JURAGAN JACKY 4.MITIGASI BENCANA

Judul Utama        : JURAGAN JACKY.

Sub Judul            : “PEROBAHAN IKLIM DAN MITIGASI BENCANA”

 

No PEMAIN PERAN COSTUME
1 Syahriar Tato lacoste Juragan Jacky Ala pelaut.
2 Disa prihantini kusuma Ririn Free
3 Fryzcha vias manurung Rosna. Free
4 Ir.H.Suprapto Budisantoso,Msc Bintang tamu Free.
5 Syahrir Patakaki Hanseng China kostum
7 Ria Amir Sinrang Cs Group cincang cincong Free
8 Dedy setiawan bojes pemusik Free
9 Tamu cafe Free

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Judul Utama        : JURAGAN JACKY.

Sub Judul            : “ perobahan iklim dan mitigasi bencana ”

 

SEGMENT 1(00.02.30)
  1. OPENING GRAFIS CAFE JURAGAN JACKY.
  2. TITLE

Fade out.

COMMERCIAL BREAK 1

SEGMENT 2 (00:08:00)

Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn.

Fade in.

Penonton bertepuk tangan.

Pemain musik memainkan sebuah lagu yang berhubungan dengan lingkungan, (Sebaiknya diaransir atau liriknya dirubah agar bisa mengundang tawa). Penonton bertepuk tangan.

Rosna sedang merapikan café. Muncul Juragan Jacky bercerita tentang pemanasan global dan perobahan iklim.kemudian menyanyikan lagu kemarau,Selesai menyanyi Juragan bertanya pada Penonton.

JURAGAN.

Penontooooon.

PENONTON.

Iyyeeeee.

JURAGAN.

Penontoooon.

PENONTON.

Iyyeeeeeeeeeeeeeeee.

JURAGAN.

Bagaimana kabar losari,tengereki bede ?

PENONTON

Iye juragan,longsorki jalan penghibur…

JURAGAN JACKY

Itu pengaruh pasang surut yang terlalu kuat mengisap pasir dan tanah….terjadi pengikisan terhadap tepi pantai yang dinamakan abrasi.

PENONTON

Iye juragan

ROSNA.

Sok tau mi seng juragan,..piti kana kanai miseng

JURAGAN JACKY.

Apa kau bilang.

ROSNA.

juragan sok tau,kayaknya tong kalau insinyur sipil ki

JURAGAN JACKY.

He ! menghinamu di, apa kau kira saya buta informasi, di televisi kan ada disiarkan.

PENONTON.

Di celebes TV toh juragan,,,,?

ROSNA.

Iya,tapi ditelevisi cuman bilang jalan penghibur longsor karena dibawahnya ada kanal tua peninggalan belanda.tidak ada bilang pengaruh abrasi

PENONTON.

Betuuuuul. ituuuuuu.

Ledek-ledekan ini boleh berlanjut (improvisasi) tapi harus dijaga jangan sampai jadi membosankan hingga terkesan lamban. Hingga akhirnya Juragan Jacky mengalihkan perhatian.

JURAGAN JACKY

Penonton !

PENONTON.

Iyyeeee Juragan.

JURAGAN JACKY.

Penontoooooon !!!

PENONTON.

Iyeeeeeeeeeeeeee juragan Jacky…!.

JURAGAN JACKY.

Bagaimana café baruku ? Café lagaligo.

ROSNA.

Café baru suasana baru,menu baru,yang penting karyawatinya jangan ikut baru?

JURAGAN JACKY.

memang kenapa ?

ROSNA.

Saya mau di kemanain.

JURAGAN JACKY.

Yang penting kamu rajin masuk dan melayani pengunjung,pasti dong tetap dipertahankan.

ROSNA.

Terimakasih juragan.

Penonton tertawa ikut meledek..

JURAGAN JACKY.

Sana benahi kafe dan siapkan makanan kapurung dan barobbo,sebentar lagi ada tamu khusus mau datang,teman lamaku.

ROSNA.

Baik boss,eee juragan???.

JURAGAN JACKY.

Jangan lupa bikinkan saya susu

ROSNA.

Pake es bos ?

JURAGAN JACKY.

Ndak lha ya,mau ko bikin cepat cammo ka???hahhayy

Penonton riuh meledek juragan Jacky.sementara Rosna membuat kopi sambil komentar.

ROSNA.

Kalau nggak pake “S’ berarti kopi uu dong juragan heheheheee.

JURAGAN JACKY.

Uu mu…sudah ah buruan, tidak usah banyak komentar.

Juragan Jacky membaca Koran ( dengan cara over)

JURAGAN JACKY.

Waaah ini baru berita ! pemanasan global menyebabkan perobahan iklim yang tak menentu.Kekeringan melanda diseluruh Negara dikawasan tropis, Dahsyat ! bencana alam dimana mana !!!

Rosna membawakan kopi.

ROSNA.

Segitu stressnya juragan bos, emangnya kenapa ?

JURAGAN JACKY.

La iyya dong,panen gagal gara gara padi puso,banyak daerah kekurangan bahan pangan.

Bisa juga okkot jadi iyya “don” sehingga jadi ledekan penonton dan Rosna. (Improvisasi).

JURAGAN JACKY.

Coba bayangkan kalau tanah menjadi gersang dan kering akibat pemanasan global dan perubahan iklim yang tak menentu,kota menjadi panas,masyarakatnya pasti koro koroang dan pabbambangan natolo.tawuran dan demo menjadi santapan keseharian,belom lagi kemacetan menyebabkan emisi karbon dari kendaraan menyebabkan udara kota tercemar. Woooooow lakeki mae andile.di musim hujan terjadi banjir dimana mana,ombak besar dan cuaca tak menentu,menyebabkan nelayan tidak melaut,terjadi longsor,erosi dan abrasi….takutkuu.

PENONTON.

Juragan kan sudah tua, mending bayangin aja kota Akherat !!!

Penonton tertawa meledek juragan Jacky.

ROSNA.

Kalau kota akherat tuh berarti jadi neraka semua dong hahahahahaayyy.

Penonton tertawa semakin riuh.

ROSNA.

Kalau menurut saya juragan bos, lebih bagus lagi kalau kota itu bukan Cuma jadi kota dunia, tapi jadi kota Dunia akherat.

JURAGAN JACKY.

Maksud lho cantik ?

ROSNA.

Yaaah disamping pembangunannya fisiknya bagus,juga keseimbangan lingkungan juga harus terjaga dengan hutan kota dan ruang terbuka hijau, pembangunan mental masyarakatnya juga diperhatikan juragan.juga kita menata pembangunan kita secara terencana mulai dari hulu kehilir

Penonton tepuk tangan tanda setuju.

JURAGAN JACKY.

Hebat juga otak lhu cantik,tapi gimana caranya?.

ROSNA.

Gini-gini kan saya Sarjana juragan bos. S1 planologi.

PENONTON.

Kalau juragan S berapa ?

JURAGAN JACKY.

Dia saja sudah S 1, jadi saya S poteng dong hahhayyy.

PENONTON.

Hebat doong.

ROSNA.

SD, SMP, SMA. Ya langsung S poteng hahahahahaaa

Penonton tertawa meledek.

JURAGAN JACKY.

Oke oke never mine,… boleh bilang begitu tapi kan saya punya anak buah Sarjana kan.

Ririn datang, penonton tepuk tangan.(lagu cindai)

 

Faede Out.

 

SEGMENT 3. 00 :08.00 menit

Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn, Suprapto budisantoso

Fade in.

Penonton Tepuk tangan.

Ririn yang baru datang langsung nyomot kue.

RIRIN.

Ngomongin apaan sih, keliatannya seru banget.(ngomong betawi tapi dialek makassar)

JURAGAN JACKY.

Ini, pappi baca dikoran berita tentang berita ‘perobahan iklim,bencana dan mitigasinya ‘.pemerintah propinsi sulawesi selatan telah mengantisipasinya dengan program program mulai dari hulu kehilir..

RIRIN.

Wallah,  ? Mimpi kali yeeeee…pannassai…

JURAGAN JACKY.

He jangan ngomong begitu, Tahu tidak ??…

Ririn langsung memotong.

RIRIN.

Nggak.

Penonton tertawa.

JURAGAN JACKY.

Yeeee Pappi belum ngomong sudah main nggak aja. Maksud saya, tau nggak kalau orang Amerika itu kebulan karena ikut-ikut orang makassar.

Ririn pura-pura memegang jidat bapaknya kayak memeriksa orang sakit.

RIRIN.

Ngigau pappi yah ? atau…lagi sakit…ingatan ?.

Penonton tertawa,ikut meledek juragan Jacky

JURAGAN JACKY.

Yaaa ini bukti nyata.

RIRIN.

Walllah, bohong banget.(logat jakartanya semakin okkot)

JURAGAN JACKY.

Musik !!!

Musik mengalun, Juragan menyanyikan lagu Battu ratema’ ri bulan. Dengan gayanya yang over. Penonton bertepuk tangan.

JURAGAN JACKY.

Apa ko, battu ratemi ribulang, maddencong rencong poeng.

Penonton tertawa semakin gaduh.

RIRIN.

Itu kan cuman lagu, cuman hayalan.

JURAGAN JACKY.

Iyya, tapi paling tidak kan kita berpikir jauh lebih dulu dibanding orang Amerika. Masalah jadi terwujud jadi kenyataan, itu masalah lain lagi. Sama dengan sekarang, yang penting ada niat dulu untuk membangun yang berwawasan lingkungan insya Allah bakal terwujud.

RIRIN.

Yang pasti, yang terwujud sekarang, Pembangunan kita tidak disertai dengan pembangunan lingkungan penyanggahnya,seperti hutan kota,jalur hijau dan taman kota ,dan bangunan bangunan mitigasinya kalau terjadi bencana,seperti pemecah gelombang dan membangun nya mulai dari hulu sampai kehilir…

PENONTON.

Iyya tuh,banyakmi juga yang membangun perumahan dengan menguruk kantong kantong air tempat resapan air hujan.

Penonton tertawa.

JURAGAN JACKY.

Saya bingung, kenapa sih semuanya cuman pada pintar ngeritik, kayak pemerintah tuh nggak ada bagus-bagusnya.

RIRIN.

Nah ini dia nih. Pappi, bukannya kita nih nggak mengakui keberhasilan pemerintah, ngakuin. Cuman kan kita juga harus mengungkap kegagalannya. Soalnya kalau semua memuji keberhasilan pemerintah, nanti mereka malah terlena, mereka merasa puas padahal masih banyak yang perlu diperhatikan.

JURAGAN JACKY.

Iyya tapi kesannya tuh pemerintah nggak ada bagus-bagusnya. Semua salah, semua gagal.sanging pacalla calla…

RIRIN.

Soalnya emang masih banyak salah, masih banyak yang perlu dibenahi apalagi kalau mau membangun berwawasan lingkungan mulai dari hulu kehilir,mulai dari kawasan lindung di DAS sampai kepada permukiman perkotaan didaerah hilir,semua harus direncanakan pembangunannya secara sistem,baik dataran tinggi,dataran rendah,laut pesisir dan pulau…

Pappi tuh ndak gampang, banyak persyaratannya.

JURAGAN JACKY.

Mau susah, mau banyak persyaratannya, asal kita punya niat, ada usaha, pasti bisa. kita disini bisa tonji….bagaimana penonton ?

(penonton riuh membenarkan,ada juga yg cuman mencibir).

Apa lagi sekarang pemerintah propinsi sudah mencanangkan itu, tinggal kita sebagai warga masyarakat ikut mendukungnya.Ya nggak penonton …. ???

PENONTON.

Iyyo tawwa,benar tawwa juragan bos

ROSNA.

Iyyoi mi natippa hahahahaha

Penonton tertawa riuh rendah.

Seorang tamu dengan pakaian batik(Suprapto) dengan topi laken menutupi sebagian wajahnya sehingga tidak jelas siapa, penonton tepuk tangan.bersamanya ikut haseng si taipang keddi.

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK 3

Segment 4 00 :08 :00 Menit.

Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn,Suprapto.Han Seng

Fade in.

Penonton bertepuk tangan.

Suprapto langsung duduk dengan wajah serius. diseram seramkan (mirip iklan indo mie jaman dulu).hanseng menaikkan korek api yg nyala tanda mau memesan makanan(kayak tong di tempat discotik)

SUPRAPTO.

Saya minta makanan yang paling enak !

Ia menggeprak meja. Ririn dan Rosna tampak ketakutan. Juragan Jacky tampak geram.

PENONTON.

Mallakiiii juragan jacky…..

JURAGAN JACKY.

Tidak ji bos, cuman kan ada istilah tamu ada lah raja. Jadiii biarkanmi, sabar ko hati berdebar ko jantung.

Penonton tertawa.

Rosna membawakan sop dengan tangan gemetar. Suprapto mencobanya mencobanya.

SUPRAPTO.

Nggak enaaaaaaak ! apa ini…… ????

Rosna dan Ririn makin ketakutan. Juragan Jacky memperhatikan tamunya itu namun Suprapto terus berusaha menutupi wajahnya. Juragan Jacky penasaran, ia menghampiri tamunya. Begitu Juragan Jacky dekat, suprapto lansung berdiri dan mengagetkannya, Juragan Jacky terpental. Suprapto membuka topinya sambil tertawa ngakak, Ririn dan Rosna legah, Juragan Jacky bangun sambil mendumel.

JURAGAN JACKY.

Suntili ! kirain siapa ? ternyata Pak Prapto, saya pikir kenapa ada ganster nyasar ke cafe saya.

Mereka berpelukan. Juragan jacky mengenalkan pada Ririn dan Rosna.

JURAGAN JACKY.

Ini teman saya namanya Pak Prapto yang ikut bertanggung jawab pada pembangunan di propinsi sulawesi Selatan,terutama pembangunan sumberdaya air,juga tentang pengendalian bencana dan daya rusak air.beliau kepala dinas PSDA pemprov sulsel.

Boleh ada celetukan dari Ririn ataupun Rosna juga penonton (Improvisasi)

JURAGAN JACKY

Dari mana ki baru kelihatan pak.

SUPRAPTO.

Biasaaa, habis jalan jalan keliling sulawesi selatan ,melihat kondisi kehidupan kita untuk dibuatkan perencanaan pembangunannya dibidang pembangunan sumberdaya air .

Boleh ada celetukan dari Ririn ataupun Rosna juga penonton (Improvisasi)

JURAGAN JACKY.

Terus dari mana pakaian parlente ini.

SUPRAPTO.

Sengaja, mau nyaingin juragan jacky.

ROSNA.

O yah, tadi katanya baru keliling keliling.

SUPRAPTO.

Iyya, kenapa ?

ROSNA.

Nggak, tadi kan disini kita bicara soal tanah dan air yang mulai gersang dan kering gara gara pemanasan global dan perobahan iklim.

SUPRAPTO.

Iyya.kenapa

ROSNA.

Kenapa terjadi pemanasan global,perobahan iklim,yang ujung ujungnya bencana .

RIRIN.

Ya kak Rosna bertanya. Kayak nggak pernah nonton TV aja.

PENONTON.

Makanya nonton Celebes TV ada tuuuh.

RIRIN.

Tuh penonton aja tau.

SUPRAPTO.

Ya itulah,kelihatannya pembangunan di negara kita ini sangat pesat dibandingkan kemampuan kita untuk mengendalikan pembangunan secara terencana dan berwawasan lingkungan ( menjelaskan konsep pembangunan dari hulu ke hilir yang berwawasan lingkungan.bangunan pengendali bencana terkadang dilupakan)

ROSNA.

Jadi bagaimana caranya kita melakukan mitigasi bencana itu.

SUPRAPTO.

Terutama kita harus merujuk Masterplan kota nya.cuman kita tidak konsisten tentang pembangunannya yang terkadang menabrak tataruangnya(menjelaskan tentang banyak kota yang tidak perduli tentang hutan kota dan ruang terbuka hijaunya,padahal pepohonan mengatur siklus air dan tataguna air,juga iklim}

Tiba-tiba seorang remaja berpakaian funbike masuk, penonton bertepuk tangan.

Ternyata anak muda itu masuk lalu keluar lagi tanpa ngomong apa-apa.

Semua pada bengong, penonton tepuk tangan.

Fade out.

COMMERCIAL BREAK. 5

SEGMENT 5 00:07:00

Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn, Suprapto,Han seng dan tamu.

Fade in.

Tepuk tangan penonton terdengar riuh.

Perdebatan antara Juragan Jacky dan Suprapto yang optimis melawan Ririn dan Rosna yang keritis,ditimpali oleh Hangseng terus berlanjut.

RIRIN.

Saya mau tanya.

SUPRAPTO.

Tanya apa ?

RIRIN.

Saya liat di TV.

PENONTON.

Di Celebes TV yah ?

RIRIN.

Iyya dong masa iyya deh.

Semua tertawa.

RIRIN.

Gini, saya liat di TV. Banyak negara yg sudah maju,seringkali juga kewalahan menghadapi bencana,contohnya tsunami di jepang,apa mereka tidak membangun bangunan untuk keperluan mitigasi bencana ?

SUPRAPTO.

Iyya, banyak negara sudah menerapkan bangunan pengendali bencana,terutama daya rusak akhir,tetapi kelemahannya juga ada kalau menghadapi bencana seperti tsunami ini(menjelaskan kondisi negara maju dan di indonesia terhadap pengendalian bencana alam)

JURAGAN JACKY.

Iyya tuh, kayaknya kita di Indonesia terlambat menerapkan pembangunan berwawasan lingkungan dan mitigasi bencana.

RIRIN,ROSNA,DAN PENONTON

Menjejali pak prapto dengan banyak pertanyaan sesuai topik ( berkembang saat latihan hari H-1).

Juragan Jacky dan Suprapto saling berpandangan.

JUARAGAN JACKY, SUPRAPTO.

Iyya yah.

Disini Ririn dan Rosna mengutarakan beberapa kebijakan pemerintah yang bertentangan dengan tujuan membangun yang berwawasan lingkungan. (Suprapto dan Juragan Jacky lebih tau kebijakan tersebut membuat juragan Jacky dan Suprapto kelabakan menjawabnya, hingga akhirnya Suprapto menelpon temannya yang lebih tau tentang program pembangunan berwawasan lingkungan ).

beberapa tamu yang berpakaian rapi muncul, penonton bertepuk tangan.

Fade out.

COMMERCIAL BREAK. 5

SEGMENT 6. 00:08:00 Menit.

Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn, Suprapto, Hanseng dan tamu).

Fade in.

Penonton bertepuk tangan. tamu menjelaskan tentang pembangunan berwawasan lingkungan untuk memproteksi secara dini dari perubahan iklim. Ia menjelaskan panjang lebar tentang program pemerintah tetntang pembangunan yang berwawasan lingkungan. Pertanyaan dan tanggapan dari Ririn dan Rosna serta penonton terus berlanjut dan dijawab oleh Suprapto dan tamu hingga akhirnya semuanya bisa faham. (Improvisasi)

Catatan.

Segment ini harus tetap dijaga agar berlansung dengan santai jangan sampai terkesan jadi serius. Pertanyaan dan celetukan lucu tetap ada untuk mencairkan suasana.

Harap temponya dijaga jangan sampai jadi lamban.siapkan pak prapto menyanyikan 2 lagu disela hangatnya diskusi.

Fade out.

COMMERCIAL BREAK. 6

SEGMENT 7. 00:03:30

Fade in.

Lagu penutup oleh Suprapto, para penonton ikut bergoyang.

Rolling Title.

Sekian.

Explore posts in the same categories: TULISAN POPULAIR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: