dengan apa ada cinta?.(kritik film diharian fajar,setelah nonton film”ada apa dengan cinta?” dibintangi oleh Dian Sastro Wardoyo

Cinta itu absurd. Tak dapat di”nyata”kan dan di”sentuh” secara fisik dengan prilaku kasat mata. Bicara tentang cinta, maka tak satupun kata yang dapat mengungkapkannya secara jelas dan defenitif. Tak ada alat yang dapat mengukur ataupun menakar kadarnya. Tak ada mediator, perangkat serta tatanan yang bisa mengatur untuk merasakan keberadaannya,kecuali dirasakan secara gaib. Cinta merupakan misteri yang dapat memberikan kekuatan bagi seseorang untuk merubah perilaku dan jalan hidupnya.
Ada penyair yang mengibaratkan cinta seperti anak panah bermata dua dan bersayap dusta. Begitu ia menghujam kedalam lubuk hati seseorang, maka ia akan memberikan rasa ganda,kebahagiaan sekaligus penderitaan dan kesedihan. Tetapi adakah yang mampu menolak kehadiran cinta meskipun didalam prosesinya terkadang diakhiri dengan perpisahan dan airmata.
Banyak film indonesia yang diproduksi dan bercerita tentang remaja dengan thematik cinta.Film “Ada apa dengan Cinta?” yang diproduksi oleh miles production, merupakan film remaja yang dipersiapkan untuk menyambut hari kasih sayang”Valentine Day”.
Film ini bercerita tentang kisah cinta remaja yang penuh dengan keegoisan. Meskipun film ini cuma menghadirkan dua bintang muda yang masih tergolong bintang pendatang baru didunia sinema Indonesia sebagai pelakon utama, namun film ini mampu bertahan diposisi teratas sebagai film Indonesia terlaris diawal tahun 2002, dan sebagai tonggak sejarah bangkitnya kembali perfilman nasional kita. Dian sastro dalam film ini mampu bermain apik dan memukau berkat pengalaman akting pertamanya di film”pasir berbisik”. Begitu juga halnya dengan Nicholas Saputra, model remaja yang baru pertama kali ini bermain film.
Film ini bercerita tentang Cinta(Dian sastro) seorang remaja gaul yang punya segudang prestasi disekolahnya, terutama dibidang karya sastra. karena itu cinta dan kawan akrabnya(Titi kamal,Ardinia wirasti, Sissi Prisilia, Ladya Cheryl), ditugasi mengelola unit kegiatan siswa dibidang publikasi dan penerbitan.
Suatu ketika SMU nya mengadakan perlombaan penulisan puisi. Tentu saja sebagaimana biasa, cinta dijagokan oleh kawan kawannya untuk menjadi juara. tetapi siapa nyana, kali ini juaranya direbut siswa lain. Dengan penasaran Cinta mencari tahu siapa sebenarnya sang juara baru itu?.Dan itulah”petaka” yang menimpah dirinya. Cinta jatuh cinta untuk yang pertamakalinya diusianya yang “sweet seventeen” pada Rangga (Nicholas Saputra),pemuda yang berbeda latarbelakang kehidupan dengannya, termasuk kehidupan kesehariannya.
Ketertarikan Cinta pada Rangga, karena menilai Rangga orangnya cuek, suka menyendiri dan tidak suka menonjolkan diri. Prilaku Rangga ini sebenarnya dilatarbelakangi keretakan kedua orangtuanya. Ibunya bersama saudaranya meninggalkan Rangga dan Ayahnya karena ketidakcocokan keperibadian. Trauma inilah yang menyebabkan Rangga kurang serius menanggapi perasaan Cinta.
Diakhir cerita, Cinta kebingungan berdiri dipersimpangan jalan untuk memilih jalan hidup yang mana yang harus ia jalani. Memilih Rangga yang kehidupannya sangat berbeda dengannya, ataukah memilih kelompok gaulnnya yang selama ini memposisikan cinta sebagai tempat curahan hati mereka. Setting cerita menukik tajam, ketika Rangga akhirnya memutuskan untuk meninggalkan Cinta, dan pindah sekolah ke Sidney australia. Seperti pilihan kata hatinya yang dituliskan dalam buku puisi yang ditinggalkan untuk Cinta:”….Perempuanku,…seperti juga ibuku yang perempuan,…pergi meninggalkan Cintanya….”
Kisah cinta remaja ini berakhir sedih. Karena memang cinta tidak harus saling memiliki. Cinta adalah Absurd. Seperti banyak orang yang selalu bertanya tentang cinta:”…..dengan apa ada cinta…?”(Syahriar Tato)
Explore posts in the same categories: TULISAN POPULAIR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: