serial 7 juragan jacky

SERIAL 7 JURAGAN JACKY.

Judul Utama : JURAGAN JACKY.
Sub Judul : “pemanasan global perobahan iklim ”
Scenario/sutradara : SYAHRIAR TATO

SEGMENT 1(00.02.30)
01. OPENING GRAFIS CAFE JURAGAN JACKY.
02. TITLE

Fade out.

COMMERCIAL BREAK 1

SEGMENT 2 (00:08:00)
Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn.

Fade in.

Penonton bertepuk tangan.
Pemain musik memainkan sebuah lagu yang berhubungan dengan lingkungan, (Sebaiknya diaransir atau liriknya dirubah agar bisa mengundang tawa). Penonton bertepuk tangan.
Rosna sedang merapikan café. Muncul Juragan Jacky bercerita tentang pemanasan global dan perobahan iklim.kemudian menyanyikan lagu kemarau,Selesai menyanyi Juragan bertanya pada Penonton.

JURAGAN.
Penontooooon.

PENONTON.
Iyyeeeee.

JURAGAN.
Penontoooon.

PENONTON.
Iyyeeeeeeeeeeeeeeee.

JURAGAN.
Bagaimana suara saya tadi., mantap kan ?

PENONTON
Mantap mentong…

JURAGAN JACKY
Mantap mentong,itu Djafar Sodding….
Kalau Juragan Jacky,…mantap mek…hahahayyy

PENONTON
Muantap mek hahahhayyy

ROSNA.
Mantap, cocok sekali jadi kernet pete’ pete’

JURAGAN JACKY.
Apa kau bilang.

ROSNA.
Saya bilang suara juragan bagus, cocok sekali jadi kenek pete’ pete’

JURAGAN JACKY.
He ! menghinamu di, apa hubungannya suara bagus sama kenek, kalau rekaman tuh baru ada hubungan. Atau jadi penyiar di Celebes TV ahhh itu baru nyambung ya nggak penonton.

PENONTON.
Ndaaaaaaak hahahahhaa

ROSNA.
Kenek juga ada hubungannya, kan kalau teriak panakukaaang, pabbambaeeeeng kan kedengaran nyaring, jadi banyak penumpang datang. Yang tidak nyambung tuh kalau saya bilang suara juragan bagus cocok jadi kiper. Betul nggak penonton.

PENONTON.
Betuuuuul. ituuuuuu.

Ledek-ledekan ini boleh berlanjut (improvisasi) tapi harus dijaga jangan sampai jadi membosankan hingga terkesan lamban. Hingga akhirnya Juragan Jacky mengalihkan perhatian.

JURAGAN JACKY
Penonton !

PENONTON.
Iyyeeee Juragan.

JURAGAN JACKY.
Penontoooooon !!!

PENONTON.
Iyeeeeeeeeeeeeee juragan Jacky…!.

JURAGAN JACKY.
Bagaimana café saya keren kan ? Café Om Jacky.

ROSNA.
Kok café Om Jacky sih juragan bos.?

JURAGAN JACKY.
memang kenapa ?

ROSNA.
Kayak nama orang.

JURAGAN JACKY.
memang nama orang, masa nama binatang.

ROSNA.
Anjing tetangga saya namanya Jacky.

Penonton tertawa ikut meledek.

ROSNA.
Om Jacky itu siapa juragan bos.

JURAGAN JACKY.
Ya saya toh cantik hahhayy.

ROSNA.
Kan nama bos, Daeng Jalling???.

JURAGAN JACKY.
Hus !!!! Jangan ko buka rahasia, permak sedikit kenapa sih

ROSNA.
Oooh ceritanya biar keren, nama Daeng Jalling diganti jadi Jacky. Tapi ingat boss, kalau ganti nama harus pake bubur putih bubur merah.

JURAGAN JACKY.
Ah cerewet lu ah. Mana Koran.

Rosna mengambil Koran sambil bertanya.

ROSNA.
Emang bisa baca ?

JURAGAN JACKY.
Sambarang na ini anak. Gini-gini gue tuh mantan pelaut, sudah keliling dunia,sudah injak injak banyak kota dunia,masa baca aja nggak bisa ?.

ROSNA.
Siapa tau, saya kan cuman nanya.

JURAGAN JACKY.
Iya,tapi nanya jangan sampai bikin sewot.Bikinin kopi susu.

ROSNA.
Pake es bos ?

JURAGAN JACKY.
Ndak lha ya,mau ko bikin cepat cammo ka???hahhayy

Penonton riuh meledek juragan Jacky.sementara Rosna membuat kopi sambil komentar.

ROSNA.
Kalau nggak pake “S’ berarti kopi uu dong juragan heheheheee.

JURAGAN JACKY.
Uu mu…sudah ah buruan, tidak usah banyak komentar.

Juragan Jacky membaca Koran ( dengan cara over)

JURAGAN JACKY.
Waaah ini baru berita ! pemanasan global menyebabkan perobahan iklim yang tak menentu.Kekeringan melanda diseluruh Negara dikawasan tropis, Dahsyat ! bencana alam dimana mana !!!

Rosna membawakan kopi.

ROSNA.
Segitu stressnya juragan bos, emangnya kenapa ?

JURAGAN JACKY.
La iyya dong,panen gagal gara gara padi puso,banyak daerah kekurangan bahan pangan.

Bisa juga okkot jadi iyya “don” sehingga jadi ledekan penonton dan Rosna. (Improvisasi).

JURAGAN JACKY.
Coba bayangkan kalau kota kota menjadi gersang dan kering akibat pemanasan global dan perubahan iklim yang tak menentu,kota menjadi panas,masyarakatnya pasti koro koroang dan pabbambangan natolo.tawuran dan demo menjadi santapan keseharian,belom lagi kemacetan menyebabkan emisi karbon dari kendaraan menyebabkan udara kota tercemar. Woooooow lakeki mae andile.

PENONTON.
Juragan kan sudah tua, mending bayangin aja kota Akherat !!!

Penonton tertawa meledek juragan Jacky.

ROSNA.
Kalau kota akherat tuh berarti jadi neraka semua dong hahahahahaayyy.

Penonton tertawa semakin riuh.

ROSNA.
Kalau menurut saya juragan bos, lebih bagus lagi kalau kota itu bukan Cuma jadi kota dunia, tapi jadi kota Dunia akherat.

JURAGAN JACKY.
Maksud lho cantik ?

ROSNA.
Yaaah disamping pembangunannya fisiknya bagus,juga keseimbangan lingkungan juga harus terjaga dengan hutan kota dan ruang terbuka hijau, pembangunan mental masyarakatnya juga diperhatikan juragan.

Penonton tepuk tangan tanda setuju.

JURAGAN JACKY.
Hebat juga otak lhu cantik,tapi gimana caranya?.

ROSNA.
Gini-gini kan saya Sarjana juragan bos. S1 planologi.

PENONTON.
Kalau juragan S berapa ?

JURAGAN JACKY.
Dia saja sudah S 1, jadi saya S poteng dong hahhayyy.

PENONTON.
Hebat doong.

ROSNA.
SD, SMP, SMA. Ya langsung S poteng hahahahahaaa

Penonton tertawa meledek.

JURAGAN JACKY.
Oke oke never mine,… boleh bilang begitu tapi kan saya punya anak buah Sarjana kan.

Ririn datang, penonton tepuk tangan.(lagu cindai)

Faede Out.

SEGMENT 3. 00 :08.00 menit
Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn, Supomo guntur.

Fade in.

Penonton Tepuk tangan.
Ririn yang baru datang langsung nyomot kue.

RIRIN.
Ngomongin apaan sih, keliatannya seru banget.(ngomong betawi tapi dialek makassar)

JURAGAN JACKY.
Ini, pappi baca dikoran berita tentang berita ‘kota dan perubahan iklim ‘.pemerintah propinsi sulawesi selatan telah mengantisipasinya dengan program go green.

RIRIN.
Wallah, ? Mimpi kali yeeeee…pannassai…

JURAGAN JACKY.
He jangan ngomong begitu, Tahu tidak ??…

Ririn langsung memotong.

RIRIN.
Nggak.

Penonton tertawa.

JURAGAN JACKY.
Yeeee Pappi belum ngomong sudah main nggak aja. Maksud saya, tau nggak kalau orang Amerika itu kebulan karena ikut-ikut orang makassar.

Ririn pura-pura memegang jidat bapaknya kayak memeriksa orang sakit.

RIRIN.
Ngigau pappi yah ? atau…lagi sakit…ingatan ?.

Penonton tertawa,ikut meledek juragan Jacky

JURAGAN JACKY.
Yaaa ini bukti nyata.

RIRIN.
Walllah, bohong banget.(logat jakartanya semakin okkot)

JURAGAN JACKY.
Musik !!!

Musik mengalun, Juragan menyanyikan lagu Battu ratema’ ri bulan. Dengan gayanya yang over. Penonton bertepuk tangan.

JURAGAN JACKY.
Apa ko, battu ratemi ribulang, maddencong rencong poeng.

Penonton tertawa semakin gaduh.

RIRIN.
Itu kan cuman lagu, cuman hayalan.

JURAGAN JACKY.
Iyya, tapi paling tidak kan kita berpikir jauh lebih dulu dibanding orang Amerika. Masalah jadi terwujud jadi kenyataan, itu masalah lain lagi. Sama dengan sekarang, yang penting ada niat dulu jadi kota berwawasan lingkungan insya Allah bakal terwujud.

RIRIN.
Yang pasti, yang terwujud sekarang, Pembangunan perkotaan tidak disertai dengan pembangunan lingkungan penyanggahnya,seperti hutan kota,jalur hijau dan taman kota

PENONTON.
Iyya tuh,banyakmi juga yang membangun perumahan dengan menguruk kantong kantong air tempat resapan air hujan.

Penonton tertawa.

JURAGAN JACKY.
Saya bingung, kenapa sih semuanya cuman pada pintar ngeritik, kayak pemerintah tuh nggak ada bagus-bagusnya.

RIRIN.
Nah ini dia nih. Pappi, bukannya kita nih nggak mengakui keberhasilan pemerintah, ngakuin. Cuman kan kita juga harus mengungkap kegagalannya. Soalnya kalau semua memuji keberhasilan pemerintah, nanti mereka malah terlena, mereka merasa puas padahal masih banyak yang perlu diperhatikan.

JURAGAN JACKY.
Iyya tapi kesannya tuh pemerintah nggak ada bagus-bagusnya. Semua salah, semua gagal.sanging pacalla calla…

RIRIN.
Soalnya emang masih banyak salah, masih banyak yang perlu dibenahi apalagi kalau mau jadi Kota berwawasan lingkungan
Pappi jadi kota hijau tuh ndak gampang, banyak persyaratannya.

JURAGAN JACKY.
Mau susah, mau banyak persyaratannya, asal kita punya niat, ada usaha, pasti bisa. Makassar bisa tonji,kota kota kita disini bisa tonji….bagaimana penonton ?
(penonton riuh membenarkan,ada juga yg cuman mencibir).

Apa lagi sekarang pemerintah kota sudah mencanangkan itu, tinggal kita sebagai warga masyarakat ikut mendukungnya.Ya nggak penonton …. ???

PENONTON.
Iyyo tawwa,benar tawwa juragan bos

ROSNA.
Iyyoi mi natippa hahahahaha

Penonton tertawa riuh rendah.

Seorang tamu dengan pakaian batik dengan topi laken menutupi sebagian wajahnya sehingga tidak jelas siapa, penonton tepuk tangan.bersamanya ikut haseng si taipang keddi.

Fade Out.

COMMERCIAL BREAK 3

Segment 4 00 :08 :00 Menit.
Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn, guntur.Han Seng

Fade in.

Penonton bertepuk tangan.
Guntur langsung duduk dengan wajah serius. diseram seramkan (mirip iklan indo mie jaman dulu).hanseng menaikkan korek api yg nyala tanda mau memesan makanan(kayak tong di tempat discotik)

GUNTUR .
Saya minta makanan yang paling enak !

Ia menggeprak meja. Ririn dan Rosna tampak ketakutan. Juragan Jacky tampak geram.

PENONTON.
Mallakiiii juragan jacky…..

JURAGAN JACKY.
Tidak ji bos, cuman kan ada istilah tamu ada lah raja. Jadiii biarkanmi, sabar ko hati berdebar ko jantung.

Penonton tertawa.
Rosna membawakan sop dengan tangan gemetar. Guntur mencobanya.

GUNTUR .
Nggak enaaaaaaak ! apa ini…… ????

Rosna dan Ririn makin ketakutan. Juragan Jacky memperhatikan tamunya itu namun Guntur terus berusaha menutupi wajahnya. Juragan Jacky penasaran, ia menghampiri tamunya. Begitu Juragan Jacky dekat, supomo lansung berdiri dan mengagetkannya, Juragan Jacky terpental. Guntur membuka topinya sambil tertawa ngakak, Ririn dan Rosna legah, Juragan Jacky bangun sambil mendumel.

JURAGAN JACKY.
Suntili ! kirain siapa ? ternyata Karaeng , saya pikir kenapa ada ganster nyasar ke cafe saya.

Mereka berpelukan. Juragan jacky mengenalkan pada Ririn dan Rosna.

JURAGAN JACKY.
Ini teman saya namanya Pak Guntur yang ikut bertanggung jawab pada pembangunan perkotaan di Makssar,juga tentang pengendalian pembangunan kota.beliau akan mecalonkan diri menjadi Walikota Makassar

Boleh ada celetukan dari Ririn ataupun Rosna juga penonton (Improvisasi)

JURAGAN JACKY
Dari mana ki baru kelihatan karaeng.

GUNTUR .
Biasaaa, habis jalan jalan keliling kota ,melihat kota dan kondisi kehidupan kita untuk dibuatkan perencanaan pembangunannya .

Boleh ada celetukan dari Ririn ataupun Rosna juga penonton (Improvisasi)

JURAGAN JACKY.
Terus dari mana pakaian parlente ini.

GUNTUR.
Sengaja, mau nyaingin juragan jacky.

ROSNA.
O yah, tadi katanya baru keliling kota.

GUNTUR.
Iyya, kenapa ?

ROSNA.
Nggak, tadi kan disini kita bicara soal kota kota yang mulai gersang dan kering gara gara pemanasan global dan perobahan iklim. Nah karaeng kan sudah pernah liat kota-kota dunia.

GUNTUR .
Iyya.

ROSNA.
Sama nggak dengan Makasar .

RIRIN.
Ya anak kecil juga tau kalau nggak sama. Jauuuuuh. Kayak nggak pernah nonton TV aja.

PENONTON.
Makanya nonton Celebes TV ada tuuuh.

RIRIN.
Tuh penonton aja tau.

GUNTUR
Jauhbedalah,Kebersihannya, bangunannya, sarana dan prasarananya.(membandingkan kota kota dunia yang dikunjunginya dengan makassar )

ROSNA.
Kalau gitu apanya dong yang sama.

GUNTUR
Kesamaannya juga banyak. Terutama Masterplan kota nya.cuman kita tidak konsisten tentang pembangunannya yang terkadang menabrak tataruangnya(menjelaskan tentang banyak kota yang tidak perduli tentang hutan kota dan ruang terbuka hijaunya,padahal pepohonan mengatur siklus air dan tataguna air,juga iklim}

Tiba-tiba seorang remaja berpakaian funbike masuk, penonton bertepuk tangan.
Ternyata anak muda itu masuk lalu keluar lagi tanpa ngomong apa-apa.
Semua pada bengong, penonton tepuk tangan.

Fade out.

COMMERCIAL BREAK. 5

SEGMENT 5 00:07:00
Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn, guntur,Han seng dan tamu.

Fade in.
Tepuk tangan penonton terdengar riuh.
Perdebatan antara Juragan Jacky dan Supomo guntur yang optimis melawan Ririn dan Rosna yang keritis,ditimpali oleh Hangseng terus berlanjut.

RIRIN.
Saya mau tanya.

GUNTUR.
Tanya apa ?

RIRIN.
Saya liat di TV.

PENONTON.
Di Celebes TV yah ?

RIRIN.
Iyya dong masa iyya deh.

Semua tertawa.

RIRIN.
Gini, saya liat di TV. Banyak kota besar dunia, bangunan-bangunannya justeru bangunan lama.terutama di eropa,turki dan banyak lagi kota dunia lainnya.justru menjaga keberadaan hutan kota dan taman kota ditengah kota kunonya

GUNTUR.
Iyya, banyak kota besar dunia daya tariknya karena bangunan-bangunan kunonya.(menjelaskan kota kota kuno yg diliatnya tapi terpelihara dengan baik,juga hutan kota dan taman kota yang asri memberi kesejukan dan rasa nyaman bagi warganya}

JURAGAN JACKY.
Iyya tuh, kayak di Roma, Belanda.

RIRIN.
Kenapa padeng di sini bangunan-bangun lama justeru dirobohin terus dibikin Mall atau bangunan lain.

Juragan Jacky dan Guntur saling berpandangan.

JUARAGAN JACKY, GUNTUR.
Iyya yah.

Disini Ririn dan Rosna mengutarakan beberapa kebijakan pemerintah yang bertentangan dengan tujuan membangun kota yang berwawasan lingkungan. (guntur dan Juragan Jacky lebih tau kebijakan tersebut membuat juragan Jacky dan Guntur kelabakan menjawabnya, hingga akhirnya Guntur menelpon temannya yang lebih tau tentang program kota berwawasan lingkungan ).

beberapa tamu yang berpakaian rapi muncul, penonton bertepuk tangan.

Fade out.

COMMERCIAL BREAK. 5

SEGMENT 6. 00:08:00 Menit.
Pemain: Juragan Jacky, Rosna, Ririn, Guntur, Hanseng dan tamu).

Fade in.

Penonton bertepuk tangan. tamu menjelaskan tentang kota berwawasan lingkungan untuk memproteksi kota dari perubahan iklim. Ia menjelaskan panjang lebar tentang program pemerintah tetntang pembangunan perkotaan yang berwawasan lingkungan. Pertanyaan dan tanggapan dari Ririn dan Rosna serta penonton terus berlanjut dan dijawab oleh Guntur dan tamu hingga akhirnya semuanya bisa faham. (Improvisasi)

Catatan.
Segment ini harus tetap dijaga agar berlansung dengan santai jangan sampai terkesan jadi serius. Pertanyaan dan celetukan lucu tetap ada untuk mencairkan suasana.
Harap temponya dijaga jangan sampai jadi lamban.

Fade out.

COMMERCIAL BREAK. 6

SEGMENT 7. 00:03:30

Fade in.
Lagu penutup oleh Guntur, para penonton ikut bergoyang.

Rolling Title.

Sekian

Explore posts in the same categories: TULISAN POPULAIR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: