SERIAL 1. JURAGAN JACKY

Judul Utama : JURAGAN JACKY.
Sub Judul : PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Sutradara/scenario : SYAHRIAR TATO. .

SEGMENT 1(00.02.30)
01. OPENING GRAFIS CAFE JURAGAN JACKY.
02. TITLE

Fade out.

COMMERCIAL BREAK 1

SEGMENT 2 (00:08:00)
Pemain: Juragan Jacky, Rosna, tante ria.

Fade in.

Penonton bertepuk tangan.
Pemain musik memainkan sebuah lagu yang berhubungan dengan pendidikan anak anak (Sebaiknya diaransir atau liriknya dirubah agar bisa mengundang tawa). Penonton bertepuk tangan.
Rosna sedang merapikan café sambil menyanyikan lagu. Muncul Juragan Jacky sambil menggoda rosna.

Selesai Rosna menyanyi Juragan bertanya pada Penonton.

JURAGAN.
Penontooooon.

PENONTON.
Iyyeeeee.

JURAGAN.
Penontoooon.

PENONTON.
Iyyeeeeeeeeeeeeeeee.

JURAGAN.
Bagaimana suara Rosna tadi, mantap kan ?

PENONTON
Mantap mentong…

JURAGAN JACKY
Mantap mentong,itu Djafar Sodding….
Kalau adik Rosna,…wouw keren mek…hahahayyy

PENONTON
Wouw keren mek hahahhayyy

ROSNA.
Mantap, cocok sekali jadi guru play group

JURAGAN JACKY.
Apa kau bilang, guru play group? eleleee ndak kerennya…

ROSNA.
Saya bilang suara juragan jalling juga bagus, cocok jadi guru TK

JURAGAN JACKY.
He ! menghinamu di, jalling jalling,nda kerennya deh, apa hubungannya suara bagusnya juragan jacky guru TK?emangnya suaraku mau diobral?, kalau rekaman tuh baru ada hubungan. Atau jadi penyiar di Celebes TV ahhh itu baru keren… ya ndak penonton.

PENONTON.
Ndaaaaaaak hahahahhaa

-penonton ramai meledek

ROSNA.
Guru TK juga ada hubungannya, kan banyak anak anak yang suaranya bagus bagus?kalau dibina sejak dini,bisa jadi penyanyi yg professor. Yang tidak nyambung tuh kalau saya bilang suara juragan bagus cocok jadi anak jalanan yang suka appalapala di perempatan jalan,tambah bikin macet jalanan. Betul nggak penonton.

PENONTON.
Betuuuuul. ituuuuuu.

Ledek-ledekan ini boleh berlanjut (improvisasi) tapi harus dijaga jangan sampai jadi membosankan hingga terkesan lamban. Hingga akhirnya Juragan Jacky mengalihkan perhatian.

JURAGAN JACKY
Penonton !

PENONTON.
Iyyeeee Juragan.

JURAGAN JACKY.
Penontoooooon !!!

PENONTON.
Iyeeeeeeeeeeeeee juragan Jacky…!.

JURAGAN JACKY.
Bagaimana kafe om jacky saya keren kan ? kafe Om Jacky.

ROSNA.
Kok kafe Om Jacky sih juragan bos.?

JURAGAN JACKY.
memang kenapa ?

ROSNA.
Kayak nama playboy?.

JURAGAN JACKY.
, keren kan?

PENONTON.
Wouuuw keren mek

ROSNA.
Anjing tetangga saya namanya Jacky.

Penonton tertawa ikut meledek.

ROSNA.
Om Jacky itu siapa juragan bos.

JURAGAN JACKY.
Ya saya toh cantik hahhayy.

ROSNA.
Kan nama bos, Daeng Jalling???.

JURAGAN JACKY.
Hus !!!! Jangan ko buka rahasia, permak sedikit kenapa sih

ROSNA.
Oooh ceritanya biar keren, nama Daeng Jalling diganti jadi Jacky. Tapi ingat boss, kalau ganti nama harus ada kesepakatan keluarga?

JURAGAN JACKY.
Ah cerewet lu ah. Mana Koran.

Rosna mengambil Koran sambil bertanya.

ROSNA.
Emang bisa baca ?

JURAGAN JACKY.
Sambarang na ini anak. Gini-gini gue tuh saya alumni IKIP Makassar,sekarang ganti merk,UNM , sudah keliling dunia,sudah injak injak banyak kota dunia,masa baca aja nggak bisa ?.

ROSNA.
Siapa tau, saya kan cuman nanya.

JURAGAN JACKY.
Iya,tapi nanya jangan sampai bikin sewot.Bikinin kopi susu.

ROSNA.
Pake es bos ?

JURAGAN JACKY.
Ndak lha ya,mau ko bikin cepat cammo ka???hahhayy

Penonton riuh meledek juragan Jacky.sementara Rosna membuat kopi sambil komentar.

ROSNA.
Kalau nggak pake “S’ berarti kopi uu dong juragan heheheheee.

JURAGAN JACKY.
Uu mu…sudah ah buruan, tidak usah banyak komentar.

Juragan Jacky membaca Koran ( dengan cara over)

JURAGAN JACKY.
Waaah ini baru berita ! PUAD,Pendidikan anak Usia Dini.belajar sambil bermain diusia dini. Dahsyat ! Muantaph, keren abis mek !!! ini lagi ada komentar tentang sepak terjang Prof.aries Munandar dan kerjasamanya dengan beberapa sekolah yg memprogramkan PAUD ,semacam kegiatan yg memprogramkan pendidikan sejak usia dini dengan belajar mengenal lingkungannya sambil bermain…..wouuuwww keren meck,dahsyat.

Rosna membawakan kopi.

ROSNA.
Segitu senangnya juragan bos, emangnya kenapa ?

JURAGAN JACKY.
La iyya dong

Bisa juga okkot jadi iyya “don” sehingga jadi ledekan penonton dan Rosna. (Improvisasi).

JURAGAN JACKY.
Coba bayangkan kalau anak anak kita bisa belajar diusia dini sambil bermain dan rekreasi mengenal kehidupan dikota kota besar dunia maupun lingkungannya sejak dini,Insya Allah akan terbentuk generasi bangsa yang cendekia dan berjatidiri. Woooooow keren mek hahhayy

PENONTON.
Juragan , mending bayangin aja Sulawesi selatan jadi wilayah yang keras dan panas,wilayah yang masyarakatnya yang kehilangan jatidirinya !!!

Penonton tertawa meledek juragan Jacky.

ROSNA.
Kalau wilayah keras dan panas berarti jadi hidup seperti di neraka dong kali dong hahahahahaayyy.

Penonton tertawa semakin riuh.

ROSNA.
Kalau menurut saya kak jalling,,,ee juragan jacky, lebih keren lagi kalau masyarakat Sulawesi Selatan itu bukan Cuma jadi daerah yang terkemuka,tapi daerah yang berbudaya dan berjatidiri, wilayah yang masyarakatnya sejahtera lahir dan bathin .

JURAGAN JACKY.
Maksud lho cantik ?

ROSNA.
Yaaah disamping pembangunannya fisiknya yang maju dan mendunia , juga pembangunan mentalnya,agar masyarakatnya siap untuk menjadi masyarakat dunia yang berjatidiri Indonesia dimasa depan, juragan.ya tentu dimulai dengan pendidikan generasi bangsa yg dimulai sejak usia dini.

Penonton tepuk tangan tanda setuju.

JURAGAN JACKY.
Hebat juga otak lhu cantik,tapi gimana caranya?.

ROSNA.
Gini-gini kan saya Sarjana juragan bos. S1 pendidikan di UNM.

PENONTON.
Kalau juragan S berapa ?

JURAGAN JACKY.
Dia saja sudah S 1, jadi saya S tontong dong hahhayyy.

PENONTON.
Hebat doong.

ROSNA.
SD, SMP, SMA. Ya langsung S tontong hahahahahaaa

Penonton tertawa meledek.

Faede Out.

SEGMENT 3. 00 :08.00 menit
Pemain: Juragan Jacky, Rosna, tante Ria dan Prof Aries Munandar.

Fade in..

RIA.
Ngomongin apaan sih, keliatannya seru banget.(ngomong betawi tapi dialek makassar)

JURAGAN JACKY.
Ini, saya baca dikoran berita tentang berita ‘PAUD, anak anak belajar dan bermain sejak usia dini …

RIA.
Wallah, kan sudah banyak TK, play group dan tempat lainnya seperti transstudio ? Mimpi kali yeeeee…pannassai…

JURAGAN JACKY.
He jangan ngomong begitu, Tahu tidak ??…

RIA langsung memotong.

RIA.
Nggak.

Penonton tertawa.

JURAGAN JACKY.
Yeeee Saya belum ngomongsudah main nggak aja. Maksud saya, tau nggak kalau anak anak orang jepang itu cerdas cerdas dan kreatif dan percaya diri yg tinggi

Penonton setuju pernyataan juragan.

JURAGAN JACKY.
Yaaa ini bukti nyata.

RIA.
Walllah, bohong banget.nda percaya ka saya

JURAGAN JACKY.
Musik !!!

Musik mengalun, Juragan menyanyikan lagu bis sekolah nya kusplus . Dengan gayanya yang over. Penonton bertepuk tangan.

JURAGAN JACKY
Mereka bisa menciptakan robot robot permainan sejak masih usia belasan tahun,karena kemampuan mereka mengenal alam dan teknogi sejak usia dini.itu karena anak anaknya terdidik mengenal kehidupan dan lingkungannya sejak dini,disana ada tokyo disneyland dengan skala yang lebih besar,di setiap kota ada tempat seperti play group dan taman bermain tempat mereka belajar kehidupan sejak dini,disiplin dibangun lebih awal,seperti diajari membuang sampah pada tempatnya.mereka diajari secara stimulasi bagaimana tidak panik kalau terjadi bahaya kebakaran misalnya.

Penonton tertawa semakin gaduh.ada yang setuju ada yang tidak.

RIA
Itu kan cuman teori, cuman hayalan.

JURAGAN JACKY.
Iyya, tapi paling tidak kan kita berpikir jauh atau meniru negara lain dalam program pembentukan jatidiri generasi bangsa. Masalah jadi terwujud jadi kenyataan, itu masalah lain lagi. Sama dengan sekarang, yang penting ada niat dulu, insya Allah bakal terwujud.

RIA.
Yang pasti, yang terwujud sekarang, sulawesi selatan itu jadi tempat demo, tawuran antar pelajar,mahasiswa dan kelompok masyarakat , macet, dan panas .Ndak kerennya deh hehehehe

PENONTON.
Iyya tuh,banyakmi wisatawan malas datang karena rasa amannya tidak terjamin,mereka kan bisa liat di pemberitaan di media cetak dan televisi .

Penonton tertawa.

JURAGAN JACKY.
Saya bingung, kenapa sih semuanya cuman pada pintar ngeritik, kayak pemerintah tuh nggak ada bagus-bagusnya.kan tanggung jawab itu bukan hanya pemerintah,warga pun ikut bertanggung jawab, nah contoh prof.aries munandar dengan model pendidikan anak Usia dini,itu baru keren mek…

RIA.
Nah ini dia nih. bukannya kita nih nggak mengakui keberhasilan pemerintah dalam program program pendidikannya, ngakuin. Cuman kan kita juga harus mengungkap kegagalannya. Soalnya kalau semua memuji keberhasilan pemerintah, nanti mereka malah terlena, mereka merasa puas padahal masih banyak yang perlu diperhatikan.

JURAGAN JACKY.
Iyya tapi kesannya tuh pemerintah nggak ada bagus-bagusnya. Semua salah, semua gagal.sanging pacalla calla…

RIA.
Soalnya emang masih banyak salah, masih banyak yang perlu dibenahi apalagi kalau mau jadi daerah dengan masyarakat setaraf masyarakat dunia wwwwwowwwww
jadi masyarakat dunia itu tidak gampang, banyak persyaratannya.

JURAGAN JACKY.
Mau susah, mau banyak persyaratannya, asal kita punya niat, ada usaha, pasti bisa. Sulawesi selatan bisa tonji….bagaimana penonton ?
(penonton riuh membenarkan,ada juga yg cuman mencibir).

Apa lagi sekarang pemerintah sulawesi selatan dan masyarakatnya sudah mencanangkan pendidikan gratis itu, tinggal kita sebagai warga masyarakat ikut mendukungnya.Ya nggak penonton …. ???

PENONTON.
Iyyo tawwa,benar tawwa juragan bos

ROSNA.
Iyyoi mi natippa hahahahaha

Penonton tertawa riuh rendah.

Seorang tamu dengan pakaian necis,Prof Aries Munandar memasuki cafe sambil menyanyikan lagu , penonton tepuk tangan.bersamanya ikut haseng si taipang keddi.

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK 3

Segment 4 00 :08 :00 Menit.
Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn,Prof Aries munandar.Han Seng

Fade in.

Penonton bertepuk tangan.
Prof aries munandar langsung duduk.hanseng menaikkan korek api yang nyala tanda mau memesan makanan(kayak tong di tempat discotik)

ARIES MUNANDAR.
Saya minta makanan yang paling enak ! dan minuman tradisional sarabba dan ubi goreng……

. Juragan Jacky tampak geram.masak kafe jual sarabba dan ubi goreng

PENONTON.
Mallakiiii juragan jacky…..

JURAGAN JACKY.
Tidak ji bos, cuman kan ada istilah tamu ada lah raja. Jadiii biarkanmi, sabar ko hati berdebar ko jantung.

Penonton tertawa.
Rosna membawakan makanan fastfood dengan tangan gemetar. Aries mencobanya.

ARIES.
Nggak enaaaaaaaaaak ! apa ini…… ????

Rosna dan Ria makin ketakutan. Juragan Jacky memperhatikan tamunya itu. Juragan Jacky penasaran, ia menghampiri tamunya. Begitu Juragan Jacky dekat, Aries langsung berdiri dan mengagetkannya, Juragan Jacky terpental.Aries sambil tertawa ngakak, Ria dan Rosna legah, Juragan Jacky bangun sambil mendumel.

JURAGAN JACKY.
Suntili ! kirain siapa ? Pak Prof mahaguru kita, nakut nakutin saja, saya pikir kenapa ada preman neces ke cafe saya.

Aries tertawa. Mereka berpelukan. Juragan jacky mengenalkan pada Ria dan Rosna.

JURAGAN JACKY.
Ini prof aries munandar,rektor UNM,pengurus ICMI korwil sulsel, sudah terkenal di Makasar ini sebagai penggagas pendidikan usia dini,pendidik sukses yang punya kepedulian besar terhadap pendidikan dan kebudayaan,keren mentong tawwa.

Boleh ada celetukan dari Ria ataupun Rosna juga penonton (Improvisasi)

JURAGAN JACKY.
Dari mana ki baru kelihatan pak prof.

ARIES MUNANDAR.
Biasaaa, habis jalan jalan keliling,melihat kemajuan negara lain(menjelaskan mimpi mimpi dunia anak(waltdisney) secara internasional,nasional dan daerah serta hubungannya dengan pendidikan anak,kemudian menjelaskan gagasan PAUD.

Boleh ada celetukan dari Ria ataupun Rosna juga penonton (Improvisasi)

JURAGAN JACKY.
Terus dari mana kita dapat gagasan ini ?

ROSNA.
Iya, tadi kan disini kita bicara soal pendidikan usia dini,juga tentang playgroup dan semacamnya. Nah pak prof kan sudah liat negara yg maju pendidikan dan pembentukan karakter dan jatidiri bangsanya,seperti Jepang misalnya .

KARYA.
Iyya.

ROSNA.
Sama tidak dengan model pendidikan di negara kita ini ?.

RIA.
Ya anak kecil juga tau kalau nggak sama. Jauuuuuh. Kayak nggak pernah nonton TV aja.

PENONTON.
Makanya nonton Celebes TV ada tuuuh.

RIA.
Tuh penonton aja tau.

ARIES.
Jauh beda lah. Terutama model manajemen,visi dan gagasannya(menjelaskan visi dan model pendekatan pendidikan di Indonesia,)

ROSNA.
Kalau gitu apanya dong yang sama.

ARIES.
Kesamaannya juga banyak. Terutama pendidikan yg mengetengahkan pendidikan kearifan lokal dan muatan lokal(menjelaskan secara rinci,terutama yg terkait dengan pendidkan anak usia dini

Tiba-tiba segerombol anak anak masuk, penonton bertepuk tangan.
Ternyata setelah nyomot kue keluar lagi tanpa ngomong apa-apa.
Semua pada bengong, penonton tepuk tangan.anak anak pengemis dan glandangan itu ngacir setelah nyomot kue

Fade out.

COMMERCIAL BREAK. 5

SEGMENT 5 00:07:00
Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ria, Aries,Han seng .

Fade in.
Tepuk tangan penonton terdengar riuh.
Perdebatan antara Juragan Jacky dan Aries yang optimis melawan Ria dan Rosna yang keritis,ditimpali oleh Hangseng terus berlanjut.

RIA.
Saya mau tanya.

ARIES.
Tanya apa ?

RIA.
Saya liat di TV.

PENONTON.
Di Celebes TV yah ?

RIA.
Iyya dong masa iyya deh.

Semua tertawa.

RIA.
Gini, saya liat di TV. Banyak lomba olympiade, justeru sebagian besar pemenangnya terdiri dari pelajar dari Indonesia,.

ARIES.
Iyya,tapi yg cerdas yg menang itu minoritas dari sekian banyak anak Indonesia.kalau negara lain yg maju yg cerdas mayoritas. justru disitulah beda konsep gagasannya dan model pengelolaan pendidikan di Indonesia dgn negara lain( menjelaskan konsep yg berlaku di Indonesia dan negara lain sebagai pembanding)

JURAGAN JACKY.
Iyya tuh, kalau saya,pendidikan anka usia dini sangat penting,bermain sambil belajar membentuk karakter dan jatidiri bangsa,sangat luar biasa,wouuuww keren meck.

RIA.
Kenapa padeng masih banyak anak anak yang belum terjangkau PAUD ?apa sih tantangannya

Juragan Jacky dan Aries saling berpandangan.

Disini Ria dan Rosna mengutarakan beberapa masalah seperti tidak terjangkaunya tarif masuk oleh anak anak miskin,sedang mereka juga generasi bangsa.hanseng dan penonton lainnya bertanya menimpali.

Beberapa tamu tamu yang berpakaian rapi muncul(dosen UNM dan ICMI, penonton bertepuk tangan.

Fade out.

COMMERCIAL BREAK. 5

SEGMENT 6. 00:08:00 Menit.
Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ria.Aries, Hanseng dan rombongan.

Fade in.

Penonton bertepuk tangan. Para pengunjung dari ICMI menjelaskan tentang prospek,peluang dan tantangan pendidikan bangsa dimasa depan . Pertanyaan dan tanggapan dari Ria dan Rosna serta penonton terus berlanjut dan dijawab oleh Aries dan pengurus ICMI hingga akhirnya semuanya bisa faham. (Improvisasi)

Catatan.
Segment ini harus tetap dijaga agar berlansung dengan santai jangan sampai terkesan jadi serius. Pertanyaan dan celetukan lucu tetap ada untuk mencairkan suasana.
Harap temponya dijaga jangan sampai jadi lamban.

Fade out.

COMMERCIAL BREAK. 6

SEGMENT 7. 00:03:30

Fade in.
Lagu penutup oleh ICMI, para penonton ikut bergoyang.

Rolling Title.

Sekian.

Explore posts in the same categories: TULISAN POPULAIR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: