JURAGAN JACKY 6. INDUSTRIALISASI PARIWISATA

Judul Utama        : JURAGAN JACKY.

Sub Judul            : “INDUSTRIALISASI PARAWISATA.

Topik                           : pendidikan wisata menuju kota dunia.

No PEMAIN PERAN COSTUME
1 Syahriar Tato lacoste Juragan Jacky Ala pelaut.
2 Disa prihantini kusuma Ririn Free
3 Fryzcha vias manurung Rosna. Free
4 Penggiat pariwisata Tamu Jacked kulit.
5 Syahrir Patakaki Hanseng China kostum
7 Ria Amir Sinrang Cs Group cincang cincong Free
8 Dedy setiawan bojes pemusik Free
9 Ketua yayasan pendidikan tamalatea Rachmat haris Free
10 wisatawan Wisatawan Free

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Judul Utama        : JURAGAN JACKY.

Sub Judul            :   INDUSTRIALISASI PARIWISATA.

 

SEGMENT 1(00.02.30)
  1. OPENING GRAFIS CAFE JURAGAN JACKY.
  2. TITLE

Fade out.

COMMERCIAL BREAK 1

SEGMENT 2 (00:08:00)

Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn.penggiat wisata,wisatawan

Fade in.

Penonton bertepuk tangan.

Pemain musik memainkan sebuah lagu yang berhubungan dengan kepariwisataan (Sebaiknya diaransir atau liriknya dirubah agar bisa mengundang tawa). Penonton bertepuk tangan.beberapa tamu rombongan ketua yayasan tamalatea dan kadis pariwisata memadati kafe.

Rosna sedang merapikan café sambil menyanyikan lagu. Muncul Juragan Jacky sambil menyanyi duet dengan rosna,gayanya kayak orang kasmaran.maklum duda mantan pelaut lagi.

Selesai menyanyi Juragan bertanya pada Penonton.

JURAGAN.

Penontooooon.

PENONTON.

Iyyeeeee.

JURAGAN.

Penontoooon.

PENONTON.

Iyyeeeeeeeeeeeeeeee.

JURAGAN.

Bagaimana suara saya tadi., mantap kan ?

PENONTON

Mantap mentong…

JURAGAN JACKY

Mantap mentong,itu Djafar Sodding….

Kalau Juragan Jacky,…wouw keren mek…hahahayyy

PENONTON

Wouw keren mek hahahhayyy

ROSNA.

Mantap, cocok sekali jadi pemandu wisata

JURAGAN JACKY.

Apa kau bilang….pemandu wisata?eleleee ndak kerennya…

ROSNA.

Saya bilang suara juragan jacky kaya pemandu wisata krn bahasa inggrisnya bagus toh

JURAGAN JACKY.

He,nda kerennya deh, juragan jacky jadi pemandu wisata?, kalau rekaman tuh baru ada hubungan. Atau jadi penyiar di Celebes TV ahhh itu baru keren.

KADIS/KETUA YAYASAN

Pemandu wisata juga keren,bahasa inggrisnya bagus dan penampilan keren krn mengikuti mode internasional(mereka menjelaskan pentingnya pemandu wisata dalam memperkenalkan wisata sulawesi selatan,dan alumni stipar tamalatea dididik untuk itu)

PENONTON.

Betuuuuul. ituuuuuu.(penonton bertanya tentang kepariwisataan kepada kadis/ketua yayasan

(improvisasi) tapi harus dijaga jangan sampai jadi membosankan hingga terkesan lamban. Hingga akhirnya Juragan Jacky mengalihkan perhatian.

JURAGAN JACKY

Penonton !

PENONTON.

Iyyeeee Juragan.

JURAGAN JACKY.

Penontoooooon !!!

PENONTON.

Iyeeeeeeeeeeeeee juragan Jacky…!.

JURAGAN JACKY.

Bagaimana kalau kita minta pak kadis dan pak ketua yayasan menyanyi.karena nyanyi dan musik adalah bagian dari daya tarik wisata

ROSNA.

Setuju, setuju.lagu daerah kita juga banyak yg enak didengar ..

JURAGAN JACKY.

memang kenapa kalau lagu barat ?

ROSNA.

Kayaknya mereka sudah bosan mendengarkan lagu barat dinegerinya.

JURAGAN JACKY.

Jadi tamu kita ini kita minta menyanyikan lagu daerah sebagai bagian dari promosi wisata

PENONTON.

Wouuuw keren mek kalau tamu tamu pariwisata bisa menyanyikan lagu lagu daerah…

ROSNA.

Musik……

Para tamu bernyanyi,penonton berjoget.

JURAGAN JACKY.

tadi saya baca berita ! Lovely desember di toraja.juga wisata laut di takabonerate Dahsyat ! Muantaph, keren abis mek !!! ini lagi ada komentar tentang sepak terjang para penggiat wisata selama empat tahun terakhir untuk mengembangkan daerah tujuan wisata di Sulawesi selatan…..wouuuwww keren meck

Rosna membawakan kopi.

ROSNA.

Segitu senangnya juragan bos, emangnya kenapa ?

JURAGAN JACKY.

La iyya dong

Bisa juga okkot jadi iyya “don” sehingga jadi ledekan penonton dan Rosna. (Improvisasi).

JURAGAN JACKY.

Coba bayangkan kalau Sulawesi selatan menjadi daerah tujuan wisata. Woooooow keren mek hahhayy

PENONTON.

Juragan , mending bayangin aja Sulawesi selatan jadi wilayah yang keras dan panas !!!dimana mana berita tentang kekerasan di sulawesi selatan,mana wisatawan mau kesini,tidak aman bede..

Penonton tertawa meledek juragan Jacky.

ROSNA.

Kalau wilayah keras dan panas berarti jadi hidup seperti di neraka dong kali dong hahahahahaayyy.

Penonton tertawa semakin riuh.

ROSNA.

Kalau menurut saya kak jalling,,,ee juragan jacky, lebih keren lagi kalau Sulawesi Selatan itu bukan Cuma jadi daerah tujuan wisata, tapi jadi wilayah yang masyarakatnya sejahtera lahir dan bathin .

JURAGAN JACKY.

Maksud lho cantik ?

ROSNA.

Yaaah disamping pembangunannya fisiknya menuju kawasan industrialisasi kepariwisataan , juga pembangunan mentalnya,agar masyarakatnya siap untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi tamu tamunya juragan.

Penonton tepuk tangan tanda setuju.

JURAGAN JACKY.

Hebat juga otak lhu cantik,tapi gimana caranya?.

ROSNA.

Gini-gini kan saya Sarjana juragan bos. S1 pariwisata .

PENONTON.

Kalau juragan S berapa ?

JURAGAN JACKY.

Dia saja sudah S 1, jadi saya S poteng dong hahhayyy.

PENONTON.

Hebat doong.

ROSNA.

SD, SMP, SMA. Ya langsung S poteng hahahahahaaa

Penonton tertawa meledek.

Ririn datang, penonton tepuk tangan.(lagu cindai}

 

Faede Out.

 

SEGMENT 3. 00 :08.00 menit

Pemain: Juragan Jacky, Rosna, para penggiat wisata

Fade in.

Penonton Tepuk tangan.

Ririn yang baru datang langsung nyomot kue.

RIRIN.

Ngomongin apaan sih, keliatannya seru banget.(ngomong betawi tapi dialek makassar)

JURAGAN JACKY.

Ini, pappi tanya tanya sama para penggiat wisata tentang berita ‘love desember di toraja ‘.menjadi tujuan wisata touris mancanegara…

RIRIN.

Wallah, Sulawesi Selatan menjadi daerah tujuan wisata ? Mimpi kali yeeeee…pannassai…

JURAGAN JACKY.

He jangan ngomong begitu, Tahu tidak ??…

Ririn langsung memotong.

RIRIN.

Nggak.

Penonton tertawa.

JURAGAN JACKY.

Yeeee Pappi belum ngomong sudah main nggak aja. Maksud saya, tau nggak kalau orang Singapura itu putih putih dan cantik.

Ririn kayak orang ngambek,penonton mengompori ririn.

RIRIN.

Pappi setua ini masih saja gleter meck,nda kerennya ?.

Penonton tertawa,ikut meledek juragan Jacky

JURAGAN JACKY.

Yaaa ini bukti nyata.

RIRIN.

Walllah, bohong banget.(logat jakartanya semakin okkot)

JURAGAN JACKY.

Musik !!!

Musik mengalun, Juragan menyanyikan lagu ma’rencong rencong . Dengan gayanya yang over. Penonton bertepuk tangan.

JURAGAN JACKY

Mereka putih putih dan cantik karena kotanya bersih hijau dan bebas asap rokok.dan menjadi wisata kota yang menarik.

Penonton tertawa semakin gaduh.ada yang setuju ada yang tidak.

RIRIN

Itu kan cuman teori, cuman hayalan.

JURAGAN JACKY.

Iyya, tapi paling tidak kan kita berpikir jauh atau meniru kota kota lain dalam program industrialisasi kepariwisataan. Masalah jadi terwujud jadi kenyataan, itu masalah lain lagi. Sama dengan sekarang, yang penting ada niat dulu jadi tujuan wisata, insya Allah bakal terwujud.

RIRIN.

Yang pasti, yang terwujud sekarang, sulawesi selatan itu jadi tempat demo, tawuran antar pelajar,mahasiswa dan kelompok masyarakat , macet, dan panas .Ndak kerennya deh hehehehe

PENONTON.

Iyya tuh,banyakmi wisatawan malas datang karena rasa amannya tidak terjamin,mereka kan bisa liat di pemberitaan di media cetak dan televisi .

Penonton tertawa.

JURAGAN JACKY.

Saya bingung, kenapa sih semuanya cuman pada pintar ngeritik, kayak pemerintah tuh nggak ada bagus-bagusnya.kan tanggung jawab itu bukan hanya pemerintah,warga pun ikut bertanggung jawab,itu baru keren mek…

RIRIN.

Nah ini dia nih. Pappi, bukannya kita nih nggak mengakui keberhasilan pemerintah, ngakuin. Cuman kan kita juga harus mengungkap kegagalannya. Soalnya kalau semua memuji keberhasilan pemerintah, nanti mereka malah terlena, mereka merasa puas padahal masih banyak yang perlu diperhatikan.

JURAGAN JACKY.

Iyya tapi kesannya tuh pemerintah nggak ada bagus-bagusnya. Semua salah, semua gagal.sanging pacalla calla…

RIRIN.

Soalnya emang masih banyak salah, masih banyak yang perlu dibenahi apalagi kalau mau jadi daerah tujuan wisata wwwwwowwwww

Pappi jadi daerah tujuan wisata tuh ndak gampang, banyak persyaratannya.

JURAGAN JACKY.

Mau susah, mau banyak persyaratannya, asal kita punya niat, ada usaha, pasti bisa. Sulawesi selatan bisa tonji….bagaimana penonton ?

(penonton riuh membenarkan,ada juga yg cuman mencibir).

Apa lagi sekarang pemerintah sulawesi selatan sudah mencanangkan itu, tinggal kita sebagai warga masyarakat ikut mendukungnya.Ya nggak penonton …. ???

PENONTON.

Iyyo tawwa,benar tawwa juragan bos

ROSNA.

Iyyoi mi natippa hahahahaha

Penonton tertawa riuh rendah.

Seorang tamu dengan pakaian parlente dengan assesoris gemerlap memasuki cafe sambil menyanyikan lagu ridho Irama, penonton tepuk tangan.bersamanya ikut haseng si taipang keddi.

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK 3

Segment 4 00 :08 :00 Menit.

Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn, Han Seng,para penggiat wisata.

Fade in.

Penonton bertepuk tangan.

Ridho langsung duduk.hanseng menaikkan korek api yang nyala tanda mau memesan makanan(kayak tong di tempat discotik)

WISATA 1.

Saya minta makanan yang paling enak ! dan minuman non alkohol,kenapa disini banyak menjual minuman keras……

Ia menggeprak meja. Ririn dan Rosna tampak ketakutan. Juragan Jacky tampak geram.

PENONTON.

Mallakiiii juragan jacky…..

JURAGAN JACKY.

Tidak ji bos, cuman kan ada istilah tamu ada lah raja. Jadiii biarkanmi, sabar ko hati berdebar ko jantung.

Penonton tertawa.

Rosna membawakan makanan dengan tangan gemetar. Wisata 1 mencobanya.

WISATA 1.

Nggak enaaaaaaaaaak ! apa ini…… ????

Rosna dan Ririn makin ketakutan. Juragan Jacky memperhatikan tamunya itu. Juragan Jacky penasaran, ia menghampiri tamunya. Begitu Juragan Jacky dekat, Ridho langsung berdiri dan mengagetkannya, Juragan Jacky terpental. Ridho sambil tertawa ngakak, Ririn dan Rosna legah, Juragan Jacky bangun sambil mendumel.

JURAGAN JACKY.

Suntili ! kirain siapa ? nakut nakutin saja, saya pikir kenapa ada preman neces ke cafe saya.

Wisata 1 tertawa. Mereka berpelukan. Juragan jacky mengenalkan pada Ririn dan Rosna.

JURAGAN JACKY.

Ini teman saya,tokoh pendidikan kota makassar.dia pendidik sukses yang punya kepedulian besar terhadap kepariwisataan,keren mentong tawwa.

Boleh ada celetukan dari Ririn ataupun Rosna juga penonton (Improvisasi)

JURAGAN JACKY.

Dari mana ki baru kelihatan pak.

WISATA 1.

Biasaaa, habis jalan jalan keliling dunia,melihat kemajuan program industrialisasi kepariwisataan dunia(menjelaskan program industrialisasi pariwisata secara internasional,nasional dan daerah serta hubungannya dengan pendidikan kepariwisataan).

Boleh ada celetukan dari Ririn ataupun Rosna juga penonton (Improvisasi)

JURAGAN JACKY.

Terus dari mana pakaian ganster begini.

WISATA 1..

Sengaja, mau nyaingin juragan jacky.

ROSNA.

O yah, tadi katanya baru keliling dunia.

WISATA 1.

Iyya, kenapa ?

ROSNA.

Nggak, tadi kan disini kita bicara soal lovely desember. Nah bapak kan sudah liat kota-kota dunia.termasuk singapore

RIDHO.

Iyya.

ROSNA.

Sama nggak dengan Makasar.

RIRIN.

Ya anak kecil juga tau kalau nggak sama. Jauuuuuh. Kayak nggak pernah nonton TV aja.

PENONTON.

Makanya nonton Celebes TV ada tuuuh.

RIRIN.

Tuh penonton aja tau.

WISATA.

Jauh beda lah. Kebersihannya, bangunannya, sarana dan prasarananya. Hutan kotanya(membandingkan kota kota dunia yang dikunjunginya dengan makassar)

ROSNA.

Kalau gitu apanya dong yang sama.

WISATA 1.

Kesamaannya juga banyak. Terutama peran serta warganya.

Ririn melihat keluar.

RIRIN.

Tuh ada pemandu wisata datang.

Tiba-tiba seorang remaja berpakaian ala touris masuk, penonton bertepuk tangan.

Ternyata anak muda itu masuk lalu keluar lagi tanpa ngomong apa-apa.

Semua pada bengong, penonton tepuk tangan.

Fade out.

COMMERCIAL BREAK. 5

SEGMENT 5 00:07:00

Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn,Han seng .para penggiat wisata

Fade in.

Tepuk tangan penonton terdengar riuh.

Perdebatan antara Juragan Jacky dan para penggiat wisata yang optimis melawan Ririn dan Rosna yang keritis,ditimpali oleh Hangseng terus berlanjut.

RIRIN.

Saya mau tanya.

WISATA 1.

Tanya apa ?

RIRIN.

Saya liat di TV.

PENONTON.

Di Celebes TV yah ?

RIRIN.

Iyya dong masa iyya deh.

Semua tertawa.

RIRIN.

Gini, saya liat di TV. Banyak kota besar dunia, bangunan-bangunannya justeru sebagian besar luas kotanya terdiri dari hutan kota dan taman kota,kawasan kota bebas asap rokok,seperti di singapore dan banyak lagi kota dunia lainnya.

WISATA 1..

Iyya, banyak kota besar dunia daya tarik wisatanya karena bersih dan hijaunya.(menjelaskan kota kota yg diliatnya tapi terpelihara dengan baik}

JURAGAN JACKY.

Iyya tuh, kalau makassar bisa menciptakan kota yang clean and green…wouuuww keren meck.

RIRIN.

Kenapa padeng di sini orang buang sampah sembarang tempat,hutan kotanya tidak ada,dan knalpot kendaraan yang asapnya hitam mencemari udara.terutama kalau lagi macet,apalagi sering tawuran dan demo

Juragan Jacky dan Wisata 1 saling berpandangan.

JUARAGAN JACKY.

Iyya yah.

Disini Ririn dan Rosna mengutarakan beberapa kebijakan pemerintah yang bertentangan dengan tujuan menyongsong Sulawesi Selatan sebagai daerah tujuan wisata. (Para penggiat wisata dan Juragan Jacky lebih tau kebijakan tersebut membuat perdebatan semakin seru).

Fade out.

COMMERCIAL BREAK. 5

SEGMENT 6. 00:08:00 Menit.

Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn,Para penggiat wisata, Hanseng .

Fade in.

Penonton bertepuk tangan.para penggiat wisata menjelaskan tentang prospek Sulawesi Selatan menjadi daerah tujuan wisata. Ia menjelaskan panjang lebar tentang program DTW. Pertanyaan dan tanggapan dari Ririn dan Rosna serta penonton terus berlanjut dan dijawab oleh Para penggiat hingga akhirnya semuanya bisa faham. (Improvisasi)

Catatan.

Segment ini harus tetap dijaga agar berlansung dengan santai jangan sampai terkesan jadi serius. Pertanyaan dan celetukan lucu tetap ada untuk mencairkan suasana.

Harap temponya dijaga jangan sampai jadi lamban.

Fade out.

COMMERCIAL BREAK. 6

SEGMENT 7. 00:03:30

Fade in.

Lagu penutup oleh juragan jacky, para penonton ikut bergoyang.

Rolling Title.

Sekian.

Explore posts in the same categories: TULISAN POPULAIR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: