serial 9 juragan jacky

SERIAL 9 JURAGAN JACKY
SUTRADARA/SKENARIO : SYAHRIAR TATO

.JURAGAN JACKY vs USTADZ GANTENG.

BINTANG TAMU : USTADZ DAS’AT LATIF.

Juragan Jacky benar-benar pusing tujuh keliling karena kebutuhan sehari-hari harganya makin naik, belum lagi uang kuliah serta kebutuhan Ririn lainnya makin banyak, sementara Cafe nya akhir-akhir ini sepi pembeli, kalau toh ada, kebanyakan pada ngutang.
Kesulitan ekonomi ini ternyata bukan hanya dirasakan Juragan Jacky tapi juga keluarga yang lainnya, makin susah ceri uang sementara barang-barang kebutuhan pokok harganya membumbung tinggi. Menurut Ririn itu hal yang wajar bagi Negara berkembang. Namun yang membuat mereka pada heran karena berita di Televisi mengatakan kalau keadaan ekonomi makin baik sementara yang mereka rasakan adalah sebaliknya. Belum lagi anak anak pengemis yang bergantian masuk kafe menadahkan tangan.
Seorang tetangganya menemui Juragan Jacky sambil menangis. Ia minta tolong dipinjamin uang, karena anaknya ngambek tidak mau sekolah karena sekolahnya akan mengadakan study tour sementara ia tidak punya uang untuk membayar biaya study tour tersebut. Juragan Jacky heran karena ternyata setelah dinyatakan wajib belajar 9 tahun dan bebas biaya sekolah, ternyata ada saja alasan sekolah untuk membebani orang tua dengan bayaran yang tidak resmi dengan biaya lebih banyak ketika anak-anak dibebani uang SPP. Karena kasihan dan tidak punya uang, maka Dengan bijak, Juragan Jacky menyuruh ibu tersebut menunggu semoga ada pelanggan datang dan ia bisa meminjami uang. Setelah beberapa saat, akhirnya datang juga dua orang berdasi mampir diCafe nya. Juragan Jacky segera menyuruh Rosna melayani tamu terhormatnya tersebut. Namun Juragan Jacky heran, karena kedua orang tersebut hanya minta segelas kopi dan satu gelas kosong. Kemudian kopi tersebut dibagi dua. Kedua orang tersebut ternyata dua orang sarjana yang sedang mencari kerja dan belum ada lowongan. Mendengar penjelasan ke dua orang tersebut, ibu tadi menjadi lemas.
Seorang pelanggan café masuk,ternyata seorang uztad ganteng. Ia pun meberikan uang kepada ibu tadi sebagai sedekah, sambil menjelaskan pentingnya sedekah sebagai pencucian rejeki bagi ummat.SEKIAN.

JURAGAN JACKY VS USTADZ GANTENG
“SuSsana SamBalu,tapi tetap assadakka ki”.

Bintang Tamu : USTADZ DAS’AT LATIF.

Segment 01.
OPENING GRAFIS Cafe Juragan Jacky .
TITLE

Musik pengiring membuka acara dengan sebuah lagu tentang susahnya hidup (bisa diaransir jadi lagu yang bernuansa komedi).

Fade Out.
COMMERCIAL BREAK.
Segment 02.
Fade in.

Rosna muncul dengan wajah sedih, ketika ditanya oleh penonton, Rosna menjelaskan kalau kesedihannya itu karena ia belum gajian. Pada hal ia mau beli Hp yang lagi trand. Bermacam-macam komentar penoton, ada yang menasehati agar menghemat dan menabung, namun ada juga yang menyuruhnya menilep untuk membeli Hp baru.

ROSNA.
Penonton,tiga bulan mi ini belum terbayar gajiku…

PENONTON.
Kenapa bisa begitu,padahal kerennya mamo itu café juragan jacky,tempat kerjata?

ROSNA.
Café sepi pengunjung,kalau ada pengunjung paling ngutang alias bon?

PENONTON.
Pantas baba hang seng juga lamami tidak kelihatan batang hidungnya…hayya

ROSNA.
Padahal mauka ini beli HP baru yang lagi trend.

PENONTON.
Gampang ji itu,buka laci,tengok,kemudian tilep…
ROSNA.
Nggak laya..ka korupsi itu namanya…ndak kerennya de??

PENONTON.
Keren donk?itu kan uang gaji 3 bulan mu cantik?? Ayo kamu bisa hahaha

Rosna menolak karena itu adalah dosa. Ada penonton yang mengatakan kalau Dosa tidak bikin benjol. Namun Rosna mengatakan memang tidak benjol tapi Dosa masuk Neraka.
Ririn bingung biasanya kalau siang begini sudah banyak pelanggan datang minum kopi, tapi akhir-kahir ini makin jarang.Yang ramai adalah anak pengemis yang datang menadahkan tangan,kalau diusir malah mencomot kue lalu lari.

ROSNA.
Sussana sambalu kehidupan jaman sekarang,pelanggan café pada carru gankz.Kalau toh ada yang minum kopi, itu juga minta setengah dan ngutang, dan kalau ditagih janjinya tar sok tar sok melulu.

PENONTON.
Susahki uang sekarang gankz,yang haram saja susah,apalagi yang halal.

– Akhirnya dua orang pembeli masuk, Rosna pun menyambutnya dengan senang hati. Rosna tampak senang karena pembeli tersebut menanyakan kue-kue jualan Rosna yang ternyata kedua orang tersebut cuman sekedar nanya, tidak membeli. Rosna sedih lagi. Beberapa saat kemudian ia tampak bersemangat karena seorang langganannya muncul. Ia menyambutnya dengan senang hati, yang tenyata Haseng, Rosna lemas lagi.

HANSENG.
Losna,kopi susu dulu hayya.

ROSNA.
Uuuuu, nia miseng pacilakacilakayya, tau ji kau pesan angko,kopi satu gelas diminum sampai café tutup dan sishza toh?

HAN SENG.
( mengomel dalam logat cina) sudahlah,sudah…ladeni angko kalena tamu adalah laja bukan????

Fade Out
COMMERCIAL BREAK

Segment 03
Fade in.

Juragan Jacky muncul sambil bernyanyi lagu termiskin didunia.setelah menyanyi ia minta komentar penonton.

JURAGAN JACKY
Penonton !

PENONTON.
Iyyeeee Juragan.

JURAGAN JACKY.
Penontoooooon !!!

PENONTON.
Iyeeeeeeeeeeeeee juragan Jacky…!.

JURAGAN JACKY.
Bagaimana café saya keren kan ? Café Om Jacky.

ROSNA.
Kok café Om Jacky sih juragan bos.kenapa bukan cafe CARRU?

JURAGAN JACKY.
Carru,itu gara gara pelanggan banyak yang ngutang melulu.

ROSNA.
Iya,sampai gajiku 3 bulan nda terbayar,tapi ngomong ngomong juragan Jacky itu siapa juragan bos.

JURAGAN JACKY.
Ya saya toh cantik hahhayy.

ROSNA.
Kan nama bos, Daeng Jalling???.

JURAGAN JACKY.
Hus !!!! Jangan ko buka rahasia, permak sedikit kenapa sih

ROSNA.
Oooh ceritanya biar keren, nama Daeng Jalling diganti jadi Jacky.

JURAGAN JACKY.
Ah cerewet lu ah. Coba ambilkan kartu ku

ROSNA.
Emang mau nujuman apa ngeramal ?

JURAGAN JACKY.
Meramal,mau tau kenapa cafe kita apes begini. Gini-gini gue tuh mantan pelaut, sudah keliling dunia,sudah pernah ke Turki negeri seribu satu malam.jadi kalau soal ramal meramal,aku jagonya,tapi kenapa kamu tanya tanya?.

ROSNA.
saya kan cuman nanya juragan bos.

JURAGAN JACKY.
Iya,tapi nanya jangan sampai bikin sewot.Bikinin kopi susu.

ROSNA.
Pake es bos ?

JURAGAN JACKY.
Ndak lha ya,mau ko bikin cepat cammo ka???hahhayy

Penonton riuh meledek juragan Jacky.sementara Rosna membuat kopi sambil komentar.

ROSNA.
Kalau nggak pake “S’ berarti kopi uu dong juragan heheheheee.

JURAGAN JACKY.
UU mu….

-Penonton tertawa riuh rendah,

Juragan jacky Nampak meramal nasibnya pake kartu jocker,tapi tetap saja kartu bilang café dilanda apes.
– juragan jacky kemudian menanyakan keadaan pembeli, Rosna menjelaskan kalau belum ada pelanggan lain yang datang kecuali langganan tetap dan pesanannya yang sama, secangkir kopi.
– Juragan Jacky mengeluh dengan keadaan bisinis Cafe nya yang makin sepi pembeli. Ririn yang hendak berangkat kuliah muncul, minta uang jajan pada Juragan Jacky.

RIRIN.
Papi mauka pergi kuliah,minta dulu uang jajanan..

JURAGAN JACKY.
Tuh ambil sendiri di laci.

Ririn membuka laci tapi cuma uang lima ribu isinya. Ririn ngambek. Karena uang lima ribu itu tidak cukup untuk jajan, makan jalan kote atau nyoknyan dikantin kampus saja tidak cukup. Juragan Jacky meminta supaya Ririn memahami keadaan ekonomi keluarganya yang makin memperhatinkan. Barang keperluan sehari-hari pada naik sementara pemasukan café senin kemis. Namun Ririn juga minta supaya kedua orang tuanya memahami kebutuhan dan biaya kuliahnya yang makin hari makin tinggi. Haseng menyalahkan Juragan Jacky yang kurang kreatif. Juragan Jacky pun mengelak dengan mengatakan kalau dirinya sudah kreatif dengan membuka Cafe , kalau dia punya modal banyak maka dia bangun mall, biar Makasar ini penuh dengan mall. Sementara kalau dia mau cari kerja sampingan mau cari dimana, yang sarjana saja masih banyak yang nganggur. Ia balik menganggap Haseng sok tau karena haseng sendiri kerjanya Cuma nongkrong dicafenya.

Fade Out.
COMMERCIAL BREAK
Segment 04.
Fade in.

Seorang ibu menemui Juragan Jacky sambil menangis. Ia minta tolong dipinjamin uang, karena anaknya ngambek tidak mau sekolah karena sekolahnya akan mengadakan study tour sementara ia tidak punya uang untuk membayar biaya study tour tersebut. Juragan Jacky heran karena ternyata setekah dinyatakan wajib belajar 9 tahun dan bebas biaya sekolah, ternyata ada saja alasan sekolah untuk membebani orang tua dengan bayaran yang tidak resmi dengan biaya lebih banyak ketika anak-anak dibebani uang SPP. Karenakasihan dan tidak punya uang, maka Dengan bijak, Juragan Jacky menyuruh ibu tersebut menunggu semoga ada pelanggan datang dan ia bisa meminjami uang.

Fade Out
COMMERCIAL BREAK
Segment 05.
Fade in.

Setelah beberapa saat, akhirnya datang juga dua orang berdasi mampir diCafe nya. Juragan Jacky segera menyuruh Rosna melayani tamu terhormatnya tersebut. Namun Juragan Jacky heran, karena kedua orang tersebut hanya minta segelas kopi dan satu gelas kosong. Kemudian kopi tersebut dibagi dua. Kedua orang tersebut ternyata dua orang sarjana yang sedang mencari kerja dan belum ada lowongan. Mendengar penjelasan ke dua orang tersebut, ibu tadi menjadi lemas.

JURAGAN JACKY.
heran kenapa berita di TV mengatakan kalau rakyat makin makmur, kemiskinan berkurang, tapi kok kayaknya sebaliknya.

PENONTON.
Itu pasti bukan Celebes TV yg bilang,kalau mau berita yang benar dan actual nonton ki Celebes TV.

– Haseng berpendapat, lain, menurutnya yang miskin memang berkurang, karena banyak yang mati kelaparan.

Fade Out
COMMERCIAL BREAK
Segment 06
Fade in.

Seorang Ustadz muda dan ganteng masuk, ia menjelaskan tentang perkembangan ekonomi saat ini. Ia juga mengingatkan agar masyarakat hidup sederhana,berhemat, jangan jadi masyarakat yang konsumeristik. Beli lah sesuai kebutuhan, jangan beli sesuai keinginan, karena keinginan itu tidak ada habisnya.meskipun saat ini lagi susahnya uang,yang haram saja susah apalagi yang halal.meskipun pendapatan keluarga lagi menipis tapi jangan lupa bersedekah,karena sedekah seperti pencucian rejeki bagi ummat.orang yang meringankan tangannya untuk bersedekah dan menolong sesamanya akan diringankan rejekinya oleh Allah(ustadz Da’sat latif memberi fatwa,rosna,ririn,juragan jacky,hanseng dan penonton menimpali dengan pertanyaan)

Fade out.
COMMERCIAL BREAK
Fade in.
Segment 07

Masuk lagu penutup oleh pemain music pengiring, para pemain dan penonton ikut berjoget

SEKIAN.

Explore posts in the same categories: TULISAN POPULAIR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: