayah Anhui ini adalah gunung paling terkenal di negara Cina sehingga keindahannya kerap diabadikan dalam bentuk lukisan. Pada tahun 1990, ia diwartakan sebagai warisan alam dan budaya dunia oleh UNESCO.

5. Gunung Changbai.Keunikan gunung ini terletak pada keselarasan antara pohon pinus Korea, pohon yang berdaun lebar dan pohon lainnya. sepanjang lembah Jingjiang di sisi barat gunung ini terdapat berbagai jenis pohon-pohonan. Disamping pohon pinus Korea masih ada Amur linden, Mongolian oak, Japanese elm, maple dan sebagainya.

6. Hutan Hujan Tropie Xishuangbannan.Hutan ini terletak di Provinsi Yunnan dimana mengalirnya sungai Lancang dari utara ke selatan. Ini adalah salah satu tempat yang banyak diminati wisatawan karena memiliki julukan sebagai “kerajaan satwa”. Julukan ini didapat karena kondisi hutan yang memungkinkan hidupnya beragam marga satwa.

7. Gua Zhijin.Sungai ini terletak di Guizhou, di antara sungai Luichong dan Sancha. Kedua-dua merupakan sumber bagi sungai Wujiang. Zhijin merupakan gua di dalamnya terdapat sungai panjang yang telah kering sejak lama dahulu. Sekitar 1.2 juta tahun lampau, gua ini telah roboh disebabkan hakisan dan hanyutan tanah lalu membentuk ruang besar di dalamnya.

8. Peak Tomur.Peak Tomur adalah puncak tertinggi di gunung Tianshan (7439 m dari atas laut). Terletak di barat laut wilayah Wensu, kedudukan geografinya menjadi titik pertemuan penting yang menjadi haluan penghubung antara dunia barat dengan negara Cina pada jaman silam dahulu.

9. Guilin.Kota ini menjadi buah mulut dan pujian orang ramai serta dunia karena kota ini adalah tempat tercantik di Cina. Pepatah Cina mengatakan ‘Guilin tempat tercantik dan merupakan surga dunia’. Dengan memiliki bukit menara batu kapur serta aliran air sungai Li yang jernih, ia sering menjadi bahan karya seni lukis dan sajak masyarakat Cina.

10. Sawah Padi Bertingkat Longji (Dragon’s Backbone Terraced Rice Fields).Tempat ini mendapat pujian sebagai keajaiban seni pertanian di Cina. Ia merupakan warisan kuno yang diwariskan sejak 700 tahun lampau. Panorama ketika sawah digenangi air atau warna kekuningan bila padi masak menjadikan ia salah satu pemandangan tercantik di negara Cina.

Cina adalah sebuah negara besar dan memiliki sejarah kekayaan budaya yang panjang selama berabad-abad lamanya. Warisan budaya Cina merupakan daya tarik utama tempat wisata di Cina. Selama ini kita mengenal keindahan tempat wisata di Cina pada film-film kolosal yang berkisah kerajaan-kerajaan Cina yang tersohor. Promosi pariwisata melalui film dan serial kungfu adalah cara yang tepat untuk mengenalkan keindahan tempat wisata di Cina kepada masyarakat dunia.

Secara geografis, tempat wisata di Cina berada pada iklim sub tropis yang memiliki empat musim dalam setahun. Oleh karena itu, sebelum liburan ke tempat wisata di Cina ketahui terlebih dulu musim apa yang sedang berlangsung di Cina.Negara Cina telah tumbuh menjadi salah satu pemimpin ekonomi dunia selama beberapa dekade terakhir. Pembangunan sektor pariwisata didukung dengan sistem transportasi yang teratur, jaringan komunikasi yang andal dan keramahan penduduk setempat. Cina juga membangun tempat wisata murah yang mudah dijangkau masyarakat dari golongan ekonomi bawah. Beberapa tempat wisata di Cina yang indah dan menarik untuk dikunjungi antara lain:

1. Tembok Besar Cina: Keajaiban Tempat Wisata di Cina Yang Bersejarah

Jika kita bicara mengenai tempat wisata di Cina yang indah dan spektakuler, maka ingatan kita pasti tertuju kepada Tembok Besar Cina (The Great Wall of China). Tembok Besar Cina adalah ikon negara Cina yang dibangun sejak abad kelima sebelum Masehi oleh Dinasti Ming. Tempat wisata di Cina ini pada awalnya didirikan sebagai benteng perlindungan wilayah kekaisaran Cina dari serangan bangsa-bangsa yang berasal dari utara kawasan Cina.

Tahukah Anda bahwa Tembok Besar Cina merupakan satu-satunya bangunan di planet bumi yang bisa terlihat dari bulan? Tempat wisata di Cina ini memiliki panjang sekitar 5.000 kilometer dan memiliki puncak yang berada pada ketinggian ribuan meter. Banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri yang suka menantang diri mereka dengan menaiki tangga tembok setapak demi setapak. Tempat wisata di Cina ini merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia.

2. Pulau Gulangyu. Negara Cina memiliki Pulau Gulangyu di wilayah Xiamen. Keindahan Pulau Gulangyu disamakan oleh wisatawan dunia dengan pesona kepulauan Hawaii yang terkenal sebagai surga pulau tropis. Wisatawan bisa berjemur di bawah hangatnya sinar mentari sambil menikmati debur ombak yang damai.Pulau Gulangyu merupakan pulau kecil yang terlepas dari hiruk pikuk modernisasi Cina daratan. Di Pulau Gulangyu tidak ada kendaraan bermotor, sepeda, asap knalpot, suara bising mesin dan kemacetan. Inilah tempat wisata di Cina yang ideal bagi wisatawan untuk melarikan diri dari kepenatan hidup sehari-hari.

3.Gunung Tai.Gunung Tai adalah gunung signifikansi historis dan budaya terletak di utara kota Tai’an, inShandong provinsi, Republik Rakyat Cina. Gunung Tai terletak di pusat Provinsi Shandong, sebelah utara Kota Taian, dan dianggap oleh Cina untuk menjadi salah satu dari lima negara “suci” gunung. Ini juga salah satu gunung yang paling menarik dalam hal sejarah; lama menghantui para kaisar yang bangga dalam survei imperiumnya dari puncak di sini. Banyak kuil dan paviliun bertitik tentang lereng di sini adalah bukti patronase kerajaan ini. Gunung ini telah diganti oleh kaisar berbagai lintas zaman, semua ingin membayar upeti yang besar ke tempat suci Tao. Pada 725, Gunung diberi gelar “Raja Sama dengan Sky” dan para sastrawan, seniman dan penyair memiliki semua membayar upeti ini suci bintik-bintik juga. Jalur mendaki gunung dipenuhi dengan puisi dan upeti diukir dalam batu, menyatakan pentingnya dan keindahan tempat. Konfusius dan Dufu penyair menulis puisi baik menggambarkan menghormati mereka, dan legenda mengatakan bahwa mereka yang mendaki gunung akan hidup sampai mereka seratus tahun.

4.Huangshan .Huangshan adalah pegunungan di selatan provinsi Anhui, terkenal karena pemandangan nya, matahari terbenam, puncak granit berbentuk khusus, pohon-pohon Pine Huangshan, dan pemandangan awan dari atas. Huangshan adalah subjek sering lukisan Cina tradisional dan sastra, serta fotografi modern.

Memiliki sedikitnya 140 bagian terbuka untuk pengunjung, Huangshan adalah tujuan wisata utama di Cina, pada tahun 2007, misalnya, lebih dari 15 juta turis mengunjungi mountain.kaki pegunungan dihubungkan oleh kereta api dan udara ke Shanghai, dan juga diakses dari kota asHangzhou tersebut dan Wuhu.As tahun 1990, ada lebih dari 50 kilometer dari jalan setapak menyediakan akses ke daerah-daerah indah bagi pengunjung dan staf fasilitas, ada juga kabel mobil yang  dapat digunakan untuk naik langsung dari basis ke salah satu dari puncak.

5.Huanglong.Huanglong adalah gunung dengan kolam renang mineral alami dan membentuk danau di atasnya. Hal ini terletak di bagian utara provinsi Sichuan dekat Jiuzhaigou di Republik Rakyat Cina. Daerah ini dikenal untuk kolam yang penuh warna yang dibentuk oleh endapan kalsit, terutama di Huanglonggou (Naga Kuning Gully), serta beragam ekosistem hutan, tertutup salju puncak, air terjun dan air panas. Huanglong juga rumah bagi spesies terancam punah termasuk Panda Raksasa dan Golden Sichuan Superliga berhidung Monyet. Huanglong dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1992. Karena ribuan tahun evolusi geologi, Huanglong terdiri dari lanskap yang unik berbagai bentang alam geologi. Es revolusi, struktur terrane, strata batuan asam karbonat, tufa air dan kondisi iklim seperti artic-alpin cahaya matahari telah menciptakan dunia ini terkenal travertine tubuh landscape.The utama air dimulai dari Buddha / Benbo candi kuno di bagian atas lembah dan berakhir di Air Terjun Gua Xishen di utara dengan panjang 2,5 km dan lebar 30 – 170m. Warna perairan Huanglong yang terdiri dari kuning, hijau, biru dan cokelat.

6.Lembah Jiuzhaigou .Jiuzhaigou terletak di ujung selatan pegunungan Minshan, di Jiuzhaigou County (sebelumnya Nanping County) di Tibet Qiang Aba Prefektur Otonomi dari Provinsi Sichuan barat laut, dekat perbatasan Gansu. Jiuzhaigou, yang berarti “Lembah Sembilan Desa”, dianggap sebagai salah satu tempat yang paling indah di Cina. Cagar alam ini terletak di sebelah utara provinsi Sichuan di Cina tengah, berbatasan dengan Tibet. Sejak menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1992, Jiuzhaigou telah menjadi tujuan lanskap terbesar Cina, ini meskipun memiliki salah satu biaya masuk tertinggi dari setiap taman di Cina.

Jiuzhaigou terdiri dari tiga lembah diatur dalam Y. Rize dan Zechawa aliran selokan dari selatan dan bertemu untuk membentuk Shuzheng selokan, yang mengalir ke utara ke mulut lembah.

7.Pegunungan Wudang .Pegunungan Wudang adalah pegunungan kecil di bagian barat laut Provinsi Hubei Republik Rakyat Cina, hanya ke arah selatan dari kota Shiyan.Pada peta-peta Tiongkok, nama “Wudangshan” diterapkan baik untuk rentang seluruh gunung (yang berjalan timur-barat sepanjang tepi selatan Sungai Hanshui lembah, melintasi beberapa tingkat kabupaten-divisi dari Shiyan Prefektur tingkat kota), dan ke kelompok kecil yang terletak di puncak Wudangshan Jiedao Kota County-tingkat Danjiangkou kota Prefektur tingkat Shiyan. Ini adalah area tertentu yang terakhir yang dikenal sebagai pusat Tao. Gunung Wudang terkenal sebagai Dewa Gunung ‘dari Taoisme dan Dunia untuk Swordsman. Ini merupakan pusat Tao terkenal di Cina dengan sejarah panjang dari praktek Tao dan budaya Tao yang mendalam. Gunung Wudang juga terkenal untuk deep-berakar tradisi wushu (seni bela diri). Sebagai pepatah lama:”Shaolin wushu adalah yang terbaik di utara, sementara Wudang wushu adalah yang terbaik di selatan”.(kutipan dari berbagai sumber).

Explore posts in the same categories: TULISAN POPULAIR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: