CAFE JURAGAN JACKY

Judul                             : JURAGAN JACKY

Durasi                           : 1 jam.

Tim kreatif                       :SYAHRIAR TATO

ACA HASANUDDIN

ZALDY YUSUF YUNUS

JURAGAN JACKY adalah obrolan dalam bentuk komedi dalam sebuah Cafe Kopi milik Juragan Jacky,Mantan pelaut . Di Cafe Juragan Jacky ini, bukan hanya menjual kopi, tapi juga minuman lain serta bermacam-macam makanan kecil. Cafe nyapun tertata rapih. Siapa saja dari kalangan mana saja, remaja, dewasa sampai yang jompo bisa mampir di Cafe ini untuk minum kopi, sambil ngobrol.

Di Cafe Juragan Jacky ini. Pengunjung bukan hanya bisa mengeritik ( keritikan yang sifatnya ringan dan sudah menjadi rahasia publik), tapi juga bisa memuji sesuatu kebijakan atau kelompok, dengan berdasarkan fakta.

Di Cafe Juragan Jacky ini, segala hal bisa dibicarakan, segala problem bisa diperbincangkan, segal hal bisa jadi topik pembicaraan. Ekonomi, politik, sosila, Budaya dll. Tentu saja diakhir acara, ada solusi versi Cafe Juragan Jacky .

Latar Belakang/kerakter pemain:

  1. Juragan Jacky : Syahriar Tato Lacoste.

Ia adalah pemilik Cafe ini. Pelaut yang membuka usaha Café.   Meski dikenal genit (maklum Duda) namun orang-orang menyukainya. Ia cerdas, dan banyak pengalaman.

  1. Han Seng : syahrir patakaki

Sebetulnya nama aslinya Han Seng, namun keturunan cina yang sudah lama tinggal di Makasar ini, lebih senang di panggil Haseng .

Teman Juragan Jacky ini tiap hari datang ke café, meski Cuma minum segelas kopi dari pagi sampai café tutup. Dia sangat sok yai, segala masalah dia bahas, segala problem dia ikut nimbrung.

  1. Ririn : disa prihandani putri

Anak gadis Juragan Jacky ini cantik, cerdas, dan gaul. Pada dasarnya dia anak baik namun pola fikirnya modern sehingga sering berbeda pendapat dengan kedua orang tuanya yang masih berpola pikir komvensional.

  1. Rosna : Fryzcha vias manurung

Pelayan café Juragan Jacky ini lumayan cantik, malah lebih cantik dari Ririn. Suaranya bagus dan doyan nyanyi. Ia juga sangat cerewet dan sok tau. Ia sering bertengkar dengan Ririn. Ia juga genit, dan pintar mengambil hati Juragan Jacky, banyak juga pengunjung yang mengira dia anak Juragan Jacky.

  1. Bintang Tamu :

Bintang tamu disesuaikan dengan topic pembicaraan, bisa seniman, budayawan, politikus, atau bila ada produk atau departemen yang jadi sponsor, maka bintang tamunya bisa dari mereka.

Latar Belakang Penulisan.

  • Teringat akan ketenaran Daeng Cella, Daeng Rica dan Daeng Te’ne yang tersohor lewat RRI tahun 70 an, dengan keritikan-keritikan yang dilontarkan dalam bentuk humor, maka saya merasa tertarik untuk meramu sebuah acara yang tentu saja karena era berbeda, maka bentuk dan penyajiannya pun berbeda.
  • Masyarakat Sulawesi Selatan, termasuk penonton setia acara-acara televisi, sehingga saya merasa tertantang membuat sebuah acara yang berbicara tentang kehidupan, adat serta budaya Sulsel, mudah-mudahan dengan hadirnya Cafe Juragan Jacky ini bisa menjadi acara favorit mereka.
  • Masyarakat kita sudah capek dengan pekerjaan serta kesibukan masing-masing, sehingga mereka membutuhkan hiburan. Karenanya, Cafe Juragan Jacky ini bentuk penyajiannya dalam bentuk komedi.
  • Peminat music daerah di Sulsel ini juga cukup banyak, makanya saya juga mencoba memadunya dalam Cafe Juragan Jacky ini. Dengan music “kreasi” yang menggunakan alat music tradisional kecapi gendang dll. Mudah-mudahan akan lebih menarik minta pemirsa.
  • Serta berbagai alasan lain yang menjadi alasan munculnya ide ini.

Konsep Penyajian.

Shoting berlansung di Studio dengan membuat bangunan berupa Cafe. Bisa juga shoting di Cafe yang sudah ada dan dianggap cocok.

Cafe Juragan Jacky ini disajikan mirip dengan penyajian OVJ, bedanya, penonton diacara ini jauh lebih proaktif, begitu juga dengan pemain musiknya. Setnya pun tetap dengan latar belakang Cafe yang sama.

Cerita setiap episodenya disesuaikan dengan berita atau kejadian yang hangat dibicarakan di masyarakat. Bisa masalah politik (Pilkada), atau Kebijakan pemerintah, Tawuran pelajar, Penculikan anak, masalah kesehatan dll. Pokoknya di Cafe Juragan Jacky ini, semua hal bisa dibicarakan sekaligus solusinya.

Sekian.

Sinopsis.

“JuraGan KetEmu saUdaGar ”

Juragan Jacky memuji cafenya, ia yakin cafenya ini bakal rame dikunjungi pembeli. Tamu rutin Juragan Jacky yang bernama Haseng datang, Rosna lansung ngomel karena kebiasaan Haseng yang cuma membeli segelas kopi tapi nongkrong sampai café tutup.

Ririn datang, ia menyampaikan pada Juragan kalau H BUSRAH baru pulang dari hongkong membawa banyak oleh-oleh. Haseng mencela karena menurutnya orang-orang yang keluar negeri kalau tidak jadi pembantu, paling jadi buruh kebun kelapa sawit,ataukah bawa hasilbumi degan untung yang pas pasan tapi pulang cerita selangit dan sebulan kemudian kere lagi. Juragan Jacky tidak sependapat, karena menurutnya banyak orang bugis Makasar yang keluar negeri dan jadi saudagar yang sukses.

Seorang tamu dengan penampilan meyakinkan, kalung mas, gelang, cincin semua mencolok. Pakaian pun mentereng. Rosna lansung menyambutnya dengan ramah. Rosna menawarkan beberapa macam menu luar namun tamu pini menolak, ia malah mencari ikan peda’ atau cobe-cobe, sayur daun kelor dll (makanan trdaisional). Ternyata tidak tersedia. Tamu ini minta supaya disediakan dia berani bayar berapa saja asal ada, karena dia sudah lama sekali tidak makan-makanan tersebut.   Rosna bingung, ia lapor pada Juragan Jacky tentang permintaan tamunya tersebut. Juragan Jacky pun ikut bingung. Jurahan Jacky menghampiri tamunya yang dianggapnya berlagu itu. Juragan Jacky mengamati baik-baik ternyata adalah haji busrah (Boleh nama lain) yang kini jadi saudagar Bugis yang sukses didalam dan luar negeri.

Haji Busrah menjelaskan kalau di ia juga bergerak dibidang garment dan bidang bidang lain untuk untuk mengembangkan usahanya. Ia minta Juragan Jacky sebagai partner di Maksar namun Juragan jacky menolak karena ia ingin serius menekuni usaha cafenya. Haseng lansung menawarkan diri jadi partner, namun ternyata bukan Cuma tidak punya modal tapi dia juga tidak berpengalaman dibidang garment.

Rosna, meledek Haseng karena tadinya mencela orang yang berusaha sampai keluar negeri, sekarang malah minta kerja sama dan ditolak. Kasiaan deh lu.

EPISODE

“JuraGan KetEmu saUdaGar ”.

Segment 01.

OPENING GRAFIS Cafe Juragan Jacky .

TITLE

Musik pengiring membuka acara dengan sebuah lagu Daerah tentang susahnya hidup (bisa diaransir jadi lagu yang bernuansa komedi).

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK.

Segment 02.

Fade in.

Juragan Jacky muncul dengan wajah berseri-seri. Ia pun sambil menyanyi Sulawesi Pa’rasanganta. Penonton bertepuk tangan. Selesai menyanyi, Juragan Jacky menjelaskan kalau ia bahagia karena

JURAGAN JACKY.

Sulawesi parasangantaaaaa, bori pa’ solongan cera’taaaaa, anjari ……..

Selebes televisintaaaa, acaranaaaa baji’-baji’ ngaseng dst (Karang sendiri hehehehehe)

Selesai menyanyi Juragan bertanya pada Penonton.

JURAGAN.

Penontooooon.

PENONTON.

Iyyeeeee.

JURAGAN.

Penontoooon.

PENONTON.

Iyyeeeeeeeeeeeeeeee.

JURAGAN.

Bagaimana suara saya tadi., mantap kan ?

PENONTON

Mantap mentong…

JURAGAN JACKY

Mantap mentong,itu Djafar Sodding….

Kalau Juragan Jacky,…mantap mek…hahahayyy

PENONTON

Muantap mek hahahhayyy

ROSNA.

Mantap, cocok sekali jadi pappala pala hehehe

JURAGAN JACKY.

Apa kau bilang.

ROSNA.

Saya bilang suara juragan bagus, cocok sekali jadi pappala pala,iyya tawwa’

JURAGAN JACKY.

He ! menghinamu di, apa hubungannya suara bagus sama pappala pala, kalau rekaman tuh baru ada hubungan. Atau jadi penyiar di Celebes TV ahhh itu baru nyambung ya nggak penonton.

PENONTON.

Ndaaaaaaak lha ya hahahahhaa

ROSNA.

Pappala pala juga ada hubungannya, kan kalau nyanyi sambil nyodorkan kaleng susu, kan kedengaran nyaring. Biar gaji karyawan cepat bisa dibayar. Betul nggak penonton.

PENONTON.

Betuuuuul. ituuuuuu.

Ledek-ledekan ini boleh berlanjut (improvisasi) tapi harus dijaga jangan sampai jadi membosankan hingga terkesan lamban. Hingga akhirnya Juragan Jacky mengalihkan perhatian.

JURAGAN JACKY

Penonton !

PENONTON.

Iyyeeee Juragan.

JURAGAN JACKY.

Penontoooooon !!!

PENONTON.

Iyeeeeeeeeeeeeee juragan Jacky…!.

JURAGAN JACKY.

Bagaimana café saya keren kan ? Café Om Jacky.

ROSNA.

Kok café Om Jacky sih juragan bos.kenapa bukan cafe sasa?

JURAGAN JACKY.

memang warung kelontongan jual bumbu masak sasa,oouuww tidak lah ya.

ROSNA.

Om Jacky itu siapa juragan bos.

JURAGAN JACKY.

Ya saya toh cantik hahhayy.

ROSNA.

Kan nama bos, Daeng Jalling???.

JURAGAN JACKY.

Hus !!!! Jangan ko buka rahasia, permak sedikit kenapa sih

ROSNA.

Oooh ceritanya biar keren, nama Daeng Jalling diganti jadi Jacky. Tapi ingat boss, kalau ganti nama harus pake bubur putih bubur merah.

JURAGAN JACKY.

Ah cerewet lu ah. Coba ambilkan globe ku

ROSNA.

Emang mau nujuman apa ngeramal ?

JURAGAN JACKY.

Sambarang na ini anak,yang kusuruh ambil bola dunia,bukan bola kaca. Gini-gini gue tuh mantan pelaut, sudah keliling dunia,sudah injak injak banyak kota dunia,mau nostalgia pasti liat globe,biar asyiikk ?.

ROSNA.

saya kan cuman nanya juragan bos.

JURAGAN JACKY.

Iya,tapi nanya jangan sampai bikin sewot.Bikinin kopi susu.

ROSNA.

Pake es bos ?

JURAGAN JACKY.

Ndak lha ya,mau ko bikin cepat cammo ka???hahhayy

Penonton riuh meledek juragan Jacky.sementara Rosna membuat kopi sambil komentar.

ROSNA.

Kalau nggak pake “S’ berarti kopi uu dong juragan heheheheee.

-Penonton tertawa riuh rendah,

Juragan jacky Nampak puas dan bahagia.cita-citanya membuat café setelah pensiun menjadi pelaut terwujud.

JURAGAN JACKY.

Café juragan jacky,mantap mek.

PENONTON.

Apanya yang mantap mek juragan???

JURAGAN JACKY.

Dari melaut keliling dunia,….turun kedarat jadi juragan kafe,..duit tambah bertambah…bunga berbunga…

PENONTON 1 .

Kenapa ndak jadi bajak laut aja, Seperti kapten jack sparrow,sekali berlayar,berpeti peti harta didapat hahahha

PENONTON 2

Atau jadi Pakkapala tallang hahhayyy

Juragan marah, ia merasa terhina. Penonton balik mengatakan kalau ia hanya bertanya. Juragan Jacky menjelaskan kenapa ia memilih membuka café dibanding usaha lain. Karena café lebih intelek dan tidak dikejar-kejar Kantib.

Seorang pengunjung datang. Penonton tepuk tangan. Rosna lansung ngomel karena kebiasaan Haseng yang cuma membeli segelas kopi tapi nongkrong sampai café tutup.

ROSNA.

Uuuuu, nia miseng pacilakacilakayya, tau ji kau pesan angko,kopi satu gelas diminum sampai café tutup dan sishza toh?

HAN SENG.

( mengomel dalam logat cina) sudahlah,sudah…ladeni angko kalena tamu adalah laja bukan????

Fade Out

COMMERCIAL BREAK

Segment 03

Fade in.

Tepuk tangan penonton menyambut kemunculan Ririn,Ririn lansung menghampiri Juragan Jacky (ayahnya) dan menyampaikan kalau haji Busrah pulang membawa ikan hidup ke Hongkong,dan pulang banyak membawa oleh-oleh.

RIRIN.

Papi, ada haji bernama busrah Abdullah, sekarang datang dari Hongkong,perginya bawa ikan hidup,pulang pulang bawa sekoper pakaian….nyammanna tawwa???.

PENONTON.

Nyammanna tawwa jadi saudagar ikan…kaya dan cilla…

RIRIN

Jadi saudagar ikan tongki pappi,biar kita pulang bawakan ka oleh oleh juga.busana sutra cina dan pernik pernik india.

JURAGAN JACKY.

Siapa itu haji busrah ???

PENONTON.

Itu haji ganteng ka,saudagar ikan dari paotere,banyak ikannya banyak tong tawwa kapalnya…malah jadi anggota dewan yang terhormat sekarang tawwa…

JURAGAN JACKY,

Suntili….barusan itu ada yang kalah kalahki juragan jacky??

PENONTON.

Pastimi iya kalah, kalah jauh kayaknya gank…

Penonton meledek juragan Jacky,yang diledek tambah sewot. Ririn ingin ayahnya jadi saudagar ikan juga. Namun Juragan menolak karena disamping dia sudah tua, kalau ia menjadi saudagar maka Ririn bakal bebas semaunya, dia ada saja Ririn masih sering keluyuran.Beberapa penonton mengomentari kelakuan Ririn, ditanggapi oleh Ririn.

Lain halnya Haseng,ia malah mencela orang-orang yang pergi mondar mandir keluar Negeri, menurutnya orang-orang yang keluar negeri kalau tidak jadi pembantu, paling jadi buruh kebun kelapa sawit, tapi pulang cerita selangit dan sebulan kemudian kere lagi. Pokoknya bagi Haseng, orang Bugis Makasar yang kerja diluar negeri hanya bikin malu. Ia tidak sependapat dengan   Juragan Jacky , menurut Juragan Jacky banyak orang bugis Makasar yang tinggal diluar negeri dan jadi saudagar yang sukses. Terjadi perdebatan karena Haseng juga tidak mau kalah, penonton pun bersorak.

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK

Segment 04.

Fade in.

Tepuk tangan riuh menyambut kemunculan Haji busrah dengan penampilan meyakinkan, kalung mas, gelang, cincin semua mencolok. Pakaian pun mentereng. Haji busrah menanyakan penampilannya pada penonton.

HAJI BUSRAH.

Penontoonn..bagaimana penampilanku???

Penonton mengomentarinya bermacam-macam, ada yang bilang norak, ada juga yang bilang keren.

HAJI BURAH.

Bajuku keren kan…ini semua saya beli di Hongkong

Haji Busrah duduk, Rosna lansung menghampiri dan menyodorkan menu dengan ramah.

ROSNA.

Mauki pesan apa bang haji???

Haji Busrah melirik daftar menu sejenak dan sontak menolak, ia malah mencari ikan peda’ atau cobe-cobe, sayur daun kelor dll (makanan trdaisional).

HAJI BUSRAH.

Ada ikan peda cuccu lepe dan sayur kelor???

– Ternyata tidak tersedia. Haji busrah mengatakan kalau tamu adalah raja, raja minta apa aja harus disiapkan. Dia mau bayar berapa saja asal ada, karena dia sudah lama sekali tidak makan makanan tradional.   Rosna bingung, ia lapor pada Juragan Jacky tentang permintaan tamunya tersebut. Juragan Jacky pun ikut bingung. Jurahan Jacky menghampiri tamunya yang dianggapnya berlagu itu. Juragan Jacky mengamati baik-baik ternyata adalah Haji busrah yang kini jadi saudagar Bugis Makasar yg sukses sekaligus anggota legislatif yang sukses. Keduanya pun bicara tentang kesuksesan haji busrah sebagai saudagar bugis yang sukses merintis usahanya dari bawah.

Fade Out

COMMERCIAL BREAK

Segment 05.

Fade in.

RIRIN.

Saya mau tanya.

SAUDAGAR BUSRAH.

Tanya apa ?

RIRIN.

Saya liat di TV.

PENONTON.

Di Celebes TV yah ?

RIRIN.

Iyya dong masa iyya deh.

Semua tertawa.

RIRIN.

Gini, saya liat di TV. Banyak penduduk dunia,suka sekali makan ikan,terutama orang hongkong,cina,taiwan dan terutama sekali orang jepang.

SAUDAGAR BUSRAH.

Iyya,memang banyak orang didunia ini suka makan ikan dan hasil laut lainnya( menjelaskan tentang manfaatnya makan ikan)

JURAGAN JACKY.

Iyya tuh, kayak makan ikan itu merupakan makanan mewah,saya pernah makan sashimi di tokyo dan makan stick ikan di prancis.nyammanna kaue,dulu diatas kapal saya suka makan lawara palopo hahhayyy

ROSNA.

Kenapa padeng di sini orang suka makan coto,konro dan sop saudara ?padahal penuh kolestrol mi.

Juragan Jacky dan Juragan Aco saling berpandangan.

JUARAGAN JACKY,HAJI BUSRAH.

Iyya yah..

-Haji busrah kemudian menjelaskan kalau ia juga bergerak dibidang garment dan kini berambisi untuk mengembangkan usahanya. Ia ingin mengembangkan usahanya dibidang lain namun belum tau prosudurnya.

Seorang tamu datang. Juragan Jacky mengenalnya sebagai salah seorang pejabat yang mengerti tentang tata cara membangun usaha. Orang tersebut menjelaskan berbagai hal tentang prospek pengembangan usaha daerah khususnya Sulawesi selatan. Haji busrah mengerti dan bersedia membangun usaha di sulsel. Ia juga minta Juragan Jacky sebagai partner di Makasar namun Juragan jacky menolak karena ia ingin serius menekuni usaha cafenya. Haseng lansung menawarkan diri jadi partner, namun ternyata bukan Cuma tidak punya modal tapi dia juga tidak berpengalaman dibidang garment.

Penonton berteriak meledek

Fade Out

COMMERCIAL BREAK

Segment 06

Fade in.

Rosna, meledek Haseng karena tadinya mencela orang yang keluar negeri berniaga sekarang malah minta kerja sama dan ditolak. Kasiaan deh lu.

Fade out.

COMMERCIAL BREAK

Fade in.

Segment 07

Rosnah meminta Juragan haji busrah menyanyikan sebuah lagu,penonton ikut mensupport juragan haji Busrah.

Masuk lagu penutup oleh pemain music pengiring, para pemain dan penonton ikut berjoget

Roolling Title.

SEKIAN.

JURAGAN JACKY.

Sinopsis.

“Belajar Yes, NarkOba nO”

Bintang tamu : HM.ALIMUDDIN SH.MH.

Ketua Yayasan megarezeki makassar

Juragan Jacky sedang membaca Koran yang memberitakan tentang bahaya narkoba. Dua orang pemuda yang sedari tadi duduk dipojok ruang, keluar dengan sempoyongan, Juragan jacky pikir anak muda tersebut tidak enak badan, ia pun menuntun anak muda itu keluar. Juragan kembali lagi, ia menanyakan pada penonton kenapa pemuda tadi sempoyongan, penonton menjelaskan kalau pemuda tadi habis menghisap ganja. Juragan Jacky ketakutan.

Juragan Jacky tiba-tiba teringat pada Ririn, Ia kawatir Ririn anak satu satunya terpengaruh. Meski menyangkal terlibat narkoba, namun Juragan Jacky tetap memeriksa isi tas anaknya tersebut, Ririn menolak karena didalamnya ada perlatan rahasia (pembalut wanita). Hal ini membuat Juragan makin curiga. Ia memaksa Ririn dan benar didalamnya hanya berisi buku dan pembalut.

Haseng datang lagi, seperti biasa memesan secangkir kopi dan langsung duduk didekat Juragan. Ia menegur juragan yang serius membaca Koran. Juragan menjelaskan kalau ia membaca bahaya narkoba. Haseng yang sok tau lansung berkomentar kalau narkoba itu sebetulnya obat, sebaiknya tidak usah dilarang, karena dilarang itulah makanya harga mahal dan banyak yang cari dan mau mencobanya. Terjadi perbedaan pendapat antara Juragan dan Haseng yang sok tau.

Seorang tamu datang. Mendengar perdebatan antara juragan dan Haseng, akhirnya ia angkat bicara. Ia pun mengenalkan diri lalu menjelaskan betapa bahayanya narkoba itu.

Pemuda lain datang dengan sempoyongan, Juragan lansung mengusirnya karena mengira pemuda tersebut morphinis. Ternyata pemuda itu benar-benar pusing. Juragan tidak percaya. Pemuda itu menjelaskan kalau ia tidak mau mengorbankan masa depannya dengan kenikmatan sesaat. Baginya Belajar Yes Narkoba No .

Sekian.

JURAGAN JACKY

BELAJAR YES NARKOBA NO.

BINTANG TAMU : HM.ALIMUDDIN,SH,MH

Segment 01.

OPENING GRAFIS Cafe Juragan Jacky .

TITLE

Musik pengiring membuka acara dengan sebuah lagu tentang susahnya hidup (bisa diaransir jadi lagu yang bernuansa komedi).

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK.

Segment 02.

Fade in.

-Rosnah yang lagi bersolek di cermin kecilnya digoda oleh Juragan Jacky

JURAGAN JACKY.

Wadouh bidadari café juragan jacky tambah cantik ni,pantas pengunjung café semakin hari semakin berjubel,…tapi rata rata cuman pesan secangkir kopi doang…

ROSNA.

La iyalah…siapa dulu yang buatkan kopinya?

JURAGAN JACKY.

Kalau begitu buatkan dulu abang segelas susu…

ROSNA.

Abang abang,nanti Ririn dengar dia ngambek lagi? susunya pake es bos?

JURAGAN JACKY.

Ndak la ya? Mau ko tambah bikin cammo ka?

penonton riuh mengomentari juraga jacky.sementara rosna membuat susu sambil berkomentar.

ROSNA.

Kalau ndak pake S, berarti UU dong…?

JURAGAN JACKY.

UU mu,sana ambilkan koran

Juragan Jacky sedang membaca Koran yang memberitakan tentang bahaya narkoba.

JURAGAN JACKI.

Seorang mahasiswi salah satu perguruan tinggi swasta terlibat narkoba.kedapatan lagi menghisap sabu dalam sebuah wisma,bersama 3 orang rekan mahasiswanya.

JURAGAN JACKY.

Astaga naga ular naga berlaga ditelaga, koq bisa-bisanya generasi muda harapan bangsa terlibat hal hal yang terlarang…

-Dua orang pemuda yang sedari tadi duduk dipojok ruang, keluar dengan sempoyongan.

Juragan Jacky pikir anak muda tersebut tidak enak badan, ia pun menuntun anak muda itu keluar. Juragan kembali lagi, ia menanyakan pada penonton kenapa pemuda tadi sempoyongan.

JURAGAN.

Penontooooon.

PENONTON.

Iyyeeeee.

JURAGAN.

Penontoooon.

PENONTON.

Iyyeeeeeeeeeeeeeeee juragan jacky.

JURAGAN.

Bagaimana tindakan ku tadi,menolong orang yang lagi sakit,…jalannya saja sempoyongan ?

PENONTON

Mantap mentong seperti tong ki perawat lepasan STIKES Mega Rezeki…

JURAGAN JACKY

Memang karena saya dosen disana.Tapi,Mantap mentong,itu Djafar Sodding….

Kalau Juragan Jacky,…mantap mek…hahahayyy

PENONTON

Muantap mek hahahhayyy

ROSNA.

Tapi yang kita tolong itu tadi anak muda yang lagi teler ganja

JURAGAN JACKY.

Apa kau bilang.

ROSNA.

Saya bilang anak anak itu lagi ngeboat, jalannya aja kayak juragan Jacky yang pelaut lagi mabuk laut,iyya tawwa’

JURAGAN JACKY.

He ! menghinamu di, apa hubungannya anak muda teler tadi dengan cara jalan mabuk lautku,gini gini cara jalan ku kayak jhon travolta lagi manggung,iya ndak penonton.

PENONTON.

Ndaaaaaaak lha ya hahahahhaa

ROSNA.

Kalau begitu jadi penyanyi rock ‘n roll saja juragan,biar tambah banyak dapat duit. Biar gaji karyawan cepat bisa dibayar. Betul nggak penonton.

PENONTON.

Betuuuuul. ituuuuuu.

Ledek-ledekan ini boleh berlanjut (improvisasi) tapi harus dijaga jangan sampai jadi membosankan hingga terkesan lamban. Hingga akhirnya Juragan Jacky mengalihkan perhatian.

JURAGAN JACKY

Penonton !

PENONTON.

Iyyeeee Juragan.

JURAGAN JACKY.

Penontoooooon !!!

PENONTON.

Iyeeeeeeeeeeeeee juragan Jacky…!.

JURAGAN JACKY.

Bagaimana café saya keren kan ? Café Om Jacky.

ROSNA.

Kok café Om Jacky sih juragan bos.kenapa bukan cafe tante sasa?

JURAGAN JACKY.

memang warung kelontongan jual bumbu masak sasa,oouuww tidak lah ya.

ROSNA.

Om Jacky itu siapa juragan bos.

JURAGAN JACKY.

Ya saya toh cantik hahhayy.

ROSNA.

Kan nama bos, Daeng Jalling???.

JURAGAN JACKY.

Hus !!!! Jangan ko buka rahasia, permak sedikit kenapa sih

ROSNA.

Oooh ceritanya biar keren, nama Daeng Jalling diganti jadi Jacky. Tapi ingat boss, kalau ganti nama harus pake umba umba.

JURAGAN JACKY.

Ah cerewet lu ah. Coba ambilkan globe ku

ROSNA.

Emang mau nujuman apa ngeramal ?

JURAGAN JACKY.

Sambarang na ini anak,yang kusuruh ambil bola dunia,bukan bola kaca. Gini-gini gue tuh mantan pelaut, sudah keliling dunia,sudah injak injak banyak kota dunia,mau nostalgia pasti liat globe,biar asyiikk ?.

ROSNA.

saya kan cuman nanya juragan bos.

Juragan jacky Nampak puas dan bahagia.cita-citanya membuat café setelah pensiun menjadi pelaut terwujud.

JURAGAN JACKY.

Café juragan jacky,mantap mek.

PENONTON.

Apanya yang mantap mek juragan???

JURAGAN JACKY.

Dari melaut keliling dunia,….turun kedarat jadi juragan kafe,..duit tambah bertambah…bunga berbunga…

PENONTON 1 .

Kenapa ndak jadi bajak laut aja, Seperti kapten jack sparrow,sekali berlayar,berpeti peti harta didapat hahahha

PENONTON 2

Atau jadi Pakkapala tallang hahhayyy

Juragan marah, ia merasa terhina. Penonton balik mengatakan kalau ia hanya bertanya. Juragan Jacky menjelaskan kenapa ia memilih membuka café dibanding usaha lain. Karena café lebih intelek dan tidak dikejar-kejar Kantib.

Seorang pengunjung datang. Penonton tepuk tangan. Rosna lansung ngomel karena kebiasaan Haseng yang cuma membeli segelas kopi tapi nongkrong sampai café tutup.

ROSNA.

Uuuuu, nia miseng pacilakacilakayya, tau ji kau pesan angko,kopi satu gelas diminum sampai café tutup dan sishza toh?

HAN SENG.

( mengomel dalam logat cina) sudahlah,sudah…ladeni angko kalena tamu adalah laja bukan????

JURAGAN JACKY.

Penonton,saya mau nanya,betul anak anak tadi hisap ganja di cafeku?.

PENONTON.

Iya lah ya, masak juragan tadi tidak cium bau asapnya?

-penonton menjelaskan kalau pemuda tadi habis menghisap ganja. Juragan Jacky ketakutan. Juragan Jacky menegur Rosna yang membiarkan pemuda tadi menghisap ganja di cafenya. Rosna tidak menegur karena disamping ia tidak tau kalau pemuda itu mengisap ganja, juragan juga selalu bilang kalau pembeli itu raja. Masa mau negur raja.

Juragan Jacky tiba-tiba teringat pada Ririn, Ia kawatir Ririn anak satu satunya terpengaruh.

Fade Out

COMMERCIAL BREAK

Segment 03

Fade in.

Tepuk tangan penonton menyambut kemunculan Ririn. Ririn gerogi karena ayahnya mengamatinya dari kaki sampai ujung rambut. Ririn heran melihat ulah ayahnya. Juragan curiga Anaknya itu terlibat narkoba. Meski menyangkal terlibat narkoba, namun Juragan Jacky tetap memeriksa isi tas anaknya tersebut, Ririn menolak karena didalamnya ada peralatan rahasia (pembalut wanita). Hal ini membuat Juragan makin curiga. Ia memaksa Ririn dan benar didalamnya hanya berisi buku dan pembalut.

Penonton menertawakan juragan.

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK

Segment 04.

Fade in.

Tepuk tangan riuh menyambut kemunculan Haseng datang lagi, seperti biasa memesan secangkir kopi dan lansung duduk didekat Juragan.

HANSENG.

Losna,kopi susu dulu hayya.

ROSNA.

Uuuuu, nia miseng pacilakacilakayya, tau ji kau pesan angko,kopi satu gelas diminum sampai café tutup dan sishza toh?

HAN SENG.

( mengomel dalam logat cina) sudahlah,sudah…ladeni angko kalena tamu adalah laja bukan????

Hanseng menegur juragan yang serius membaca Koran. Juragan menjelaskan kalau ia membaca bahaya narkoba. Haseng yang sok tau lansung berkomentar kalau sebaiknya narkoba itu tidk usah dilarang, biarkan saja. Menurutnya narkoba itu mahal dan diminati karena dilarang. Hal lain menurut Haseng ialah, pecandu narkoba itu jangan dihukum karena mereka adalah korban. Ia beda pendapat dengan Juragan, yang bagi juragan narkoba harus didilarang dan pengguna dan bandarnya harus dihukum mati.   Perdebatan terus berlanjut karena keduanya tidak ada yang mau mengalah.

Fade Out

COMMERCIAL BREAK.

Segment 05.

Fade in.

Seorang tamu dari HM. ALIMUDDIN SH.MH dari STIKES MEGAREZEKI datang. Mendengar perdebatan antara juragan dan Haseng. Ia pun mengenalkan diri lalu menjelaskan betapa bahayanya narkoba itu. Ia juga menjelaskan secara detail bahaya narkoba itu. Ia juga menjelaskan dampak setiap jenis narkoba dan ciri-ciri pecandunya.Pak Alimuddin juga menjelaskan STIKES yang dibinanya disamping bergerak dibidang pendidikan Kesehatan dengan berbagai jurusan,Ia juga menambahkan kalau program pemerintah dibidang kesehatan banyak di support oleh sekolah yang dibinanya.

Fade Out

COMMERCIAL BREAK

Segment 06

Fade in.

Beberapa mahasiswa dan pelajar datang dengan sempoyongan, Juragan lansung mengusirnya karena mengira pemuda pemuda tersebut morphinis. Ternyata pemuda itu benar-benar pusing habis kerja bakti membersihkan lingkungan dan menanam pohon dalam kerjasama sekolahnya dengan program kota sehat. Juragan tidak percaya. Pemuda itu menjelaskan kalau ia tidak mau mengorbankan masa depannya dengan kenikmatan sesaat.begini begini iya itu mahasiswa berprestasi STIKES MEGAREZEKI Makassar. Baginya Belajar Yes Narkoba No .

Fade out.

COMMERCIAL BREAK

Fade in.

Segment 07

Masuk lagu penutup oleh pemain music pengiring dan HM Alimuddin menyanyikan sebuah lagu, para pemain dan penonton ikut berjoget

Roolling Title

SEKIAN.

Sinopsis JURAGAN JACKY

.JURAGAN JACKY vs USTADZ GANTENG.

BINTANG TAMU : USTADZ DAS’AT LATIF.

Juragan Jacky   benar-benar pusing tujuh keliling karena kebutuhan sehari-hari harganya makin naik, belum lagi uang kuliah serta kebutuhan Ririn lainnya makin banyak, sementara Cafe nya akhir-akhir ini sepi pembeli, kalau toh ada, kebanyakan pada ngutang.

Kesulitan ekonomi ini ternyata bukan hanya dirasakan Juragan Jacky tapi juga keluarga yang lainnya, makin susah ceri uang sementara barang-barang kebutuhan pokok harganya membumbung tinggi. Menurut Ririn itu hal yang wajar bagi Negara berkembang. Namun yang membuat mereka pada heran karena berita di Televisi mengatakan kalau keadaan ekonomi makin baik sementara yang mereka rasakan adalah sebaliknya. Belum lagi anak anak pengemis yang bergantian masuk kafe menadahkan tangan.

Seorang tetangganya menemui Juragan Jacky sambil menangis. Ia minta tolong dipinjamin uang, karena anaknya ngambek tidak mau sekolah karena sekolahnya akan mengadakan study tour sementara ia tidak punya uang untuk membayar biaya study tour tersebut. Juragan Jacky heran karena ternyata setelah dinyatakan wajib belajar 9 tahun dan bebas biaya sekolah, ternyata ada saja alasan sekolah untuk membebani orang tua dengan bayaran yang tidak resmi dengan biaya lebih banyak ketika anak-anak dibebani uang SPP. Karena kasihan dan tidak punya uang, maka Dengan bijak, Juragan Jacky menyuruh ibu tersebut menunggu semoga ada pelanggan datang dan ia bisa meminjami uang. Setelah beberapa saat, akhirnya datang juga dua orang berdasi mampir diCafe nya. Juragan Jacky segera menyuruh Rosna melayani tamu terhormatnya tersebut. Namun Juragan Jacky heran, karena kedua orang tersebut hanya minta segelas kopi dan satu gelas kosong. Kemudian kopi tersebut dibagi dua. Kedua orang tersebut ternyata dua orang sarjana yang sedang mencari kerja dan belum ada lowongan. Mendengar penjelasan ke dua orang tersebut, ibu tadi menjadi lemas.

Seorang pelanggan café masuk,ternyata seorang uztad ganteng. Ia pun meberikan uang kepada ibu tadi sebagai sedekah, sambil menjelaskan pentingnya sedekah sebagai pencucian rejeki bagi ummat.SEKIAN.

JURAGAN JACKY VS USTADZ GANTENG

“SuSsana SamBalu,tapi tetap assadakka ki”.

Bintang Tamu : USTADZ DAS’AT LATIF.

Segment 01.

OPENING GRAFIS Cafe Juragan Jacky .

TITLE

Musik pengiring membuka acara dengan sebuah lagu tentang susahnya hidup (bisa diaransir jadi lagu yang bernuansa komedi).

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK.

Segment 02.

Fade in.

Rosna muncul dengan wajah sedih, ketika ditanya oleh penonton, Rosna menjelaskan kalau kesedihannya itu karena ia belum gajian. Pada hal ia mau beli Hp yang lagi trand. Bermacam-macam komentar penoton, ada yang menasehati agar menghemat dan menabung, namun ada juga yang menyuruhnya menilep untuk membeli Hp baru.

ROSNA.

Penonton,tiga bulan mi ini belum terbayar gajiku…

PENONTON.

Kenapa bisa begitu,padahal kerennya mamo itu café juragan jacky,tempat kerjata?

ROSNA.

Café sepi pengunjung,kalau ada pengunjung paling ngutang alias bon?

PENONTON.

Pantas baba hang seng juga lamami tidak kelihatan batang hidungnya…hayya

ROSNA.

Padahal mauka ini beli HP baru yang lagi trend.

PENONTON.

Gampang ji itu,buka laci,tengok,kemudian tilep…

ROSNA.

Nggak laya..ka korupsi itu namanya…ndak kerennya de??

PENONTON.

Keren donk?itu kan uang gaji 3 bulan mu cantik?? Ayo kamu bisa hahaha

Rosna menolak karena itu adalah dosa. Ada penonton yang mengatakan kalau Dosa tidak bikin benjol. Namun Rosna mengatakan memang tidak benjol tapi Dosa masuk Neraka.

Ririn bingung biasanya kalau siang begini sudah banyak pelanggan datang minum kopi, tapi akhir-kahir ini makin jarang.Yang ramai adalah anak pengemis yang datang menadahkan tangan,kalau diusir malah mencomot kue lalu lari.

ROSNA.

Sussana sambalu kehidupan jaman sekarang,pelanggan café pada carru gankz.Kalau toh ada yang minum kopi, itu juga minta setengah dan ngutang, dan kalau ditagih janjinya tar sok tar sok melulu.

PENONTON.

Susahki uang sekarang gankz,yang haram saja susah,apalagi yang halal.

– Akhirnya dua orang pembeli masuk, Rosna pun menyambutnya dengan senang hati. Rosna tampak senang karena pembeli tersebut menanyakan kue-kue jualan Rosna   yang ternyata kedua orang tersebut cuman sekedar nanya, tidak membeli. Rosna   sedih lagi. Beberapa saat kemudian ia tampak bersemangat karena seorang langganannya muncul. Ia menyambutnya dengan senang hati, yang tenyata Haseng, Rosna lemas lagi.

HANSENG.

Losna,kopi susu dulu hayya.

ROSNA.

Uuuuu, nia miseng pacilakacilakayya, tau ji kau pesan angko,kopi satu gelas diminum sampai café tutup dan sishza toh?

HAN SENG.

( mengomel dalam logat cina) sudahlah,sudah…ladeni angko kalena tamu adalah laja bukan????

Fade Out

COMMERCIAL BREAK

Segment 03

Fade in.

Juragan Jacky muncul sambil bernyanyi lagu termiskin didunia.setelah menyanyi ia minta komentar penonton.

JURAGAN JACKY

Penonton !

PENONTON.

Iyyeeee Juragan.

JURAGAN JACKY.

Penontoooooon !!!

PENONTON.

Iyeeeeeeeeeeeeee juragan Jacky…!.

JURAGAN JACKY.

Bagaimana café saya keren kan ? Café Om Jacky.

ROSNA.

Kok café Om Jacky sih juragan bos.kenapa bukan cafe CARRU?

JURAGAN JACKY.

Carru,itu gara gara pelanggan banyak yang ngutang melulu.

ROSNA.

Iya,sampai gajiku 3 bulan nda terbayar,tapi ngomong ngomong juragan Jacky itu siapa juragan bos.

JURAGAN JACKY.

Ya saya toh cantik hahhayy.

ROSNA.

Kan nama bos, Daeng Jalling???.

JURAGAN JACKY.

Hus !!!! Jangan ko buka rahasia, permak sedikit kenapa sih

ROSNA.

Oooh ceritanya biar keren, nama Daeng Jalling diganti jadi Jacky.

JURAGAN JACKY.

Ah cerewet lu ah. Coba ambilkan kartu ku

ROSNA.

Emang mau nujuman apa ngeramal ?

JURAGAN JACKY.

Meramal,mau tau kenapa cafe kita apes begini. Gini-gini gue tuh mantan pelaut, sudah keliling dunia,sudah pernah ke Turki negeri seribu satu malam.jadi kalau soal ramal meramal,aku jagonya,tapi kenapa kamu tanya tanya?.

ROSNA.

saya kan cuman nanya juragan bos.

JURAGAN JACKY.

Iya,tapi nanya jangan sampai bikin sewot.Bikinin kopi susu.

ROSNA.

Pake es bos ?

JURAGAN JACKY.

Ndak lha ya,mau ko bikin cepat cammo ka???hahhayy

Penonton riuh meledek juragan Jacky.sementara Rosna membuat kopi sambil komentar.

ROSNA.

Kalau nggak pake “S’ berarti kopi uu dong juragan heheheheee.

JURAGAN JACKY.

UU mu….

-Penonton tertawa riuh rendah,

Juragan jacky Nampak meramal nasibnya pake kartu jocker,tapi tetap saja kartu bilang café dilanda apes.

– juragan jacky kemudian menanyakan keadaan pembeli, Rosna menjelaskan kalau belum ada pelanggan lain yang datang kecuali langganan tetap dan pesanannya yang sama, secangkir kopi.

– Juragan Jacky   mengeluh dengan keadaan bisinis Cafe nya yang makin sepi pembeli. Ririn yang hendak berangkat kuliah muncul, minta uang jajan pada Juragan Jacky.

RIRIN.

Papi mauka pergi kuliah,minta dulu uang jajanan..

JURAGAN JACKY.

Tuh ambil sendiri di laci.

Ririn membuka laci tapi cuma uang lima ribu isinya. Ririn ngambek. Karena uang lima ribu itu tidak cukup untuk jajan, makan jalan kote atau nyoknyan dikantin kampus saja tidak cukup. Juragan Jacky meminta supaya Ririn memahami keadaan ekonomi keluarganya yang makin memperhatinkan. Barang keperluan sehari-hari pada naik sementara pemasukan café senin kemis. Namun Ririn juga minta supaya kedua orang tuanya memahami kebutuhan dan biaya kuliahnya yang makin hari makin tinggi. Haseng   menyalahkan Juragan Jacky yang kurang kreatif. Juragan Jacky pun mengelak dengan mengatakan kalau dirinya sudah kreatif dengan membuka Cafe , kalau dia punya modal banyak maka dia bangun mall, biar Makasar ini penuh dengan mall. Sementara kalau dia mau cari kerja sampingan mau cari dimana, yang sarjana saja masih banyak yang nganggur. Ia balik menganggap Haseng sok tau karena haseng sendiri kerjanya Cuma nongkrong dicafenya.

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK

Segment 04.

Fade in.

Seorang ibu menemui Juragan Jacky sambil menangis. Ia minta tolong dipinjamin uang, karena anaknya ngambek tidak mau sekolah karena sekolahnya akan mengadakan study tour sementara ia tidak punya uang untuk membayar biaya study tour tersebut. Juragan Jacky heran karena ternyata setekah dinyatakan wajib belajar 9 tahun dan bebas biaya sekolah, ternyata ada saja alasan sekolah untuk membebani orang tua dengan bayaran yang tidak resmi dengan biaya lebih banyak ketika anak-anak dibebani uang SPP. Karenakasihan dan tidak punya uang, maka Dengan bijak, Juragan Jacky menyuruh ibu tersebut menunggu semoga ada pelanggan datang dan ia bisa meminjami uang.

Fade Out

COMMERCIAL BREAK

Segment 05.

Fade in.

Setelah beberapa saat, akhirnya datang juga dua orang berdasi mampir diCafe nya. Juragan Jacky segera menyuruh Rosna melayani tamu terhormatnya tersebut. Namun Juragan Jacky heran, karena kedua orang tersebut hanya minta segelas kopi dan satu gelas kosong. Kemudian kopi tersebut dibagi dua. Kedua orang tersebut ternyata dua orang sarjana yang sedang mencari kerja dan belum ada lowongan. Mendengar penjelasan ke dua orang tersebut, ibu tadi menjadi lemas.

JURAGAN JACKY.

heran kenapa berita di TV mengatakan kalau rakyat makin makmur, kemiskinan berkurang, tapi kok kayaknya sebaliknya.

PENONTON.

Itu pasti bukan Celebes TV yg bilang,kalau mau berita yang benar dan actual nonton ki Celebes TV.

– Haseng berpendapat, lain, menurutnya yang miskin memang berkurang, karena banyak yang mati kelaparan.

Fade Out

COMMERCIAL BREAK

Segment 06

Fade in.

Seorang Ustadz muda dan ganteng masuk, ia menjelaskan tentang perkembangan ekonomi saat ini. Ia juga mengingatkan agar masyarakat hidup sederhana,berhemat, jangan jadi masyarakat yang konsumeristik. Beli lah sesuai kebutuhan, jangan beli sesuai keinginan, karena keinginan itu tidak ada habisnya.meskipun saat ini lagi susahnya uang,yang haram saja susah apalagi yang halal.meskipun pendapatan keluarga lagi menipis tapi jangan lupa bersedekah,karena sedekah seperti pencucian rejeki bagi ummat.orang yang meringankan tangannya untuk bersedekah dan menolong sesamanya akan diringankan rejekinya oleh Allah(ustadz Da’sat latif memberi fatwa,rosna,ririn,juragan jacky,hanseng dan penonton menimpali dengan pertanyaan)

Fade out.

COMMERCIAL BREAK

Fade in.

Segment 07

Masuk lagu penutup oleh pemain music pengiring, para pemain dan penonton ikut berjoget

Roolling Title

SEKIAN.

JURAGAN JACKY

Sinopsis.

CINTAI KOTAMU,DISIPLIN DIJALAN GANG

Bintang tamu : TAIPAN BENNY CENDANA

Kelakuan dan penampilan Rose yang baru tinggal 6 bulan di Jakarta memebuat orang-orang yang mengenalnya termasuk Juragan Jacky sekeluarga. Rose tidak mau lagi dipanggil Rose karena ia sudah ganti nama jadi Oce, gaya bicaranya pun sudah ala anak Jakarta “lu, gue, dong dll” yang ternyata lebih banyak salah ucapnya (okkot).

Dengan penampilan yang sebetulnya norak namun menurutnya model masa kini ia datang ke Cafe Juragan Jacky , anak Juragan Jacky sempat cemberut karena Rose lansung menyambut Juragan Jacky dengan cium Pipi kiri Pipi kanan yang menurutnya itu kebiasaan anak Jakarta. Rose pun mengajak Ririn liburan ke Jakarta. Di sana ia akan mengenalkan Ririn dengan artis-artis karena menurutnya ia sudah pernah ikut main sinetron.

Hasen mendukung anak-anak muda ke Jakarta, namun Juragan Jacky   tidak setuju. Terjadi perdebatan antara haseng dan Juragan Jacky dengan Ririn . Menurut Ririn , dengan berangkat ke Jakarta, ia bisa menambah pengalaman dan bisa melihat lansung kehidupan modern anak-anak Jakarta. Disetujui oleh Haseng. Sementara menurut Juragan Jecky, liburan kuliah lebih baik diisi dengan hal yang lebih bermamfaat, les, atau kalau toh mau liburan, lebih baik ke kampung halamannya biar bisa tau adat istiadat di kampung. Ririn ngambek, ia ingin sekali ke Jakarta.

Seorang tamu yang mendengar perdebatan Ririn   dengan Juragan Jecky. Orang tersebut berbisik pada Juragan Jacky . Juragan Jacky tampak kaget namun akhirnya menyetujui Ririn ikut Rose ke Jakarta. Ririn pun melompat kegirangan dan asgera menelpon Rose. Rose datang menemuinya, Peria tadi lansung memborgol Rose karena ternyata Rose terlibat dalam jaringan perdagangan ABG untuk di jadikan PSK. Di jakarta.

Sekian.

JURAGAN JACKY

EPISODE “CINTAI KOTAMU,TERTIB DI JALAN GANG”

Bintang Tamu : TAIPAN BENNY CENDANA

Segment 01.

OPENING GRAFIS “Cafe Juragan Jacky ”.

TITLE

Musik pengiring membuka acara dengan sebuah lagu tentang kehidupan modern (bisa diaransir jadi lagu yang bernuansa komedi).

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK.

Segment 02.

Fade in.

Haseng muncul sambil bernyanyi diringi Musik pengiring, selesai menyanyi, ia minta komentar penonton,. Macam-macam komentar penonton.

diantaranya, ada yang mengatakan kalau suara haseng   merdu, dan sangat cocok jadi kernek pete pete;

HAN SENG.

Bagaimana suala nyanyiku aaa,ini lagu balu,banyak cewe cewe suka.

penonton Semua tertawa meledek han seng. Hanseng membalas dengan ucapan sirik tanda tak Mampu.

HAN SENG.

Olang yang bilang suala oe jellek itu olang silik.banyak cewek cewek cantik suka sualaku kalau ditempat kalaoke…gud gud bede…hayyaaa,..

ROSNA.

Siapa bilang bagus….pasti telinganya rusak angko….

HAN SENG.

Apanya yang jelek aaa…hayya,banyak cewek cewek cantik jatuh cinta dan melengek lengek minta oe jadi cowoknya karena keindahan suala angko.

-Seorang cewek cantik dengan penampilan melebihi artis ibukota,masuk ke kafe, ia pun bicara dengan gaya anak Jakarta yang membuat penonton berteriak “Letteki Monas” ia mengenalkan diri sebagai Oce.

OCE.

Perkenalkan nama gue oce,…anak jakarte….baru aja tiba dari bandara…

PENONTON.

Lu baru tibe ye,…dateng dateng, kaki lu injek gue….hahahayy

-Han seng   baru sadar kalau   itu adalah teman SMA Ririn yang baru 6 bulan di Jakarta, yang dulu nama Rose berganti nama jadi Oce. Oce pun menjelaskan tentang perubahan namanya juga disesuikan dengan nama anak Jakarta seperti Rose jadi Oce, Mariang jadi Mer dll.

HANSENG.

Kalau tidak salah nama lu lose aaaa,dulu teman lilin yang dulu minggat ke jakalta aaaa.

OCE.

Minggat? Pale lu, gue ke Jakarta main FTV bo,…Main barengan Reza…gue ganti nama Oce biar keren sebagai artis..

– Penonton pun ikut komentar soal pergantian nama ini.Rosna geleng-geleng kepala melihat ulah Rose.Juragan Jacky pun muncul. Dengan senyum sumringah,Rose bangkit dan lansung cium pipi kiri pipi kanan Juragan Jacky , Juragan Jacky sempat terpanah, Rose menjelaskan kalau anak Jakarta begitu, salaman diganti dengan cium pipi, jadi kalau baru ketemu dan hendak berpisah selalu cium pipi. Haseng minta cium pipi juga namun Rose menolak.

HANSENG.

Minta cipok juga aaaa,dulu angko tinggal lama di jakalta juga….oe lama tinggal di glodok jual jual ladio bekas lha…

-Penonton mentertawakan hanseng

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK.

Segment 03.

Fade in.

Rose masih ditempat yang sama. Ririn yang baru pulang kuliah pun heran melihat penampilan Rose. Rose membujuk Ririn agar liburan ini bersamanya ke Jakarta, Rose pun bercerita banyak tentang indahnya kehidupan di Jakarta.

RIRIN.

Edede rose,cantiknya mo,kayak anak jakarte beneren mi tawwa…

OCE.

Memang gue anak Jakarta lho,…sorry ya,nama gue Oce ,bukan Rose,siapa itu rose?????.

RIRIN.

Apa mo rose,eee Oce,…sombong na mo jadi anak Jakarta tawwa…

OCE.

Memang orang jakarte harus sombong….harus gede sombong nya…kalau nda punya sombong,nda bisa hidup….

PENONTON.

Iya,tapi sombongmu,…sombong lain lain gank…semakin lompo sombongmu gang…

OCE.

Sombong tapi keren kan?bajuku,kalungku,rambutku,sepatuku…semua keren kan…

PENONTON.

Wouw keren,tapi bau bau sombong gang

-Akhirnya Rose berhasil merayu Ririn jalan-jalan ke Jakarta. Rose pun berteriak karena hendak pamit. Juragan Jacky bergegas menghampiri Rose dan benar saja ia mendapat sun pipi . Juragan tersenyum sumringah, penonton meledeknya. Haseng juga minta sun Rose hanya mencolek pipi Haseng. Penonton tertawa.

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK.

Segment 04.

Fade in.

Setelah kepergian Rose, Ririn merengek agar diijinkan liburan ke Jakarta bersama Rose. Juragan Jacky tidak setuju namun Hasen mendukung Ririn. Juragan Jacky melarangnya. Menurutnya waktu libur Ririn lebih baik digunakan untuk les, atau sekalian pulang kekampung halaman supaya lebih mengenal dan lebih mencintai tanah leluhur.

RIRIN.

Pappi,gue juga pengen injak Jakarta…pengen juga jadi artis main di FTV?

JURAGAN JACKY.

Nggak boleh la yah,lu itu anak semata wajang babe…ouw no no..

PENONTON.

Kalau lhoe cuman pengen masuk TV,nggak usah ke Jakarta…Makassar bisa tonji..

ROSNA.

Iya di Makassar bisa tonji…tuh ada Celebes TV…TV keren dan trendy..

-Namun menurut Haseng, dengan berangkat ke Jakarta, disamping bisa melihat langsung perkembangan di Jakarta, Ririn juga bisa menambah pengalaman.

HAN SENG.

Kalau lilin mau ke jakalta biallah,…dulu juga angko waktu ke jakalta dagang ladio lusak angko juga jadi bintang film laga di televise,…angko juga jadi pelatih kuntauw bintang bintang laga jaman dulu,hayyyaa..angko banyat dapat duit lah.

– Juragan Jacky tetap menolak dan mencela kebiasaan anak-anak Jakarta dengan contoh Rose yang sudah ganti nama segala, ia juga memuji kelebihan adat istiadat serta kebiasaan orang dikampung, sementara Ririn terus memuji kelebihan orang di Jakarta dan mencela kebisaan orang di Desa. Disini bisa diselipkan beberapa keritikan misalnya di Jakarta, LALULINTAS SANGAT MACET, sementara di daerah, sudah melebihi jakarta macetnya. Sesekali Haseng   ikut komentar. Rosna pun ikut komentar, Juragan Jacky dan Ririn membentaknya. Rosna meradang, begini lah nasib orang kecil mau ngomong aja dilarang.

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK.

Segment 05.

Fade in.

Ririn ngambek. Makan tidak mau, diajak ngomong pun tidak mau apa lagi disuruh melayani tamu. JUragan Jacky sebagai orang tuanya pusing. Akhirnya ada penoton yang menyarankan agar Juragan Jacky mengijinkan Ririn ke Jakarta. Namun Juragan Jacky tetap tidak mengizinkan Ririn ke Jakarta.

-Seorang yang berpakaian anak motor motor masuk(HDCI) ,ternyata Taipan BENNY CENDANA}, ia memesan kopi.

BENNY

Kopi susu dulu secangkir…

ROSNAH.

Pake susu bang…?

BENNY.

Iya lah,kan tadi pesannya kopi susu….

ROSNAH.

Pake S bang??

BENNY.

Masa kopi susu pake es?

JURAGAN JACKY.

(sewot karena cemburu)

kalau ndak pake S itu UU,…UU mu,sana cepat bikin kopi susunya…

PENONTON.

Cemburu ni ye??? Memang keliatannya tuan Benny lebih gantengan daripada Juragan Jalling…Lebih keren…Wouww keren..

JURAGAN JACKY.

Siapa yang cemburu?bukannya cemburu,tapi prinsip café juragan jacky,tamu adalah raja….

HANSENG’

Betul betul julagan jacky…tamu adalah laja…losnah bikinkan angko juga susu ndak pake es.mumpung ada taipan Benny Cendana mo tlaktil angko hayyya..

-Benny Cendana heran melihat Ririn yang mojjo di sudut café. Ia heran melihat Ririn yang biasanya periang, berubah jadi cemberut. Juragan Jacky menjelaskan kalau Ririn marah karena ia diajak oleh temannya bernama Rose ke Jakarta tapi tidak diizinkan.

BENNY.

Heran saya melihat kecenderungan orang orang kita yang selalu merasa hidup di Jakarta jauh lebih baik dan keren,padahal kalau daerah kita ini bersama kita bangun dengan potensi yang ada…pastilah kehidupan disini jauh lebih baik, monas saja bisa kita pindahkan kesini kelak…makassar bisa tonji membangun kayak Jakarta,yang penting lalulintasnya jangan macet dan semrawut sambil menjelaskan program HDCI di Makassar)

-penonton menginsterupsi pak Benny cendana dengan berbagai pertanyaan,ada yang mendukung ada menyanggahnya,Rosnah,Han Seng dan Juragan Jacky ikut nimbrung.

BENNY.

Tapi kalau dik Ririn sekedar mau mencari pengalaman dan belajar disana,apa salahnya,…tapi ingat,kita ini di Makassar tidak ketinggalan dengan kota kota lain di Indonesia…

-Benny berbisik pada Juragan Jacky , Juragan Jacky tampak kaget sejenak lalu tersenyum, ia pun mengijinkan Ririn ke Jakarta tapi dengar dulu nasehat Pak benny cendana. Ririn   lompat kegirangan dan mencium Juragan, namun ia tertahan ketika hampir mencium Haseng. Ia pun segera menelpon Rose agar segera menemuinya.

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK.

Segment 06.

Fade in.

Ririn menunggu beberapa saat sambil belajar bahasa anak Jakarta dengan para penonton.

RIRIN.

Penonton..

PENONTON.

Iyyeeee.

RIRIN.

Penontooonnnn..

PENONTON.

Iyyeee juragan Ririn..

RIRIN.

Apa bahasa jakartanya…tidak..?

PENONTON.

Nggak….tuh.

RIRIN.

Bahasa jakartanya…café jacky?

PENONTON.

Warung Jalling….hahahayyy

-penonton ramai meledek juragan jacky mempersoalkan ganti namanya sama dengan Rose.

– Rose pun muncul dengan dandanan yang lebih heboh lagi. Ririn menyambut dengan senang hati.Pak Benny memberi isyarat pada penonton yang sebenarnya petugas berpakaian pereman yang bangkit dan lansung memborgol Rose karena ternyata Rose adalah DPO polisi karena menjadi anggota komplotan perdagangan ABG untuk di jadikan PSK. Polisi tadi menjelaskan pada Juragan Jacky dan Ririn. Bahwa sekali-sekali datang ke ibu kota juga bagus, banyak hal kelebihannya, tapi banyak juga kekurangannya, jadi kita harus pandai-pandai menyaring mana yang patut ditiru mana yang tidak.

Fade out.

COMMERCIAL BREAK

Fade in.

Segment 07

Masuk lagu penutup(dinyanyikan oleh Benny Cendana) oleh pemain music pengiring, para pemain dan penonton ikut berjoget

Roolling Title

SEKIAN

Sinopsis.

“PaRa IkkaTte, PaDa Idi”.

Bintang Tamu : Hm.Ashabul kahfi

Juragan Jacky Kaget melihat Haseng datang dengan kepala bocor. Haseng menjelaskan kalau ia kena lempar anak sekolah yang lagi tawuran.

Juragan Jacky tidak habis pikir, kenapa anak-anak sekarang pada senang tawuran, pada hal jaman mereka sekolah, tidak ada yang namanya tawuran. Yang membuat Juragan Jacky makin khawatir karena bukan hanya anak sekolah yang sering tawuran, tapi masyarakat bahkan mahasiswa yang katanya calon pemimpin bangsa pada suka tawuran.

Tiba-tiba Cafe Juragan Jacky menjadi sasaran timpukan batu karena seorang anak sekolah bersembunyi di Cafe Juragan Jacky . Dengan di bantu penonton, serta Haseng, Juragan Jacky berhasil melerai anak-anak yang tawuran yang ternyata dari anak-anak yang tawuran diketahui kalau mereka tawuran hanya gara- gara saling adu pandang. Celakanya lagi diantara yang ikut tawuran itu ada yang sekedar ikut-ikutan, bahkan ada pula yang sebenarnya masih family dekat namun karena beda sekolah terpaksa saling timpuk batu.

Juragan Jacky menasehati anak-anak tersebut, betapa bahayanya saling tawuran yang bukan hanya bisa mencelakan lawan tapi orang lain yang tidak terlibat. Disamping itu tujuan orang tua menyekolahkan mereka adalah untuk menuntut ilmu, bukan cari musuh. ia juga mengingatkan betapa indahnya berdamai. Dan bersaing dalam merebut perestasi.

Sekian.

JURAGAN JACKY

“PaRa IkaTte, PaDa Idi”

Bintang Tamu HM Ashabul Kahfi

Segment 01.

OPENING GRAFIS “Cafe Juragan Jacky ”

TITLE.

Musik pengiring membuka acara dengan sebuah lagu Dandut tentang persahabatan (diaransir jadi lagu yang bernuansa komedi).

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK.

Segment 02.

Fade in.

Juragan Jacky muncul sambil menyapa penonton. Ia langsung duduk dan meminum kopi yang sudah tersedia, ia membaca koran yang beritanya tentang tawuran.

JURAGAN JACKY.

Tawuran di kampus pelangi melibatkan tiga fakultas menyebabkan 32 orang mahasiswa luka luka dan 12 lainnya ditangkap oleh petugas pengamanan…

Astaga naga ular naga berlaga ditelaga…untung kemarin ririn bolos kuliah,kalau tidak mungkin kepalanya benjol kena timpuk batu…

-Beberapa saat kemudian muncul Ririn Ia minta dibikini teh oleh Rosna .

RIRIN.

Rosna,bikin dulue teh,tapi jangan terlalu manis nah ?

ROSNA.

Iya nyonya besar…tapi gadis mako itu,..bikin sendiri kenapa sih?

RIRIN.

Capek ka,baru pulang kuliah..bantu ka dulu cess.

Rosna membuatkan dan membawakan teh namun ternyata tawar, Ririn menyemprotkannya lalu marah-marah dan menyalahkan Rosna yang tehnya tawar.

RIRIN.

Apa ini,..kok tehnya tawar,kehabisan gula ya?

ROSNA.

Edede ka dua sendok mi itu saya taroh gula,nanti masih muda ko kena maki kencing manis,baru jarra….

– Rosna menghampiri Ririn dan membawakan gula lalu mengaduknya. Ririn meminumnya ternyata kemanisan. Ririn marah lagi dan melempar Rosna dengan sendok, Rosna marah dan hendak melempar balik, Juragan Jacky menegurnya , masa timpuk-timpukan, kayak anak sekolahan tawuran aja, ia heran melihat Ririn dan Rosna mendadak ribut.

Fade Out

COMMERCIAL BREAK

Segment 03.

Fade in.

Juragan Jacky masih asyik ngopi sambil memutar mutar Globenya, Tiba-tiba beberapa anak sekolah dengan batu, ikat pinggang berkepala gir serta peralatan tawuran lain ditangan, masuk ke Cafe hendak membeli rokok.

SISWA 1.

Minta beli rokoknya 2 batang juragan.

JURAGAN.

Edede kecil kecil merokok,..disini nda jual rokok, disini café..

SISWA 2.

Bukan ji ganja yang mau dibeli om jacky…masa café dunia tidak jual rokok?

namun Juragan Jacky tetap mengatakan kalau mereka tidak menjual rokok, Juragan Jacky juga mengingatkan anak-anak tentang bahaya rokok namun anak-anak tersebut cuek malah menyuruh Juragan Jacky ngomong sama tembok.

SISWA.

Walaahh kayak curagan jacky nda pernah muda, sudah sudah ,kami bosan dengan nasihat nasihat,kemana mana ketemu orangtua pasti dengar nasehat meluluh…sana om ngomong aja sama tembok hehehe

– Juragan Jacky geleng kepala, tiba-tiba ia melihat seorang siswa mengambil kue dan memasukkannya kedalam tas, Juragan Jacky menegurnya, siswa siswa tersebut lari diikuti teman-temannya yang juga ikut-ikutan merauk kue yang ada diatas meja. Juragan Jacky mencak-mencak namun siswa siswa tersebut malah meledeknya.

Fade Out

COMMERCIAL BREAK

Segment 04.

Fade in.

Juragan Jacky masih tampak kesal, tiba-tiba Haseng muncul dengan kepala berdarah, Ternyata ia kena timpuk anak-anak sekolah yang tawuran. Jurahan Jacky dibantu Rosna memberi obat merah dikepala Haseng.

Juragan Jacky mengomentari permasalahan anak-anak yang tawuran. Karena dulu waktu dia sekolah, tidak ada kebiasaan semacam itu. Mereka bingung kenapa anak-anak sekarang pada senang tawuran.

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK

Segment 05.

Fade in.Tiba-tiba muncul seorang anak sekolah yang kepalanya bocor kena timpuk. Anak tersebut minta perlindungan pada Juragan Jacky . Baru saja Juragan Jacky mau menolongnya, muncul anak-anak lain yang mengejarnya, sehingga Cafe Juragan Jacky menjadi arena tawuran, Juragan Jacky kewalahan melerainya, ia pun minta tolong pada penonton untuk membantunya hingga akhirnya tawuran bisa diatasi.

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK

Segment 06.

Fade in.

Juragan Jacky menanyakan alasan anak-anak tersebut kenapa sampai tawuran. Ternyata hanya hal sepele yaitu gara-gara cewek. Juragan Jacky menasehatinya dan menyuruhnya berdamai.

JURAGAN JACKY.

Kenapa kalian baku tabok dan tawuran kayak nnda ada kerjaan lain…

SISWA.

Enak dong kayak yang di televisi tawuran,dimana mana tawuran…asyik kayak perang perangan betulan,…masa kita anak anak bugis Makassar kalah kayak daerah lain,…tu mahasiswa saja baku tabok dan tawuran..

HANSENG.

Hayyyaa.tapi angko enak enak makan bakso pinggir jalan,..nda tau apa apa dibikin bocor kepalaku…

PENONTON.

Dalle mu,siapa suruh orang tawuran kamu pergi nonton sambil makan bakso lagi haayyyya…

ROSNA.

Apakah persoalannya kalian sampe tawuran ditengah jalan ramai lagi.

SISWA.

Dia plototin cewek ku kayaknya tong mau ditelan….cendol kali ya?

Penonton ramai mengomentari.

Bintang tamu HM.Ashabul Kahfi seorang dosen, politikus yg religius yang dianggap tau tentang fenomena tawuran di sekolah dan masyarakat. Serta bagaiamana penanggulangannya datang berkunjung ke kafe,kesempatan itu digunakan oleh juragan Jacky,Han Seng,Rosna dan Ririn untuk bertanya tentang fenomena tawuran di kalangan remaja dan bahkan kelompok masyarakat.

Fade out.

COMMERCIAL BREAK

Segment 07.

Fade in.

Masuk lagu penutup oleh pemain music pengiring, para pemain dan penonton ikut berjoget

Roolling Title

SEKIAN

Explore posts in the same categories: TULISAN POPULAIR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: