JURAGAN JACKY 2. MENUJU KOTA DUNIA

Judul Utama        : CAFÉ JURAGAN JACKY.

Sub Judul            : menuju kota dunia.

Topik                           : Makasar Menuju Kota Dunia.

No PEMAIN PERAN COSTUME
1 Syahriar Tato lacoste Juragan Jacky Ala cow boy.
2 Disa prihantini kusuma Ririn Free
3 Fryzcha vias manurung Rosna. Free
4 DR.Idris Patarai,Msi Bintang tamu Jacked kulit.
5 Syahrir Patakaki Hanseng China kostum
7 Ria Amir Sinrang Cs Group cincang cincong Free
8 Dedy setiawan bojes pemusik Free
9 Tamu Tamu cafe Free

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Judul Utama        : CAFÉ JURAGAN JACKY.

Sub Judul            : “menuju kota mendunia”.

Topik                           : Kiat Makassar Menuju Kota Dunia.

 

SEGMENT 1(00.02.30)
  1. OPENING GRAFIS CAFE JURAGAN JACKY.
  2. TITLE

Fade out.

COMMERCIAL BREAK 1

SEGMENT 2 (00:08:00)

Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn.hanseng,idris patarai(ka bapeda makassar)

Fade in.

Penonton bertepuk tangan.

Pemain musik memainkan sebuah lagu yang berhubungan dengan kota Makassar, misalnya pantai losarinya anci laricci hingga selesai (Sebaiknya diaransir atau liriknya dirubah agar bisa mengundang tawa). Penonton bertepuk tangan.

Rosna sedang merapikan café.pengunjung café masih sepi,cuma hanseng dan idris patarai. Muncul Juragan Jacky sambil menjinjing laptop

JURAGAN JACKY.

Elele sambalu,makassar semakin ramai,semakin padat dan semakin macet,singkamma tommi kucini jakarta….

ROSNA

Kalah iya jakarta,buktinya banyak mobil jakarta dan propinsi lain berseliweran disini.

JURAGAN.

Pantas kalau malam minggu seperti mami di jakarta ramainya,seperti mami kalau jakarta sudah pindah kemakassar.

ROSNA.

Iyyeeeee.tapi kenapa kafe ta,tambah hari tambah sepi

JURAGAN.

Mungkin kurang senyum ko rosna.

PENONTON.

Iyya tuh rosna,beri ko senyummu kepada semua orang,tapi cintamu hanya pada om jacky

JURAGAN.

Iyya tawwa,natauna maunya saya.,mantap ?

PENONTON

Mantap mentong…

JURAGAN JACKY

Mantap mentong,itu Djafar Sodding….

Kalau Juragan Jacky,…mantap mek…hahahayyy

PENONTON

Muantap mek hahahhayyy

ROSNA.

Mantap, cocok sekali jadi kernet pete’ pete’

JURAGAN JACKY.

Apa kau bilang.

ROSNA.

Saya bilang juragan cocok sekali jadi kenek pete’ pete’

JURAGAN JACKY.

He ! menghinamu di, apa hubungannya ?. kalau jadi penyiar di Celebes TV ahhh itu baru nyambung ya nggak penonton.

PENONTON.

Ndaaaaaaak hahahahhaa

ROSNA.

Kenek juga ada hubungannya, kan kalau teriak panakukaaang, pabbambaeeeeng kan kedengaran nyaring, jadi banyak penumpang datang. Yang tidak nyambung tuh kalau saya bilang juragan cocok jadi kiper. Betul nggak penonton.

PENONTON.

Betuuuuul. ituuuuuu.kalau jadi kiper kebobolan terus gawangnya

Ledek-ledekan ini boleh berlanjut (improvisasi) tapi harus dijaga jangan sampai jadi membosankan hingga terkesan lamban. Hingga akhirnya Juragan Jacky mengalihkan perhatian.

JURAGAN JACKY

Penonton !

PENONTON.

Iyyeeee Juragan.

JURAGAN JACKY.

Penontoooooon !!!

PENONTON.

Iyeeeeeeeeeeeeee juragan Jacky…!.

JURAGAN JACKY.

Bagaimana café saya keren kan ? Café Om Jacky.

ROSNA.

Kok café Om Jacky sih juragan bos.?

JURAGAN JACKY.

memang kenapa ?

ROSNA.

Kayak nama orang.

JURAGAN JACKY.

memang nama orang, masa nama binatang.

ROSNA.

Anjing tetangga saya namanya Jacky.

Penonton tertawa ikut meledek.

ROSNA.

Om Jacky itu siapa juragan bos.

JURAGAN JACKY.

Ya saya toh cantik hahhayy.

ROSNA.

Kan nama bos, Daeng Jalling???.

JURAGAN JACKY.

Hus !!!! Jangan ko buka rahasia, permak sedikit kenapa sih

ROSNA.

Oooh ceritanya biar keren, nama Daeng Jalling diganti jadi Jacky. Tapi ingat boss, kalau ganti nama harus pake bubur putih bubur merah.

JURAGAN JACKY.

Ah cerewet lu ah.   Mana Koran.

Rosna mengambil Koran sambil bertanya.

ROSNA.

Emang bisa baca ?

JURAGAN JACKY.

Sambarang na ini anak. Gini-gini gue tuh mantan pelaut, sudah keliling dunia,sudah injak injak banyak kota dunia,masa baca aja nggak bisa ?.

ROSNA.

Siapa tau, saya kan cuman nanya.

JURAGAN JACKY.

Iya,tapi nanya jangan sampai bikin sewot.Bikinin kopi susu.

ROSNA.

Pake es bos ?

JURAGAN JACKY.

Ndak lha ya,mau ko bikin cepat cammo ka???hahhayy

Penonton riuh meledek juragan Jacky.sementara Rosna membuat kopi sambil komentar.

ROSNA.

Kalau nggak pake “S’ berarti kopi uu dong juragan heheheheee.

JURAGAN JACKY.

Uu mu…sudah ah buruan, tidak usah banyak komentar.

Juragan Jacky membaca Koran ( dengan cara over)

JURAGAN JACKY.

Waaah ini baru berita !, Makassar menuju kota Dunia. Dahsyat ! Muantaph, keren abis mek !!!

Rosna membawakan kopi.

ROSNA.

Segitu senangnya juragan bos, emangnya kenapa ?

JURAGAN JACKY.

La iyya dong

Bisa juga okkot jadi iyya “don” sehingga jadi ledekan penonton dan Rosna. (Improvisasi).

JURAGAN JACKY.

Coba bayangkan kalau Makasar jadi kota dunia. Woooooow keren….mantap mek hahhayy

PENONTON.

Juragan kan sudah tua, mending bayangin aja Makasar jadi kota Akherat !!!

Penonton tertawa meledek juragan Jacky.

ROSNA.

Kalau menurut saya juragan bos, lebih bagus lagi kalau Makasar itu bukan Cuma jadi kota dunia, tapi jadi kota Dunia akherat.

JURAGAN JACKY.

Maksud lho cantik ?

ROSNA.

Yaaah disamping pembangunannya fisiknya bagus, juga pembangunan mentalnya juragan.

Penonton tepuk tangan tanda setuju.

JURAGAN JACKY.

Hebat juga otak lhu cantik,tapi gimana caranya?.

ROSNA.

Gini-gini kan saya Sarjana juragan bos. S1 planologi.

PENONTON.

Kalau juragan S berapa ?

JURAGAN JACKY.

Dia saja sudah S 1, jadi saya S poteng dong hahhayyy.

PENONTON.

Hebat doong.

ROSNA.

SD, SMP, SMA. Ya langsung S poteng hahahahahaaa

Penonton tertawa meledek.

JURAGAN JACKY.

Oke oke never mine,… boleh bilang begitu tapi kan saya punya anak buah Sarjana kan.

Ririn datang, penonton tepuk tangan.

 

Faede Out.

 

SEGMENT 3. 00 :08.00 menit

Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn, hanseng dan idris.

Fade in.

Penonton Tepuk tangan.

Ririn yang baru datang langsung nyomot kue.

RIRIN.

Ngomongin apaan sih, keliatannya seru banget.(ngomong betawi tapi dialek makassar)

JURAGAN JACKY.

Ini, pappi baca dikoran berita tentang berita ‘ Makasar menuju Kota Dunia ‘.

RIRIN.

Wallah, Makasar jadi kota Dunia ? Mimpi kali yeeeee…pannassai…

JURAGAN JACKY.

He jangan ngomong begitu, Tahu tidak ??…

Ririn langsung memotong.

RIRIN.

Nggak.

Penonton tertawa.

JURAGAN JACKY.

Yeeee Pappi belum ngomong sudah main nggak aja. Maksud saya, tau nggak kalau orang Amerika itu kebulan karena ikut-ikut orang makassar.

Ririn pura-pura memegang jidat bapaknya kayak memeriksa orang sakit.

RIRIN.

Ngigau pappi yah ? atau…lagi sakit…ingatan ?.

Penonton tertawa,ikut meledek kuragan Jacky

JURAGAN JACKY.

Yaaa ini bukti nyata.

RIRIN.

Walllah, bohong banget.(logat jakartanya semakin okkot)

JURAGAN JACKY.

Musik !!!

Musik mengalun, Juragan menyanyikan lagu Battu ratema’ ri bulan. Dengan gayanya yang over. Penonton bertepuk tangan.

JURAGAN JACKY.

Apa ko, battu ratemi ribulang, maddencong rencong poeng.

Penonton tertawa semakin gaduh.

RIRIN.

Itu kan cuman lagu, cuman hayalan.

JURAGAN JACKY.

Iyya, tapi paling tidak kan kita berpikir jauh lebih dulu dibanding orang Amerika. Masalah jadi terwujud jadi kenyataan, itu masalah lain lagi. Sama dengan sekarang, yang penting ada niat dulu jadi kota Dunia insya Allah bakal terwujud.

RIRIN.

Yang pasti, yang terwujud sekarang, Makasar itu jadi kota yang memiliki sanitasi alias WC terpanjang didunia.,revitalisasi pantai losari sudah banyak yang jongkok sembunyi sembunyi hehehehe

PENONTON.

Iyya tuh,banyakmi yang jongkok cokko cokko di Pantai Losari.

Penonton tertawa.

JURAGAN JACKY.

Saya bingung, kenapa sih semuanya cuman pada pintar ngeritik, kayak pemerintah tuh nggak ada bagus-bagusnya.

RIRIN.

Nah ini dia nih. Pappi, bukannya kita nih nggak mengakui keberhasilan pemerintah, ngakuin. Cuman kan kita juga harus mengungkap kegagalannya. Soalnya kalau semua memuji keberhasilan pemerintah, nanti mereka malah terlena, mereka merasa puas padahal masih banyak yang perlu diperhatikan.

JURAGAN JACKY.

Iyya tapi kesannya tuh pemerintah nggak ada bagus-bagusnya. Semua salah, semua gagal.sanging pacalla calla…

RIRIN.

Soalnya emang masih banyak salah, masih banyak yang perlu dibenahi apalagi kalau mau jadi Kota Dunia wwwwwowwwww

Pappi jadi kota Dunia tuh ndak gampang, banyak persyaratannya.

JURAGAN JACKY.

Mau susah, mau banyak persyaratannya, asal kita punya niat, ada usaha, pasti bisa. Makassar bisa tonji….bagaimana penonton ?

(penonton riuh membenarkan,ada juga yg cuman mencibir).

Apa lagi sekarang pemerintah sudah mencanangkan itu, tinggal kita sebagai warga masyarakat Makassar ikut mendukungnya.Ya nggak penonton …. ???

PENONTON.

Iyyo tawwa,benar tawwa juragan bos

ROSNA.

Iyyoi mi natippa hahahahaha

Penonton tertawa riuh rendah.

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK 3

Segment 4 00 :08 :00 Menit.

Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn, Idris patarai.Han Seng

Fade in.

Penonton bertepuk tangan.

Idris Patarai yang sedari tadi duduk dengan wajah ditekuk. diseram seramkan (mirip iklan indo mie jaman dulu).hanseng menaikkan korek api yg nyala tanda mau memesan makanan(kayak tong di tempat discotik)

IDRIS.

Saya minta makanan yang paling enak !

Ia menggeprak meja. Ririn dan Rosna tampak ketakutan. Juragan Jacky tampak geram.

PENONTON.

Mallakiiii juragan jacky…..

JURAGAN JACKY.

Tidak ji bos, cuman kan ada istilah tamu ada lah raja. Jadiii biarkanmi, sabar ko hati berdebar ko jantung.

Penonton tertawa.

Rosna membawakan sop dengan tangan gemetar. Idris mencobanya.

IDRIS.

Nggak enaaaaaaaaaak ! apa ini…… ????

Rosna dan Ririn makin ketakutan. Juragan Jacky memperhatikan tamunya itu namun Idris terus berusaha menutupi wajahnya. Juragan Jacky penasaran, ia menghampiri tamunya. Begitu Juragan Jacky dekat, Idris lansung berdiri dan mengagetkannya, Juragan Jacky terpental. Idris membuka topinya sambil tertawa ngakak, Ririn dan Rosna legah, Juragan Jacky bangun sambil mendumel.

JURAGAN JACKY.

Suntili ! kirain siapa ? ternyata Pak Doktor Idris Patarai lagi nyamar, saya pikir kenapa ada ganster nyasar ke cafe saya.

Mereka berpelukan. Juragan jacky mengenalkan pada Ririn dan Rosna.

JURAGAN JACKY.

Ini teman saya namanya pak idris patarai, dia calon walikota kita, sudah terkenal di Makasar ini.jauh sebelum jadi kepala bapeda makassar

Boleh ada celetukan dari Ririn ataupun Rosna juga penonton (Improvisasi)

JURAGAN JACKY.

Dari mana ki baru kelihatan pak idris.

IDRIS.

Biasaaa, habis jalan jalan kenegeri orang ,melihat kemajuan kota kota dunia untuk kita contoh di makassar ini(menjelaskan misi menuju kota dunia).

Boleh ada celetukan dari Ririn ataupun Rosna juga penonton (Improvisasi)

JURAGAN JACKY.

Terus dari mana pakaian ganster begini.

IDRIS.

Sengaja, mau nyaingin juragan jacky.

ROSNA.

O yah, tadi katanya baru keliling dunia.

IDRIS.

Iyya,bersama pak walikota, kenapa ?

ROSNA.

Nggak, tadi kan disini kita bicara soal Makasar menuju kota dunia. Nah bapak kan sudah liat kota-kota dunia.

IDRIS.

Iyya.

ROSNA.

Sama nggak dengan Makassar.

RIRIN.

Ya anak kecil juga tau kalau nggak sama. Jauuuuuh. Kayak nggak pernah nonton TV aja.

PENONTON.

Makanya nonton Celebes TV ada tuuuh.

RIRIN.

Tuh penonton aja tau.

IDRIS.

Jauh beda lah. Kebersihannya, bangunannya, sarana dan prasarananya.(membandingkan kota kota dunia yang dikunjunginya dengan makassar)

ROSNA.

Kalau gitu apanya dong yang sama.

JURAGAN ACO.

Kesamaannya juga banyak. Terutama master plan kotanya,yang dirancang untuk mewujudkan makassar menjadi kota dunia,dan masyarakatnya menjadi masyarakat internasional.

Tiba-tiba seorang remaja berpakaian ala Punk masuk, penonton bertepuk tangan.

Ternyata anak muda itu masuk lalu keluar lagi tanpa ngomong apa-apa.

Semua pada bengong, penonton tepuk tangan.

Fade out.

COMMERCIAL BREAK. 5

SEGMENT 5 00:07:00

Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn,Han seng dan Idris.

Fade in.

Tepuk tangan penonton terdengar riuh.

Perdebatan antara Juragan Jacky dan Idris yang optimis melawan Ririn dan Rosna yang keritis,ditimpali oleh Hangseng terus berlanjut.

RIRIN.

Saya mau tanya.

IDRIS.

Tanya apa ?

RIRIN.

Saya liat di TV.

PENONTON.

Di Celebes TV yah ?

RIRIN.

Iyya dong masa iyya deh.

Semua tertawa.

RIRIN.

Gini, saya liat di TV. Banyak kota besar dunia, bangunan-bangunannya justeru bangunan lama.terutama di eropa,turki dan banyak lagi kota dunia lainnya.

IDRIS.

Iyya, banyak kota besar dunia daya tariknya karena bangunan-bangunan kunonya.(menjelaskan kota kota kuno yg diliatnya tapi terpelihara dengan baik,bangunan kuno dan bersejarah ada juga di makassar karena makassar sudah menjadi kota dunia di abad ke 16}

JURAGAN JACKY.

Iyya tuh, kayak di Roma, Belanda.

RIRIN.

Kenapa padeng di sini bangunan-bangun lama justeru tidak dipertahankan keberadaannya seperti di singapore ?.

Juragan Jacky dan Idris saling berpandangan.

Disini Ririn dan Rosna mengutarakan beberapa kebijakan pemerintah yang bertentangan dengan tujuan menyongsong Makasar jadi kota Dunia. (Idris dan Juragan Jacky lebih tau kebijakan tersebut membuat juragan Jacky dan Idris yang lebih tau tentang program Makasar menuju kota dunia ini bisa memberi penjelasan yang memuaskan .)

Fade out.

COMMERCIAL BREAK. 5

SEGMENT 6. 00:08:00 Menit.

Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn, Idris, Hanseng .

Fade in.

Penonton bertepuk tangan.idris kembali menjelaskan tentang prospek kota Maksar menjadi Kota Dunia. Ia menjelaskan panjang lebar tentang program pemerintah menuju Makasar jadi kota dunia. Pertanyaan dan tanggapan dari Ririn dan Rosna serta penonton terus berlanjut dan dijawab oleh Idris Patarai hingga akhirnya semuanya bisa faham. (Improvisasi)

Catatan.

Segment ini harus tetap dijaga agar berlansung dengan santai jangan sampai terkesan jadi serius. Pertanyaan dan celetukan lucu tetap ada untuk mencairkan suasana.

Harap temponya dijaga jangan sampai jadi lamban.

Fade out.

COMMERCIAL BREAK. 6

SEGMENT 7. 00:03:30

Fade in.

Lagu penutup oleh Idris Patarai, para penonton ikut bergoyang.

Rolling Title.

Sekian.

Explore posts in the same categories: TULISAN POPULAIR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: